sehabis berbuat dosa…..

apa yang kita lakukan setelah melakukan dosa… eeiiit.. saran saya jangan istighfar dulucoba ambil air wudlu, ambil dengan tenang rasakan dengan penuh makna pembersihan secara fisik yang kita maknai pembersihan diri dari tiap tubuh yang kita gunakan untuk berbuat dosa. misalnya tangan maka ketika membasuh tangan, rasakan pembersihan yang telah dilakukan oleh tangan kita… rasakan sampai ke hati …jadi seperti pembersihan terbalik dari tangan ke hati, ini akan lebih mudah dan lebih mudah kita rasakan. demikian juga semua anggota wudlu kita bersihkan dari anggota wudlu hingga masuk ke dalam hati.

kalau pikiran kotor (viktor) bagaimana lebih diutamakan ketika wudlu pada saat membasuh kepala secara pelan pelan basuk dengan air secara menyuluruh disluruh kepala rasakan hingga masuk ke dalam pikiran pikiran yang kotor tadi dan afirmasikan pikiran pikiran kotor yang tadi membuat kita dosa bersih, rasakan hingga masuk kedalam hati. jadi ada 3 yaitu  dari kepala, masuk ke dalam pikiran, dan masuk ke dalam hati.

setelah ritual wudlu maka cobalah duduk rileks (jangan tergesa gesa untuk sholat) tenangkan diri… pelan pelan mohon ampum kepada Allah dengan relak, tidak perlu “ngoyo” meminta ampunan dengan penuh tumakninah. karena ampunan adalah hak Allah kita cuma bisa memohon ampun jadi relaks saja. kemudian tunduk lah dan diamlah sambil kita berposisi memohon ampun (bahasa tubuh, bukan bahasa verbal) diamlah …. sampai kita merasakan aliran ampunan itu mengalir dalam diri kita, yakini bahwa itulah jawaban Allah yang sedang mengampuni kita.

biasanya pada tahap ini hati kita menjadi lebih plong, dan terasa keimanan kita naik kembali.. nah setelah itu berterimakasihlah kepada Allah karena Allah telah mengampuni , lalu lakukan sholat 2 rekaat. kemudian barulah melakukan amaliah amaliah lainnya.

ingat daya berbuat dosa belum hilang sama sekali, sesekali dia akan mengajak kita untuk mengulanginya dan akan menghantui pikiran kita jadi perbanyaklah amal sehingga aktivitas nafsu kita teralihkan atau terabaikan. yang kedua jangan panik atau atau jangan cemas ketika daya berbuat dosa itu muncul tetaplah rileks anggap itu bukanlah kita …. dan yakini bahwa kita sudah bersih …. semakin yakin bahwa kita suci dan bersih maka semakin kuat diri kita untuk tidak berbuat dosa, tapi sebalikya jika semakin kita merasa kotor maka semakin mudah kita untuk berbuat dosa. jadi,… PD aja lagi……….

jangan percaya omongan syetan…. karena biasanya setelah berbuat dosa kita akan di kata-katai oleh syetan bahwa kita adalah orang kotor, kita adalah pendosa….hehe hehe kata pepatah “anjing menggonggo kafilah berlalu”…. syetan menggonggong, …..emang gue pikirin……..

satu lagi : jangan takut dosa tapi takutlah jika kita tidak memohon ampun kepada Allah

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 thoughts on “sehabis berbuat dosa…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *