sekelumit tentang spiritual salah kaprah karya abu sangkan

buku spiritual salah kaprah yang sudah di luncurkan oleh ustad abu sangkan minggu kemarin memang banyak membuat orang sedikit kaget sekaligus lega .. kagetnya ketika melihat judul yang begitu pedas bahkan cenderung tidak mengenakkan ….spiritualis kok seperti itu .. sukanya menyalahkan orang… itu kira kira pendapat beberapa orang mengani judul beuku tersebut….namun jika kita mencermati lebih dalam dari bab ke bab makakita akan menjumpai hal hal yang masuk akal dan bisa menerima apa yang telah ditulis ustad abu sangkan mengenai buku tersebut. memang pada bab pertama kita menjumpai kritik pedas dari beberapa kalangan yang sangat menyederhanakan spiritual yang hanya dengan stimulasi otak bisa meningkatkan keimanan… kritik ini tentunya harus kita sikapi sebagai bentuk pelurusan ajaran spiritual dalam kita beragama bahwa keimanan tidak sesederhana stimulasi otak saja … namun lebih dari itu yaitu pencapaian makrifat yang lurus kepada allah yang tidak dipengaruhi oleh stimulasi apapun.. bahkan beliau terang terangan.. jika kita menyandarkan pada stimulasi maka kita syirik..

pada bab berikutnya setelah mengkritik pedas ustad abu membeberkan bagaimana spiritual yang lurus kepada allah itu dan bagaimana cara mencapainya… bab bab ini menguraikan secara detil mengenai kesadaran diri kesadaran kosmos dan cara kita untuk mencapai kesadaran kesadaran tersebut… dan yang paling penting dari buku ini adalah metode yang disampaikan ustad abui dalam bukunya adalah bagaimana dengan kita dapat bersilatun kepada allah … yaitu menyambungkan hati kita kepada allah sehingga kita mendapatkan hidayah allah…

pendapat saya buku ini menjawab pertanyaan pertanyaan pelik dari para kyai yang meragukan metode metode instan yang laris manis di pasaran meski untuk mengikuti metode ini mengeluarkan biaya jutaan… seharusnya lah para kyai yang sepuh  atau yang masih muda membaca buku  ini sehingga wawasan juga terbuka mengenai dunia spiritual dunia batiniah dengan tinjauan yang ilmiah…

buku ini pada saat ini belum diperjual belikan di pasaran… jadi untuk mendapatkannya harus menghubungi halaqoh sholat khusyu setempat…

183 thoughts on “sekelumit tentang spiritual salah kaprah karya abu sangkan

  1. Assalamualaikum wrt,, Subahanallah..Walhamdulillah..Wallailhaillullah.. Wallahhuakbar.,sungguh nikmat rasanya mendapat tahu anugerah Allah SWT kpd hambanya disana. Saya sememangnya sekian lama juga resah gelisah bagi mendapatkan praktis spiritual kaedah mendapatkan salat yg kusyuk, Insya Allah. Semoga kita semua akan mendapat redho Allah SWT. Tolong pak gimana saya harus bermula..mungkin dgn membaca semua buku hasil pena sdra ust Abu Sangkan.

    Alamat saya ialah : No.16 Spg 641 Kg.Keriam, Tutong TB 1141, Tutong, Negara Brunei Darussalam

    p/s saya sudah pun bercakap bersama sdra Purwanto; dan sgt senang sekali dan bersyukur kpd Allah SWT kerana telah mendapat kekuatan & petunjuk dari Nya jua.

  2. Assalamu’alaikum
    Salam Kenal
    Saya mengikuti acara pelatihan shalat khusuk Ustad Abu Sangkan di metro TV. Menurut saya pelatihan shalat khusuk yang disampaikan oleh Abu Sangkan masih pada tataran zahiriyah. Artinya yang dibahas masih pada tataran syariatnya, dan menurut saya ini bukan spiritual yang sebenarnya.

    Menurut saya shalat akan menjadi khusuk apabila seorang hamba benar2 mengenal wajah-Nya, kepada wajah-Nya lah kita hadapkan wajah kita, dari situlah berawal khusuk.

    Sebagai seorang pengamal tasawuf yang terbiasa dengan metode zikir, dan telah terbukti bisa sampai ke alam Rabbani, sehingga benar2 menjadi Haqqul Yaqin apa yang disabdakan nabi bahwa sesungguhnya Shalat itu adalah Mikraj bagi orang mukmin. Menurut saya metode yang disampaikan oleh Ustad Abu Sangkan terasa lucu dan menggelikan….

    Tapi metode ini bagus untuk pemula…

    Mohon maaf jika komentar ini kurang berkenan, salam

    • Tuan sufimuda , sungguh meragukan kesufian Anda dengan mengeluarkan kata-kata lucu untuk sebuah pengajaran sholat. Saya saja yang masih sangat dangkal pengenalan agama tak akan berani dan pantas berkata demikian. Silakan Anda kaji diri kembali. Semoga Allah memberikan petunjuk. Amien !!!!!!!

    • Assalammualaikum,
      Dear

      Saudara Sufi muda, menurut saya ada bagusnya cara yg dpakai oleh Ust. Abu Sangkan saat ini, apalagi pada dasarnya Kita termasuk masih Islam Keturunan yg masih Belajar dan mencari cara yg sederhana dan Semoga Efektif seperti yg di gunakan oleh ust. Abu ini, Dan maaf saudaraku sufi muda, kebetulan saya pernah berada di tengah tengah Pelatihan Sufi Di Daerah Kampar Kiri Riau (Tarekat Nakhsabandiah). Mereka gak pernah memamerkan apa yg telah mereka pelajari, sebab bagi Orang Awam seperti saya Belum sampai pd tingkatan memahami pelajaran Tasawuf.

      Mohon di Pahami

    • untuk sufi Muda jangankan Ustadz.Abu Sangkan, Rosulullah pun mengerti kepada siapa kita bicara dan Rosulullah juga mengerti tkataran kemampuan yang akan disampaikan olehnya….mungkin Anda sudah High Level atau seorang Sufi, tapi bagaimana untuk orang Awam?mohon untuk lebih di pelajari lagi commentnya….
      mohon maaf bila ada tutur kata yang kurang berkenan…..
      salam Rahmat kepada seluruh Alam Semesta…..

    • seperti orang buta..ketika meraba ekor gajah..ia yakin bahwa gajah adalah berbentuk panjang berbulu…ketika memegang kuping gajah..ia yakin gajah seperti lkembaran tipis….ketiga ia pegang kaki gajah..ia yakin gajah seperti pohon…lebih gila lagi..orang buta merasa lucu..ketika ada orang bilang gajah itu binatang besar berbelai panjang ekornya panjang, punya kuping lebar….

    • Untuk sufimuda…….kaciiian deh lho !!!!
      Islam mengenal 4 mashab yaitu : Syariat, tarekat, hakikat dan makrifat dan anda tidak perlu sombong, sebesar apapun pengetahuan agama mu tidak lebih dari butir pasir di laut, semoga Allah SWT mengampuni mu, amiin

      Sesungguhnya bagi siapapun yang menyimak ajaran Ustad Abu Sangkan, ada makna yang dalam dan semua bersumber dari alqur’an dan hadis. Sebagai contoh sebagian besar ummat islam di Indonesia dalam hal shalat baru sebatas formalitas tapi sesungguhnya shalat itu adalah mikraj nya orang mukmin. camkan itu!!!!

  3. pak haji rusli dari brunei terimakasih kontaknya…bersyukur sekali bisa bercakap dengan bapak melalui phone… kapan pak kita bisa jumpa darat …..

    terimakaish pak sufi muda… muda sudah menjadi sufi.. alahamdulillah….
    pak sufi muda yang saya hormati kegelian anda cukup beralasan… sebagai seorang sufi anda mengamati dari sisi sufi kelas tinggi.. sehingga geli melihat yang baru belajar…

  4. alhamdulillah saya masih membaca pelatihan sholat khusuk,sedikit demi sedikit akhirnya bisa terkuak tabir makrifat,amin n sukses selalu

  5. Saya selalu berusaha mengikuti sholat khusuk yg disampaikan Ust.Abu Sangkan di metro tv, dan sangat menarik untk diikuti karena banyk ilmu tentang cara pendekatan diri kpd Allah yg telah hampir dapat saya rasakan. Saya berharap dimasa mendatang akan banyk lahir Ustad seperti beliau. Amin.

  6. Buat pak haji dr brunei.justru sy malah geli membaca tulisan anda.dari mana hamba Allah bs mengatakan telah mencapai tingkatan iman tertentu.ini aneh karena hanya Allah saja yg sesungguhnya mengetahui sampai dimana maqom kita.maju terus Ustad Abu Sangkan.

  7. menurut saya, setelah ust. Abu Sangkan mengadakan berbagai macam seminar dan pelatihan2 tentang sholat khusyuk, kenapa tidak
    sekalian saja ust. Abu Sangkan mengajarkan les privat “jalan pintas menuju ke surga” …….??

  8. Jika seorang sufi mengatakan kepada orang awam dengan bahasa versi sufi maka sama dengan mendzoliminya, ustadz abu melakukan hal yang sederhana yang dapat dimengerti orang awa

    wassalam,
    hamba Allah

  9. Subkhanallah,
    Luar biasa melihat,mendengar dan mempraktekan apa yang diajarkan ustad abu sangkan.Keinginan yang luar biasa untuk bertatap muka langsung dan belajar banyak dari beliau.Kapan ya ada pelatihan sholat khusuk di bali?.
    Wassalam

  10. Assalamu’alaikum Pak Pur…semoga kabar baik senantiasa melingkupi keluarga dan sekitar Pak Pur…saya hanya geli aja dengan komentar dari sufi muda yang masih muda sudah jadi sufi…seyogyanya kalau mas sufimuda mau komentar mbok yoo diselami dulu sampai dasar bagaimana ajaran ustd Abu…kalau hanya melihat dari permukaan bukankah kurang bijak….apalagi mas sufimuda adalah notabene sufi….tentu karunia Allah tentang kebijaksanaan lebih banyak mas sufimuda terima..maaf jika tidak berkenan…matur nuwun…wilujeng ndalu…

  11. teraimakasih komennya bapak bapak dan ibu ibu, beruntung sekali kita dapat belajar bersama denganustad abu sangkan di metro… tinggal kita praktek danamalkan.. mudah mudahan kita mendapatkan manfaatnya amaiin.
    Nov.. ke solo mampir
    kemarin saya ngisi di masjid agung purwokerto.. dan di banjarnegara.. mereka pada antusias….

  12. Asslamamualaikum,
    Alhamdulillah selama saya mengikuti acara ceramah ustad abu sungkan saya merasa ingin belajar lebih dalam lagi tentang sholat… mudah-mudahan ustad abu sungkan terus mengisi acara semua media tv, oh ya kenapa baru kali ini ustad muncul selama ini mengisi ceramah dimana…….? tapi ini bukan masalah buat saya sendiri…. tak lupa sya ucapkan terima kasih kepada Metro tv …… semoga tetap berjaya terus ….amin.

  13. Assalamualaikum,
    Alhamdulillah ketemu blog sini, mudah2an diberi kekuatan untuk sharing terus…

  14. assalamu’alaikum,
    rasa penasaran yang tak terpuaskan sejak di milis Thursina sampai ketemu denmas pur,tidak lain hanya menambah semakin penasaran ,sayang panjenengan jauh sekali.mohon ijin untuk lebih banyak konsultasi seputar patrap dulu.matur nuwun
    wassalam.

  15. saya sangat terbius dengan penjelasan2 ustadz di metrotv. kapan ustadz mengadakan pelatihan di jambi. dimana sy bs mendapatkan buku beliu?

  16. Assalamu’alikum.
    Saya baru sekali melihat di Metro TV, dan coba praktek. Memang ada perasaan lain dg sholat biasanya. Ada yg beranggapan masih tahap zahiriah…tp tak apa..toh kita kan terus belajar sambil praktek. Apa mungkin bisa belajar “sholatnya orang makrifat” tapi praktek sederhananya saja belum benar.?? (Mungkin saja kalau Allah menghendaki). Tapi secara sunatullah (menurur saya) kita harus belajar…bagaimana secara syariat benar. Sambil praktek zahir (seperti cara pak Abu Sangkan) bagusnya juga kita belajar bathinnya (misal lewat Thariqah), mudah2an dari gabungan keduanya akan menghasilkan buah (mencapai Makrifat dan haqiqat). Kapan sampainya?? itukan rahasia Allah, mungkin kita “merasa” sampai…tapi pada dasarnya belum. Jadi cukup rahasia bathin, tidak perlu diceritakan kepada orang..kecuali jika tujuannya membawa orang ke arah kebaikan. Kalau kita lihat sejarah…banyak orang yg sudah mencapai tingkat atas tersebut, dikenal orang justeru setelah mereka meninggal. Berarti mereka tidak “sesumbar” dg kelebihan yang diberikan Allah.
    Harapan kita…mudahan saja orang-orang Islam dimanapun berada, bisa sholat khusu’ dan benar, do’a mereka dikabulkan Allah, sehingga kita menjadi umat yang membawa kebaikan di dunia dan akherat…(jangan kalah sama orang yoga…cuma berdiam tapi bisa merasa Fresh, sedangkan kita yang dg gerakan sholat+bacaan “sakti”, selesai sholat masih merasa gelisah). maaf kalau ada kesalahan.

  17. Mengapa kita mesti berdebat, mencela, mencaci, saling menyalahkan dalam beragama dan merasa dirinya paling benar… mengapa?… (QS Al-Anfal 43) Mari kita tingkatkan kualitas iman dan taqwa dengan banyak belajar dan praktek dalam menegakkan dan melestarikan rukun Islam dan Rukun Iman khususnya sholat. Serta menemukan apa yang kita cari….

  18. saya merasa kagum dgn apa yang di sampaikan ustad di tv,masalah ada yang pro dan kontra itu biasa,justru karna ada perbedaan itu menjadi baik dalam khidupan,coba kalo sragam semua ga kan ramai.

  19. Saya sangat terkesan lihat penjabaran ustdz.Abu Sangkan di MetroTV…kapan ada pelatihan di Medan, mhn kabari saya melalui e-mail ya, wassalam

  20. Pingback: Tema Lain « SISI LAIN

  21. saya juga sangat terkesan sekali ,awalnya saya males untuk menonton tttttapi setelah saya ikuti terus .ternyata sholat saya tidak ada apa-apanya cuma sekedar sholat tanpa makna. pak ustad tolong saya gimana supaya saya benar-benar khusu dalam sholat

  22. Semoga saya bisa mendapat jawaban dari para ahli makrifat disini. Saya tidak tahu harus bertanya kemana lagi, mengenai pelatihan shalat yang disiarkan di MetroTV oleh Pak Ustad mengenai “Niat Shalat”

    Dari sejak kecil saya diajarkan, bahwa niat shalat itu harus bersamaan dengan Takbir yaitu : Mulut mengucapkan “Allaahu Akbar” dan hati memasang niat. Akibatnya saya sering was-was dan banyak orang2 disini yg mengulang-ulang takbirnya karena merasa kurang pas.

    Padahal kan rukun shalat itu
    1. Niat,
    2. Berdiri,
    3. Takbir, dst.

    Tolong dijelaskan bagaimana sih seharusnya?

  23. alaikum salam untuk rekan ku semua yang memberikan komentar di blog ini..
    pak mahfud…dengan senang hati kalau kita bisa sharing bersama tentang shalat ataupun ptrap…
    terimakaish share nya pak DOdin.. semoga rekan yang membaca pun juga bisa mempraktekan sholat yangkhusyu dehingga tidak kalah dengan yoga..
    salam kenal juga njeplax..
    untuk pelatihan ustad abu di daerah coba kunjungi http://www.shalatcenter.com
    pak suryadi.. niat itu kan menyertai setiap gerakan.. jadi tidak hanya di awal saja… ketika kita bergerak sujud maka dengan niat, ketika kita bergerak duduk juga pakai niat.. dan niat menurut saya tidak perlu dengan konsentrasi kemudian meng pas kan dengan gerakan.. karena niat adalah gerak hati.. jadi relaks saja kemudian hati mendahului dan langsung diikuti dengan gerak fisik..kalau pake konsentrasi “niat” maka yang terjadi adalah keragu raguan…dan akhirnya jadi penyakit yaitu was was.. inilah syetan malah masuk dalam sholat yaitu was was

  24. Assalamu’alaikum Wr.Wb. Singkat saja,saya mau tanya,apakah tuntunan dari Bpk Ustadz Abu tidak ada dalam bentuk vcd/dvd? Jadi sekalian kita belajar sambil melihat ke TV..atau malah sudah ada? Untuk bukunya,semoga segera bisa djual bebas di pasaran.peminatnya pasti bnyk. (tp resiko untuk dibajak jg besar). Terimakasih..wassalamualaikum wr.wb.

  25. asswrwb…saya sangat tertarik pada apa yang disampaikan oleh ust.abu di MetroTV, seakan-akan menawarkan sesuatu yang mudah.Saya sering baca buku-buku sufi dan judul buku ust.tentang sholat khusuk dan tidak membuat saya tertarik untuk membeli,
    namun setelah mendengarkan penjelasan ust.secara langsung diMetroTV saya jadi ingin mempelajarinya. Kapan pelatihan disurabaya? tapi jangan mahal2 ust. karena sy relawan LSM yg duitnya tipis.

  26. saya pikir kita tidak usah menghujat atau menyerang pihak lain, mari kita perbaiki masing masing…uamt Islam itu hancur karena hal2 seperti ini, saling menyalahkan…
    saya pikir kalau memang sholat khusyunya abu sangkan itu yang terbaik, tapi apakah hasil dari sholat khusyu itu adalah suka menghujat pihak lain ???

  27. Saya rasa pelatihan yg disampaikan ust abu sangkan sangat menarik&bermanfaat untk smua muslim y ingin terus Senantiasa memperbaiki diri(jgn pernah merasa plg benar).bukan yg ada pemisah antr pemula/yg merasa sufi(ntar bsa jd riya/sombong krn
    Semua amal ALLAH SWT yg menilai.ALLAH lah yg maha sombong bkn kta.tolng kirimkn info k email sy dmn bsa mndpt buku karya ust sangkan tsb.

  28. ass.ww.salam kenal dari saya,rahmat saleh kepada mas setiyo purwanto, saya terus mengikuti pengajian ust. abu sangkan di metro tv, terimaksaih banyak kepada ust.abu sangkan sebagai referensi kami dalam belajar shalat khusu`, kami sangat berharap setelah ramadhan ini metro tv juga minta lagi agar ust. abu mengisi pengajian di metro tv, serta kami berharap dapat memiliki buku yang ditulis ust. abu sangkan serta mp3 pengajiannya. Bukittinggi.wassalam.ww

  29. Untuk bisa khusyu itu memang sulit, orang khawas pun kadang bisa khusyu kadang tidak. Menurut saya untuk bisa khusyu hrs dibarengi dgn evolusi jiwa, jiwanya hrs terus naik melewati 8 tangga tingkatan jiwa, kalau hanya berpatokan kpd jiwa yg muthmainah saja maka akan mudah jiwa nya mengalami turun naik inilah yg menyebabkan sulitnya dicapai kekhusuan. Untuk mengenal jiwa maka kita harus mengenal Allah, agama Allah, kitab Allah, Rasul Allah, kiblat Allah. Yang semuanya adalah ada dalam diri manusia. Apa yg diajarkan Bpk Abu Sangkan sangat baik utk memancing sifat penasaran manusia shg mau belajar lagi ttg ilmu agama yang dimulai dg nengenal dan membangun jatidirinya.

  30. Ass.wb.wr.
    saya kok susah ya untuk bisa sholat dengan khusyu, ketika saya bertlatih yang saya ingat malah sosok ustad abu sangkan. gmn ni…?
    wassalam

  31. hati insya Allah tidak lalai dalam shalat namun pikiran kadang kemana-kemana, metodenya yang tepat untuk mengatasinya piye Pak Yo..?

  32. Saya sangat setuju bahwa Ust. Abu Sangkan memberi pencerahan kebada sodara2 kita yang memang sudah Islam tetapi masuk Golongan Awam.
    Jika tidak ada pencerahan & pengingat dari para ustat yang peduli Golongan Besar Masyarakat Islam kita yang NB. Lemah Ilmu Ukhrowi tetapi Kuat Ilmu Dunia , bisa2 habis sodara kita

    Mudah2an semakin banyak yang Peduli
    Amien

  33. Assalamualaikum Wr Wb
    Andaikan yang memberikan Kata Pengantar Untuk Buku Ustad ABU SANGKAN yang ini adalah Bpk ARY GINANJAR AGUSTIAN tentu saya yang awam ini akan menjadi lebih tenang. Senang tentunya ummat ini menyaksikan ULAMAnya mesra saling mengingatkan. Setelah membaca buku itu, begitu banyak mungkin kebenaran yang saya bisa terima, TAPI SAYA LALU JADI CAPEK…LELAH melihat PARA PANUTAN seakan saling menyalahkan..tapi mungkin ini karena keterbatasan ilmu saya saja…maafin yaaa..tapi ada sebersit harapan tentunya USTAD ABU SANGKAN adalah seseorang yang tahu dan menyadari langkah yang diambil…sebuah keyakinan bahwa untuk sekaliber UST ABU tentunya apa yang ditulis bukanlah sekedar emosi kecerdasan spiritual belak, tapi sebuah usaha yang ikhlas dan penuh pertimbangan umtuk kebaikan UMMAT ISLAM.
    Mohon maaf sekali jika ada kata yang kurang berkenan.Terima kasih atas semua usaha membuat islam menjadi lebih baik,mohon petunjuknya.

  34. saling menyalahkan itu sangat diperlukan dalam dunia ilmu pak…. suatu saat teori ust abu sangkan pun juga akan disalahkanorang lain..kalau ilmu tidak pernah disalahkan karena muncul penemuan baru wah pasti kitandak akan bisa maju. seperti ini pak dulu kita ada kereta kuda…muncul becak….muncul lagi angkot..muncul lagi…..dst dst…. coba kalau yang punya kereta kuda (dokar, andong) tidak masu disalahkan wah kita selamanya akan pakai kereta kuda,,,,… santai saja pak… biarkan ary ginanjar dan abu sangkan bergelut dengan keilmuannya kita lihat saja mana yang sesuai dan benar kita pakai kalau nggak ya udah biarin aja… ini namanya dewasa dalam mencari ilmu.

  35. Assalamualaikum semuanya, saya sedikit berbagi, mudah2an tidak menimbulkan konflik. anggap saja
    sebuah tambahan khazanah pengetahuan mengenai khusyuk.
    Yang harus kita jaga sebelum sholat adalah :
    1. Kesadaran segala sesuatu semuanya Dari Allah,
    2. Kesadaran bahwa segala sesuatu Bersama Allah Yg Maha Meliputi,
    3. Jika 2 hal diatas sdh disadari di hati dan jiwa kita baru kita bisa niat sholat kita Lillahitaa’la (untuk
    Allah semata), karena hakikatnya seluruh penciptaan memang hanya untuk Allah ‘menyatakan’ /
    menzohirkan seluruh asma dan sifatnya yg tdk terbatas
    Sholat yang akan kita dirikan harus niatnya Lillahita’ala, karena khusyu adalah semata anugerah dari
    Allah. kadar khusus seseorang ditentukan seberapa besar di marifat/mengenal Tuhannya. Hati harus
    ridho menerima segala sesuatu termasuk sholat kita yg tidak khusyu. Hati lho.. masalah ikhtiar u khusyu
    beda lagi. kita harus menyadari bahwa maqom kita masih sebatas itu. justru pada saat hati riho
    karena menyadari Kekuasaan Allah, justru biasanya bisa khusyu dalam apapun.
    Khusyu itu bukan hanya waktu sholat, tetapi harus setiap helaan nafas. Hati selalu ingat sama Allah,
    menyadari ketidakberdayaan dan ketiadaan diri kita. seluruh bentuk ibadah kita semata hanya
    anugerah pertolonganNYA. Justru setelah ini kita selalu dapat merasakan kelebutan2 Allah Yg Maha
    Memelihara seluruh hambaNYA.
    Makanya setiap kita melakukan kebajikan selalu harus diawali dng ucapan Bismillah yang artinya
    Bersama nama2 Allah yg notabene seluruh asma2 tsb bergantung pada ZatNYA yang Dia menyebut
    DiriNYA ‘ALLAH’. Jadi kalau mau khusyu , khusyuk lah bersama Allah, mohon pertolonganNYA
    untuk bisa sholat khusyuk. jangan dengan arogan bahwa kita bisa mengusahakan khusyuk itu. Jangankan untuk khusyuk untuk mendetakkan jantung kita sendiri saja kita nggak bisa. Ingat : Geraknya Makhluk karena
    digerakan Allah, Diamnya makhluk karena didiamkam Allah. La hauwla wala quwata ila billah.
    Dikwawatirkan kalau sholat mencari khusyu nanti kalau nggak khusyu juga akhirnya tidak mau sholat,
    atau timbul su’udzhon sama Allah, Jangan2 sholatku tadi nggak diterima ya ? atau kalau bisa khusyu
    sihamba malam bangga akan dirinya yg bisa berusaha khusyu. wah malah berabe.
    Kita kembali saja, tujuan perintah sholat oleh Allah : “DIRIKAN SHOLAT UNTUK MENGINGATKU”
    Jadi coba seluruh bacaan sholat dari takbir sampai salam, hati mengartikan ALLAH..ALLAH..ALLAH.

    semoga bermanfaat, kalau tidak ada manfaatnya anggap saja tulisan ini tidak ada

    wassalam

    • * Maha suci Allah * Saya sangat mendukung pejelasan Sdr… apakah boleh saya menanya apakah sdr masih mencari 99 itu…? dan kedua mohon maaf jadi menurut sdr pd saat sholat apakah hati sdr selalu menyebut Allah selain yang diucapkan oleh lidah lisan kita bacaan2 sholat…? mohon maaf mungkin saya lancang bertanya kaitannya dengan hal ini….?

  36. Bila kita bisa melakukan hidup dalam falsafah Jawa “Nrimo Ing Pandum” dengan aplikasi Spiritual/Do’a/Afirmasi, Pasrah/Iklas/Sabar/tidak merugikan orang lain dengan dalih apapun, Jujur dan rajin bekerja.

    Niscaya Energi Ruh anda akan terhubung dengan Energi Ilahi, jangan berpikir Allah akan memberiki buku raport untuk menentukan masuk surga atau neraka.

    carilah cara menuju kesmpurnaan ruh setelah mati, sekali lagi jangan berpikir surga & nearka,

    ada ungkapan Adam turun dari surga karena dosa, jadi dimana neraka? dunia ini?

  37. saya punya teman,mungkin dia anak seorang pngamal tasawuf…….saya mau tanya bagaimana ustad abu memandang ilmu itu……apa itu ad di tngkat brbeda dengan tuan abu, sebab katanya ilmu itu trgantung jatah seseorang,trus bagaimana menurut anda masalah orang yg brdoa di makam sprti sunan2 kt teman saya lagi mereka itu tidak memohon pd sunan tp cuma minta bantuan untuk mendoaakan sebab yang mninggal itu cuma jasadnya……..sorry wok ku cuma pengn tau sorry yo ngomongne km. dan buat semua jangan tersinggung yaaaa saya cuma orang awam

  38. hebat dech masih muda udah jd sufi..sufimuda ajarn kt yg awam dunk,,jgn bisanya cuma menertawakan’dan anggap remeh org lain…sufi ko gitu sie…salam hormat buat ustad abu

  39. Menurut saya, sholat khusyu’ itu adalah bisa menyambungkan bacaan-bacaan sejak Takbirotul ikhrom sampai salam. Bisa membayangkan sambungan bacaan yang telah dibaca secara berkesinambungan, meskipun ada suara brisik anak-anak rame dsb.

  40. Assalaamu’alaikum wr. wb
    ALHAMDULILLAH saya berterimakasih sama gus pur yg tlh bikin blog yg amat berbobot buat umat islam khususnya,dan umat manusia pd umumnya. Mengenai sholat khusyu’ yg dipraktekkan oleh ustad abu sangkan,saya amat respek karena pd dasarnya khusyu’ adalah hak segala warga negara baik yg awam maupun yg sudah ‘merasa sundul langit ilmunya’. Saya ingin mmliki buku & VCDnya,gimana ya caranya?
    Wassalam…

  41. salam www. didunia ini sunatulloh harus berjalan pada porosnya. ada yang harus dibawah ada yang harus diatas.
    ada ustad yang diutus untuk anak SD ada juga yang diutus untuk anak smp dst.
    kalau nggak jalan pada tempatnya jadinya ya seperti ini saling menyalahkan.

    menurut saya ust abu sangkan dikirim oleh alloh mungkin untuk mereka yang ilmunya masih biasa atau bisa dibilang masih SD atau syariah tapi jangan lupa dari SD orang bisa ke smp/sma atau hakikat.
    biasanya maaf orang yang sudah hakikat akan mudah melupakan syariah kadang sembayang dianggap enteng, krn DAH merasa dkat dng alloh.
    mari kita mencontoh rosul walaupun beliau dkat dng alloh.sholatnya tambah banyak tambah tekun and tambah takut dengan alloh
    jadi mohon maaf. jangan terlalu mudah menyalahkan karena alloh pasti punya rahasia tentang hambanya yang diutus dan semua merupakan proses kehidupan(SUNATULLOH). untuk mas sufi saya salut dng ilmu anda tapi mohon disesuaikan porsinya,
    maaf ada ilmu yang boleh dikeluarkan dan ada yang tidak, qola nabi. alloh tidak boleh diumpamakan dengan wajah siapapun walam yakunlahu kufwan ahad.
    KALAU BOLEH SAYA INGIN SHARING ILMU BUKAN UNTUK DEBAT.
    MOHON MAAF INI HANYA SEBATAS KAJIAN
    WASALAM WWW

  42. Maha suci Alah ” saudara-saudara yang seiman sadarilah apapun bentuk perbuatan Kaitannya dengan Amal Ibadah dasarilah dengan Keiklasan utk mencapai kekhusukan dan untuk mencapai kesabaran dan untuk mencapai ketenangan dan untuk mencapai ketaqwaan yang hakiki

  43. Jadilah Ihsan2 yang Arif dan Bijak jangan selalu menyalahkan yang maha benar hanyalah ALLAH TUHAN Seru sekalian Alam….

