sedikit tentang penerapan NLP dalam sholat khusyu

sholat dapat melatih kebiasaan melalui bahasa syaraf. link antara jiwa dan tubuh adalah di syaraf,  sholat terdiri dari 2 bahasa yang pertama adalah bahasa verbal dan bahasa non verbal yang keduanya merupakan bahasa simbol dari jiwa kita yang terpancar dari syaraf. gerakan adalah bahasa yang dapat melatih jiwa kita untuk sesuai atau terbiasa dengan apa yang sedang dilakukan oleh tubuh dan verbalisasi. verbalisasi dan non verbalisasi di dalam  sholat sudah terencana dan terprogram sehingga sholat dapat menjadi pemrograman yang berkekekuatan sebab ada pengulangan yang secara terus menerus (the power of repetition), kekuatan ini akan masuk dalam alam bawah sadar dan menjadi bagian dari memori yang dapat mempengaruhi perilaku kita.
maka benar sekali ayat yang menyebutkan bahwa sholat dapat mencegah perbuatan keji dan munkar. kata “mencegah”mengandung arti bahwa sholat dapat memperbaiki atau membentuk kebiasaan baik. kebiasaan baik harus memiliki sandaran atau frame , frame inilah yang akan membingkai perilaku manusia sesuai dengan dasar dasar dalam sholat.
sebenarnya tujuan khusyu adalah agar kita bisa menjadikan sholat sebagai pemrogram kebiasaan kita yang berkekuatan spiritual. maka dapat dikatakan jika seseorang sholat namun akhlaknya masih belum berubah berarti pemrogaman sholatnya belum lah berhasil.
di dalam NLP kaidah kaidah bahasa syaraf ini sangat diperhatikan. dalam NLP pelatihan pelatihan atau terapi di buat agar terjadi perubahan perilaku. cuma dalam NLP bentuk perubahan harus dirancang sesuai kebutuhan dan tidak kontinyu sedangkan dalam sholat pemrogramannya berkelanjutan dan sama, atau tidak akan berubah.
ada baiknya kita belajar NLP untuk memperbaiki kualitas sholat kita dan agar sholat kita dapat berubah menjadi lebih baik. hal hal yang perlu diperhatikan dalam hal ini adalah (sesuai dengan kaidah NLP) ;
1. presuposisi yaitu landasan filosofi yang harus diyakini oleh kita, salah satu presuposisi itu adalah bahwa kita yakin khusu itu mudah dan kita  bisa…
2. associate : yaitu adanya sinkronisasi antara kenyataan internal dengan kenyataan eksternal. dalam sholat kita ada bacaan bacaan yang harus kita nyatakan dalam kenyataan internal sehingga nantinya kenyataan internal bisa mewujud menjadi kenyataan eksternal. misalnya kenyataan internal kita dalam sujud bahwa segala sesuatu Allah yang berkehndak sehingga kita berserah … sehingga kenyataan internal ini nanti akan terwujud dalam kenyataan eksternal artinya dalam kehidupan sehari hari kita menjadi orang yang selalu berserah terhadap ketentuan Allah.
3. Anchoring : yaitu kita mengambil pengalaman tenang, pengalaman khusyu yang pernah kita rasakan, maka dalam latihan sholat ada sesi tumakninah dan ada sesi silatun dimana inti dari latihan ini adalah mencapai dunia tenang sehingga ketika kita mulai sholat bertakbir, pengalaman khusyu ini kita recall kembali dan kita dunakan dalam sholat kita. sehingga untuk memulai kekhusyuan dalam sholat kita tidak perlu memulai dari awal lagi tapi dari pengalaman  khusyu yang pernah kita alami.
4. state pattern ; dalam setiap bacaan dan gerakan ada state state tertentu yang harus dimasuki oleh segenap unsur dalam diri kita baik itu pikiran, emosi dan jiwa kita bahkan ruh kita. state pattern ini harus terjadi selama kita sholat misalnya lagi jika kita takbir maka pikiran perasaan dan seluruh anggota turut berada pada kebesaran Allah, hingga kita benar benar merasakan keagungan allah, inilah state atau Hal, atau wilayah kejiwaan.

materi inilah yang mendasari saya untuk melakukan pelatihan sholat 3 jam khusyu. karena asumsi saya dengan mengenal kuncinya dan dengan kaidah yang benar sholat khusyu dapat di raih dalam waktu yang relatif singkat, semoga Allah meridloi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “sedikit tentang penerapan NLP dalam sholat khusyu

  1. pak kapan ada pelatihan sholat khusu’ di jawa timur di sekitar sidoarjo atau surabaya atau daerah sekitar itu

  2. Trimakasih pak infonya,insyaallah saya usahakan untuk bisa gabung ikut pelatihan,siapa yang bisa di hubungi di sini (area sidoarjo/surabaya) untuk minta informasinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *