selama 15 tahun mengajarkan ilmu KeTuhanan sudah banyak murid yang keluar masuk perguruan. Ini menjadi pertanyaan besar bagi saya, mengapa mereka pada keluar? Pada saat itu saya pun kurang pedul mau keluar ya silahkan mau terus belajar ya silahkan. Namun akhir akhir ini pertanyaan kenapa mereka keluar? baru tadi sore mendapatkan jawaban dari Allah SWT. Karena mereka hanya belajar tentang KeTuhahan saja, kalau ke Tuhanan maka akan banyak perguruan perguruan yang memiliki perbedaan yang mungkin pandangan mereka lebih woow. Saya pun segera sadar tentang hal ini, iya ya jelas orang akan tertarik dengan alam ghoib, orang lebih tertarik dengan ilmu keTuhanan yang menawarkan kesakitan, kekayaan dan sensasi sensasi lainnya. Dan ternyata benar juga, agak aneh memang, disaat akan turunnya ilham tentang “amanah” banyak kawan  kawan yang saya anggap senior malah pada mengundurkan diri dengan berbagai alasan dan keadaan. Ada yang dapat guru baru, ada yang ingin di ketuhanan saja minus amanah, ada yang hanya ingin fokus di patrap dan lainnya. Tapi disisi lain ketika ilham Amanah ini turun banyak sekali kawan kawan baru yang fresh dan siap berkeTuhanan dengan tetap menjalankan amanah Allah. Jawaban Allah terhadap pertanyaan saya adalah, nantinya keluarnya murid akan sangat minim jika mereka diikat dengan amanah. Turunnya ilham tentang amanah ini akan membuat lebih solid jamaah. Karena orang orang yang belajar adalah orang yang masih hidup dimana mereka hidup di alam nyata, berbeda dengan mereka yang hanya suka di dunia spiritual mereka hidup di alam yang tidak  nyata, makanya mereka lebih suka dengan sensasi dan alam ghoib.

Konsep amanah ini akan saya gunakan untuk mengikat kawan kawan yang sedang belajar. Kalau sudah diikat dengan amanah pasti tidak dapat keluar dari perguruan sebab mereka masih hidup dan terikat secara otomatis dengan kehidupan. Maka berbahagialah kita yang mendapatkan pelajaran tentang amanah ini. Maksud mengikat ini bukan saya memastikan murid tidak akan keluar atau saya membuat ikatan, tidak, ketika mempelajari tentang amanah dan memprakteken maka sebenarnya murid itu mengikatkan dirinya kepada ikatan Allah. Selama dia mau menjalankan amanah Allah maka dia tidak akan dapat keluar, dan tidak akan keluar mencari perguruan lain. Sebab mau kemana lagi kalau di perguruan yang saya bina ini kita hanya berguru kepada Allah tidak kepada yang lain , kecuali lagi kalau mau cari selain Allah.

Amanah ini menjadi kunci utama dalam peruguruan ini dan jika murid mengikatkan diri dengan amanah ini maka keberuntungan dunia dan akhirat akan diperolehnya tapi kalau hanya sebatas spiritualitas saja belum tentu mendapatkan keberuntungan karena tugas sebagai khalifah tidak di indahkanya.

baik bagi murid murid selamat menjalankan amanah di bidangnya masing masing, Ikatkan diri kita kepada amanah yang kita emban. Tidak perlu cari perguruan lain disini sudah cukup. Anda boleh keluar dari perguruan ini jika anda merasa tidak perlu lagi melakukan amanah, dan saya peringatkan ketika anda sudah tidak amanah maka anda akan di cap oleh Allah sebagai pengkhianat, dan anda tahu konsekwensi orang yang tidak amanah jelas pasti neraka.

demikian sebuah perenungan saya kepada saya dan sahabat semua untuk tetap menjalankan amanah Allah . semoga kita di jadikan hamba yang amanah, amiin .