  44. yang saya tahu stimulasi itu tidak dilakukan terus-terusan, hanya dipakai diawalnya saja (semacam starting).

    Berdasarkan kenyataan di lapangan, setelah di lakukan stimulasi banyak sekali saudara kita yang menjadi lebih dekat dengan Allah atau bagi mereka yang inkar menjadi kembali lagi kepada Allah.
    Awalnya memang di stimulasi dulu tapi kelanjutan nya mereka beribah tanpa stimulasi lagi, karena merasa sudah dekat lagi, menemukan kembali ibadahnya.

    Kalau memang cara ini salah walaupun banyak manfaatnya, ya sayang ya…

  45. Wah, wah, wah parah nih moderator kita
    (Setiyo Purwanto), Bp kalau lagi suntuk jangan nulis, istirahat aja dulu supaya arahan mas berguna bagi kita-kita.

    apakah benar kita harus bersikap seperti yang bp katakan? “kita sebagai orang awam ndak perlu capek dan pusing mikirin para ustad.. lha wong mereka para ustad juga tidak pernah pusing mikirin kita… jadi santai saja pak… ”

    jadi apa lho tujuan para ustad itu selama ini kalau lagi memberikan pelajaran/ceramah kepada kita?? kan mereka nggak pernah pusing mikiri kita… trus mereka itu ngapain?? melawak?

    itu salah boss, jangan berprasangka buruk kepada para ustad, bp ustad juga kan?

  46. saya ingin memperdalam pelajaran tentang sholat khusuk yg di bimbing langsung oleh ustad Abu Sangkan mohon informasi tentang jadwal pelatihan dan info ttg pembelian buku-buku dan vcd karya ustad Abu Sankan saya berdomisili di medan (mhn ijin untuk no tlp ustad Abu Sangkan spy sy bisa komunikasi langsung dg beliau)

  47. Saya belum baca buku terbaru pak Abu Sangkan itu. Kalaupun dijual bebas nampaknya ada yang pro kontra dengan isi buku itu. Ada baiknya buku itu diberikan kepada mereka yang mencari, bukan “mencari perbandingan” atau referensi semata. Nampaknya mutiara yang dahulu ada dilautan saat ini ada tanda- tanda akan diangkat oleh Allah pada akhir zaman ini. Mudah- mudahan dengan keberadaan pelatihan sholat, ilmu makrifat, baik yang disebarkan oleh mas pur dan pak abu ataupun para guru mursyid di seluruh tanah air akan menyelamatkan sebagian banyak orang di akherat kelak. Amin

  48. Assalaamu’alaikum wr. wb
    Kepada saudara-saudaraku sesama muslim yang sudah masuk dan membaca artikel ini / membaca buku-buku karya Ust. Abu Sangkan sudikah kirannya anda semua membaca artikel Penyimpangan Abu Sangkan mudah-mudahan Allah S.W.T memberikan rahmat dan petunjuk kepada kita semua. Amin

    • Asalamualaikum..,
      Maaf sekiranya saya bicara disini mengenai ulasan Hati-Hati!!… selama ini saya mengikuti semua tulisan bapak dan tiba-tiba ada kontra disini mohon bapak Setiyo Purwanto beri penjelasan..sikit…
      saya orang masih dalam pencarian dan mula hendak mengakui perlatihan Solat khusyuk ini benar-benar saya hayati dalam solat dan mndapat respon yg baik pada diri saya.. yg dulunya solat entah kemana hala tujunya.
      Maaf mohon penjelasan.

      • ya benar demikian, jadi sholat yang baik akan mendapatkan respon, semoga allah memudahkan amiin

  49. Aku sedang berfikir.
    Jadi fikiranku ini hanya untuk aku sendiri.
    Aku fikir manusia ini memang aneh dan lucu.
    Dalam bahasa jawa, manusia disebut menungsa, singkatan dari menus-menus kedunungan dosa.
    Menus itu bisa diartikan makhluk kecil, kedunungan itu artinya ketempatan, sedangkan dosa artinya ya dosa.
    Mengapa aku bilang lucu ?
    Manusia itu katanya diciptakan untuk menjadi kholifah dimuka bumi ini. Kholifah dalam bahasa jawa mungkin bisa diartikan sebagai panutan/ suri tauladan.
    Yang aku rasakan aneh itu banyak diantara kita menilai diri sendiri dan menempatkan kelas dirinya sendiri pada tempat yang tinggi. Kemudian memandang yang lain masih berada pada kelas di bawahnya. Atau menganggap diri sendiri lebih suci dan lebih dekat dengan Yang Maha Tinggi. Kemudian menyalahkan yang lain dan kadang malah seperti tahu bahwa ibadah seseorang itu salah, tidak akan diterima oleh Allah dan pasti akan menjadi penghuni neraka. Aku sering iri dengan mereka ini, karena aku pikir mereka pasti punya nomer HP-nya Allah SWT, sehingga dapat bocoran kalau yang itu salah dan yang ini benar, dan sudah diberi tahu kalau si baset itu bakalan masuk neraka, dan merekapun seakan sudah tahu bahwa mereka sudah dibuatkan rumah di surga.
    Daripada aku tertawa terus mikirin menus-menus tadi, lebih baik aku mikir yang lain saja ya.
    Salam !

  50. SP: “namun lebih dari itu yaitu pencapaian makrifat yang lurus kepada allah yang tidak dipengaruhi oleh stimulasi apapun.. bahkan beliau terang terangan.. jika kita menyandarkan pada stimulasi maka kita syirik..”

    Kalau gerak sholat itu stimulasi bukan pak ustad?

    • untuk membedakan stimulasi atau bukan , maka orang harus mengenal diri sejati, yang bukan tubuh (garakan sholat) sehingga betul betul sang diri menghadap ilahi ketika sholat.

  51. Alhamdulillah …meskipun agak terlambat mengetahui “kabar” tentang sholat khusyuk ternyata saya mendapat yang lebih tentangnya. Saya menganggap bahwa saya sangat beruntung karena ditugaskan instansi tempat saya bekerja untuk mengikuti Pelatihan Sholat Khusyu’ yg langsung dipandu Ustadz Abu Sangkan di Jember, Jawa Timur pada Sabtu-Minggu, 19-20 Desember 2009. Sungguh, terjadi perubahan yang mendalam tentang kepasrahan kita kepada Allah. Paling tidak meskipun selalu saja masih merasa belum khusyu’ tapi saya jadi paham tentang penyerahan diri dan ketundukan kita pada Allah Penguasa Semesta Alam. Dan bahwa manusia itu tak ada artinya tanpa petunjuk dan hidayah Allah. Kapan lagi ya ada pelatihan Sholat Khusyu’?

  52. Innalillah..
    Ketahuilah, Abu Sangkan telah merubah, menambah, dan atau mengurai pokok – pokok ibadah yang telah ditetapkan oleh syari’at.
    “Sesungguhnya seburuk-buruk perkara adalah perkara yang baru yang diada-adakan dalam agama.” (Hadits). Sungguh, Abu Sangkan telah melakukan seburuk-buruk perkara.
    Bertobatlah, wahai Abu Sangkan! Atau, siapkan tempat duduk anda di api neraka.

    • komen ini saya upload agar kita semangat, bahwa jika ada yang memfitnah berarti mencambuk kita untuk lebih korektif dan lebih semangat dalam berdakwah, dan lebih ihlas…

  53. Demi Allah, ini bukan fitnah, Mas Setiyo Purwanto.

    Ini peringatan yang ikhlas ana sampaikan bagi antum semua agar tidak tertipu dengan Abu Sangkan yang telah mengotori ajaran Islam yang murni berseri.
    Islam turun dari Ketinggian dan Kemuliaan Arsy-NYA, disampaikan ke umat manusia melalui lisan rasul-NYA yang mulia, dan dibela dengan harta dan darah para sahabat yang mulia.
    Lalu Abu Sangkan merusaknya..

    Sungguh, pelacur yang menjual diri seumur hidup dan tidak pernah bertobat sampai matinya, namun masih lurus aqidahnya, masih lebih baik daripada si Abu Sangkan ini.

    • tahu dari mana mas?… he he sudah lah mas… di blog ini isinya keteduhan ..kedamaian…. islam yang damai, islam yang teduh… penuh rahmat dan hawa surga …. jangan dikotori dengan kemarahan, ketidaksukaan, dan sejenisnya…..jika mas masih saja mengotorinya dengan komen komen yang kurang sopan maka akan saya langsung masukkan ke SPAM…

  54. Peringatan untuk anda juga, Setiyo Purwanto.
    Anda seorang da’i? Janganlah anda sekali-kali berkata/berpendapat tentang agama menurut pikiran dan perasaan anda. Ingatlah, setiap perkataan akan dimintai pertanggung jawabannya! Berucaplah berdasarkan Al-Quran, lalu Hadits-hadits yang shahih, lalu pendapat para sahabat, lalu para tabi’in, lalu para tabi’ut tabi’in, lalu para ulama yang mengikuti mereka dengan baik.

  55. Wah, anda Setiyo Purwanto telah menghapus tanggapan saya.
    Baik. Anda bersama Abu Sungkan dan para pengagumnya, dan sekalian para pendukung kalian dari kalangan jin, iblis dan setan-setan silakan berbuatlah semau kalian.
    Teruslah rusak Islam.
    Semoga Allah memerangi kalian dan manusia-manusia sejenis kalian.

  56. saya ada adik,sudah lebih 1tahun susah bahkan tak bisa makan,sudah berpuluh kyai/paranormal mengobati sembuh kejap kambuh lagi,sy bagi tau ttg shalat khusuk belum trtarik,[udah bisa shalat].boleh tolong beri solusi terbaik pa,,,/boleh balas di,,maxrufi@yahoo.com .terima ksih banyak pak perhatiannya. satu lagi pak.,saya baca terjamah surat anNas ,apa betul cerita dalam surah itu atau boleh diterangkan pak sekalian contoh kalau ada,dan kalau benar yg dikatakanNYA dalam surah itu,doakan saya agar tidak jadi wannas dalam surah itu,doakan saya agar jadi orang yg berserah diri padaNYA.mencontoh rosul,sperti p Abu,dan sahabat.

  57. Wahai pembela sunah…saya tdk yakin anda seorang pembela sunah, justru dilihat dari komen anda… ANDA ADALAH ORANG YG TDK SADAR SEDANG MENGHANCURKAN SUNAH.
    ANDA mempermalukan Nabi Muhammad SAW
    ANDA mempermalukan para sahabat
    ANDA mempermalukan para Tabi’in
    ANDA mempermalukan para Tabi’ut Tabi’in

    Ini peringatan untuk anda…JANGAN SAMPAI ALLAH SWT murka pada anda, segeralah bertobat sekarang juga.

    Blog ini tempat silaturahminya orang-orang yg mencari kedamaian…keteduhan, janganlah ANDA kotori dengan komen-komen ANDA yg tdk nyunah.

  58. Sholat khusyuk bukanlah milik Ustad Abu Sangkan dan bukan Ustad Abu yang menciptakannya. Ustad Abu hanya menyampaikan kembali bahkan menyampaikan dengan cara yang sangat sederhana agar mudah dimengerti dan difahami dan kemudian dilakukan. Adakah yang salah dengan sholat khusyuk atau yang salah dengan beliau? Jangan pula menuduh Ustad Abu sebagai pendukung Syetan atau Jin… Pernahkah Nabi Muhamad mencap seseorang dengan tuduhan spt itu???

    • pencipta sholat khusyu kan Allah melalau rasulullah, kemudian di sampaikan lagi oleh Ust Abu Sangkan karena beliau Ust Abu adalah pewaris Rasulullah…jadi benar mas Thohar bahwa Abu Sangkan bukanlah pembuat sholat khusyu

      • Assalamu alaikum saudara yang mulia

        Maaf mas setyo. , betul Allah lah yang menciptakan sholat khusyu. tapi mohon janga salah kaprah pak. sebab sholat khusyu menurut Allah melalui Rasulullah yaitu tidak berpisahnya hamba dengan Tuhan Nya. yaitu satukan sifat dan Zat. Sementara yang pak Abu Sangkan ajarkan tidak seperti itu. tapi masih sebatas rukun2 nya saja. posisi masih sifat dan sifat..

        Pertanyaannya.. Apakah dalam pelatihan sholat khusyu terlebih dahulu di ajarkan apa itu SIFAT dan apa itu ZAT?yang mana dikatakan SIFAT dan yangmana dikatakan ZAT.Sehingga apabila kedua kata diatas belum dipahami maka mustahil bisa khusyu dalam sholatnya.

        Maaf. Pak Abu Sangkan mungkin saja sudah faham tentang hakekat sifat dan zat.. namun menjadi masalah apabila tidak disampaikan kepada peserta pelatihan. sebab kahwatir menjadi bentuk pelatihan penipuan. terkecuali memang beliau belum faham.

        Maaf. Orang awam saja bisa melogika pabila antara jasad dan ruh itu dua unsur yang berbeda. terbukti ketika sorang meninggal dunia maka ruh akan hidup abadi sementara jasad akan hancur.

        Selanjutnya sebelum buru buru mengajarkan tentang kekhusyuan dalam sholat. mungkin ada baiknya pak abu dapat membedakan mana alam khayal/sugesti dan mana alam gaib. sebab sholat sesungguhnya adalah pekerjaan bathin ayng bersifat haekat/marifat. dan hal ini sama sekali tak dapat ditankap dengan logika ilmiah KECUALI sudah sampai pada tataran kenal mengenal dengan Tuhan.

        Kenal mengenal dengan Tuhan bukan hanya sekedar disaksikan dengan indra rasa tapi mutlak dengan mata bathin.. maka menurut kami apabila belum dapat membantu membukakan mata bathin peserta pelatihan maka sebaiknya pengajaran pelatihannya di tunda dulu. untuk mencegah musibah terjerumus lebih jauh kedalam godaan syaithan.. sebab HATI HATI.. Hanya ada 2 unsur yang tidak bisa ditiru oleh iblis yaitu ALLAH DAN NUR MUHAMMAD.

        maka berhati hatilah mempelajari tentang shalat khusyu .. lebih baik belajar langsung kepada AHLI ZIKIR ( mursyid) yang ditunjuk langsung oleh ALLAH dengan adanya NUR MUHAMMAD padanya..

        demikian . terima kasih..

        • waalaikum salam wr wb yang diajarkan ust abu mengenai sholat khusyu setahu saya di ajarakan juga bab makrifat pak yaitu materi tentang who am i, ini berdasar pada “siapa yang mengenal dirinya maka akan mengenal Tuhhannya. materi ini menjadi dasar dari pelajaran sholat khusyu. Kalau menurut saya lebih baik belajar khusyu yang di ajarkan Nabi SAW dari pada belajar zikir zikir lainnya yang kadang-kadang tidak diajarkan oleh rasulullah.

  59. Subhannallah.. si AA mau mencari kedamaian dan keteduhan. (Ucapan anda seperti yang biasa diucapkan kafir Nashrani..). Carilah kebenaran!

    Tahukah anda? Dalam rangka dakwah pada agama yang lurus, beberapa ucapan Rasulullah :
    - “Mereka adalah anjing-anjing neraka! “(ucapan untuk kaum muslimin yang berfaham khawarij)
    - “Kamu mau jadi tukang fitnah?!” (ucapan untuk seorang sahabat)
    - “Kamu telah letakkan bara api neraka di jarimu!” (ucapan untuk seorang sahabat yang memakai cincin emas)
    - “Wanita dengan wewangian, lalu tercium wewangian itu oleh lelaki, maka wanita itu pelacur!”
    - “Wahai turunan kera-kera dan babi-babi! “(ucapan untuk kaum kafir Yahudi & Nashrani)

    Beberapa perkataan Allah di Al-Quran:
    - “Mereka bagaikan anjing yang menjulurkan lidah..”
    - “Mereka seperti keledai yang memikul kitab-kitab..”
    - “Mereka lebih sesat daripada binatang ternak peliharaannya..”

    Anda mau mengatakan Allah dan Rasul-Nya omongannya kotor?!

    Saya tidak akan pernah berdamai dengan orang-orang yang merusak agama seperti golongan sufi yang bicara seenak udel. Yang dapat ilmu tanpa belajar… luar biasa! Lalu dengan ilmu ngawurnya itu mereka mengacak-acak Islam. Contoh: si Abu Sangkan ini.

    Tunjukkan padaku, bahwa setiap perkataan Abu Sangkan yang terkait dengan shalat dalam bukunya adalah berdasarkan tuntunan Rasulullah, tunjukkan padaku haditsnya yang sahih!
    Anda tidak akan bisa tunjukkan, sebagai bukti bahwa Abu Sangkan memang berbicara seenak udel! Anda-anda pun (AA, Much dan Setyo) bicara seenak udel!

    Bertobatlah. Belalah agama ini, jangan ikut merusaknya!

    • mas pembela sunah …. ini… malah nyuruh nyuruh… saya cari dalil…. kenal aja ndak sama jenengan, cari sendiri lah mas… kalau nggak sampeyan anggap nyunah.. ya udah .. gitu aja kok repot

          • Wahai moderator.. Berlakulah adil!

            Ketika Pembela Sunnah berkata “si buta Gus Dur..”, respon anda sangat heboh lalu menyatakan Pembela Sunnah telah mengumpat, menghina, tidak berakhlak?! Padahal kenyataannya benar bahwa Gus Dur buta!

            Tetapi.. anda telah membela Gus Dur yang jelas-jelas telah menghina Al-Quran dengan argumen-argumen yang tampak anda paksa-paksakan.

            Anda yakin dengan perbuatan anda? Tidak takutkah anda?

          • ya jelas yakin dong mas….. , untuk apa takut….. kebenaran harus ditegakkan mas…. salam damai….

          • Maka, kamu dengan yakin berpendapat sama dengan Gus Dur bahwa Al-Quran adalah buku porno.

            Setiyo,
            Semoga Allah melaknatmu.
            Semoga Allah melaknatmu.
            Semoga Allah melaknatmu.

            Amin

          • weh weh…. ya lindungi saya dari umpatan orang yang tak paham tentang agamamu…selamatkan dia dari kebodohannya. amiin

          • ya Allah lindungi saya…. dan ampuni orang yang suka mendoakan tidak baik kepada sesama muslim. ampuni juga dan maklumi kebodohannya amin

          • jangan takut jangan gusar mas pur,,

            mereka yang berdakwah dengan mencaci dan
            mengaibkan orang lain itu sebenarnya,,
            mereka tidak mengenal diri sendiri,,

            sedangkan ruh itu satu,, pada suatu hari nanti
            apabila mereka telah mengenal diri mereka sendiri,,
            barulah mereka tahu,,

            yang mereka keji dan hinakan itu,,

            adalah diri mereka sendiri.

          • Wahai pembaca sekalian, ketahuilah bahwa AL-QURAN ADALAH BUKU PORNO!

            (ada yang mau berkomentar?)

          • kasihan sekali,,

            kerana tuhan tidak beri ilmu,,

            kerana tidak dapat membezakan antara porno dan kitab suci.

          • lha,,ya……..gitu aja kok repot ,. Gus Dur itu seorang kiayi[guru] bahkan amat banyak cendekiawan yg mengangkat beliau sbg guru bangsa [kurang opo?] so….beliau bicara ttg ALQuran begitu supaya orang mau belajar Quran.pertama dg baik sangka,niatbaik dong,,,kalau buruk sangka bisa sesat lho,,!,,{2}yg lengkap,..,ada printah kawin,,,ya,,jangan kawin melulu,,,dilarang sholat jangan trus tidak sholat,,,ada cerita ttg perkawinan trus pikiran kemana2 dan ngeres2,,,,barangkali ini hanya permainan kata dan persepsi yg dipolitisi/direpot-repoti….atau jebakan khonnas,,,minaljinnati wannas.semoga kita mendapat perlindunganNYA..P Pur ,saya pernah baca hadis,,artinya,,,adalah kebaikan tiada lagi diatasnya yaitu baik sangka pada ALLOH dan pada hambaNYA dan keburukan tiada lagi dibawahnya yaitu buruk sangka pada ALLOH dan pada hambaNYA..apa makna yg mudah?/hikmah yg bisa diambil?……..terimakasih PPur saya banyak manfaat disini, skrang udah gak males lagi sholat,doakan agar dapat jalan yg lurus,karena saya masih takut jadi kayak dulu,…wassalam..

          • Mas Ulil..!!! dan Mas Pembela Sunnah;Kalian Hebat sampe Berkoar Sekasar Itu. Lu Jangan Sewot Gitu Dong…!!! Da’wah Apaan Tuh..!!

            Kok Kata2 Seorang Muslim yang Mengaku Sebagai Pembela Sunnah… Metoda Da’wahnya Aneh..!!!

            Anda Kalo Mau Kasar Gitu Jangan Ke Sesama manusia…!! Bos Kalo mau Berbicara Kasar Gitu Harusnya Ke Binatang..!! Ga Lucu..!! Memalukan Sekali..!!!

            Bos Mereka2 Ini Sasaran Da’wah Kita Bukan Musuh Kita; Musuh Kita Yang Sebenarnya INI Bos=

            http://www.beritamuslim.wordpress.com

        • astaghfirullah, ndak takut kuwalat sama gus dur…..semoga Allah memuliakan beliau KH abdurahman Wachid

  60. Terima kasih atas komentar Mas Pembela Sunah. Kalau jenengan menganggap kami ini ngawur atau bahkan sesat, ya monggo saja mas. Itu hak jenengan berpendapat. Urusan Tauhid adalah urusan diri pribadi dengan Gusti Allah dan jenengan tidak berhak mencampurinya. Dasarnya jelas “tidak ada paksaan dalam beragama”. Semoga jenengan faham dengan dalil itu.

    Satu hal yang ingin saya sampaikan kepada Mas Pembela Sunah, apakah jenengan sudah benar-benar sebagai orang ISLAM? Jika jawabannya iya, maka saya ada pertanyaan lanjutan:

    1. Islam itu apa??? Jawabnya Islam adalah rakhmatan lil alamin. Semoga jenengan juga paham dengan maksud rakmatan lil alamin.

    2. Akhir dari sholat itu apa? Jawabnya adalah assalamu alaikum warohmatullohi wa barakatuh. Semoga juga jenengan faham dengan maksud salam ini.

    3. Buah dari sholat itu apa? Menjauhi mungkar bukan? Jika jenengan suka marah, suka menghujat orang lain, itu termasuk mungkar apa tidak?

    4. Setelah niat, selanjutnya adalah Takbiratul Ikhram alias Allahu Akbar? Maksudnya adalah memuja kebesaran Allah. Apakah sudah sampai disitu? Jelas tidak, karena Takbir juga ada lakunya. Jenengan merasa lebih benar dari orang lain, dan suka menyalahkan, kira-kira itu sifat malaikat ataukah sifat syetan? Apakah itu tidak artinya jenengan mendahului kehendak Allah. Orang lain bisa berbuat, atas ijin siapa? Atas ijin Allah bukan? Jika mas menghujatnya, bukankah itu tidak sama saja jenengan menghujat yang menciptakan manusia??

    5. Jenengan mengaku Pembela Sunah, kenapa jenengan masih memili rasa benci kepada orang lain yang tidak sepaham dengan jenengan. Apakah Rosululloh pernah berbuat seperti ini??? Jika tidak, lalu panutan jenengan sinten mas?

    6. Jika jenengan merasa paling benar, paling Islam tentunya, maaf mas, kelihatan kok belum, karena yang namanya Islam itu PASTI memiliki akhlakul karimah. Semoga jenengan juga memahami makna akhlakul karimah ini.

    7. Berani mengaku pembela sunah, rujukan jenengan PASTI Rosululloh Muhammad, tapi kenapa jenengan belum bisa berbuat Shidiq, Amanah, Tablek, Fatonah? Semoga jenengan juga faham dengan maksud 4 sifat itu.

    8. Jenengan mengaku Islam, percaya rukun Iman kan? Tetapi maaf mas, kelihatannya belum karena jika sudah percaya rukun Iman, maka harusnya jenengan sudah melaksanakan Rukun Iman yang ke 6 yaitu percaya kepada Takdir. Takdir ini siapa yang menentukan?? Allah bukan? Takdir adalah apa yang kita hadapi setiap hari, bertemu dengan orang gila, pencuri, perampok, kyai, itu semua takdir Allah bukan kehendak jenengan. Anda bisa menyikapi sesuatu dengan bijak itu adalah aplikasi rukun iman yang ke 6.

    9. Saya yang bodoh ini memberanikan diri memberikan pendapat kepada Mas Pembela Sunah, cobalah melihat sesuatu dari sisi yang lain, bukan dari kaca mata Mas sendiri. Islam itu sederhana, tetapi ketika dijabarkan maka tidak akan pernah selesai. Seorang yang mengaku pembela sunah, harusnya memiliki perilaku yang sopan santun dan sabar, tidak gampang mengumbar perkataan.

    10.Saya menghimbau kepada Mas Pembela Sunah, jika anda merasa paling benar sendiri, saya sarankan agar jenengan bisa berkunjung ke Shalat Center di Jati Bening, Jkt, dan nanti bisa bertemu langsung dengan Ustad Abu, bisa berdiskusi untuk mencari kebaikan bukan penghujatan, atau, jenengan bisa ke Shalat Center Solo bertemu dengan Mas Pur, atau saya juga dengan senang hati bisa bertemu dengan Mas untuk sharing.

    Maaf Mas Pur, panjang sekali komentar saya.

  61. Astagfirullah.. anda tidak takut membela-bela Gus Dur, si buta yang mengatakan Al-Quran buku porno?!

    Di mana kecemburan antum-antum terhadap Islam?! Takutlah pada Allah!

    Much, dan antum semua, adalah para korban pemikiran para sufi bodoh. Antum lebih mencintai kedamaian daripada kebenaran. Antum lebih menjaga perasaan orang lain daripada agama!

    Kasihan antum semua..

    • baiklah kalau pembela sunah tidak bisa diperbaiki akhlaknya, maka anda akan saya anggap spam di blog ini. salam kedamaian

  62. Ndak apa2 Mas Pur. Mas Pembela Sunah adalah yang paling benar. Orang lain salah semua. Monggo Mas Pembela Sunah, silahkan menikmati apa yang menjadi keyakinan Mas. Mungkin Mas Pembela Sunah baru keluar dari Pesantren kali jadi spt kisah seorang pendekar yang baru turun gunung, jadi dikit-dikit gebrak, dikit2 mengeluarkan jurus-jurusnya.

    • Allahumma sholli ‘ala sayyidina muhammad, mas pembela sunnah, bukankan anda sedang menyembah berhala baru, yaitu pemikiran golongan anda yang paling ahlussunnah dan paling benar akidahnya, (bukan kah itu sifat sombong yang pernah dilakukan iblis tatkala disuruh sujud oleh ALLAH kepada Adam, sementara malaikat sujud, dan iblis pun enggan, astaghfirullah, sedangkan anda sendiri tidak konsisten dalam menjalan kan sunnah Nabi SAW, dan saya yakin anda dan golongan anda masih banyak mengingkari bahkan tidak menjalankan sunnah Nabi SAW, saya tidak ingin berdebat kusir dgn anda, karena percuma saja, buang -buang energi, bacalah, bacalah, bacalah…

  63. Wah, wah.. perdebatan sangat menarik!

    Sayang sekali, moderator tampaknya agak ciut.
    Padahal dia pernah komentar: “.. saling menyalahkan itu sangat diperlukan dalam dunia ilmu pak..”

    Mengapa moderator takut? Padahal, tampaknya, Pembela Sunnah cuma sendirian..

    • saya sih bukan ciut aatau takut, cuma sedikit tegas, sebab blog saya ini kalau diisi dengan umpatan, makian bahkan hinaan terutama kepada sosok Gus Dur yang saya kagumi…akan berakibat tidak baik, misalnya “komentar seperti itu kok ya di aprove….makanya terpaksa saya anggap spam.

      • ASSALAMU ALAIKUM sahabat2 muslim..

        Alhamdulillah.. dengan adanya perdebatan seperti yang lalu semakin membuktikan bahwa Al Quran itu betul betul menggunakan bahasa universal dan masih sangat TERSIRAT.coba kalau transparan pasti tidak ada perdebatan di dalamnya.. tul gak teman?

        Saudara dan sahabat yang semoga dilimpahkan RahmatNYa..

        Ijinkan kami ikut partisipasi dalam blog mas Pur ini..semoga ada rahmat Allah buat kita semua.
        Menurut kami.. teman2 tidak ada yang salah jika berkomentar dari pijakan keyakinan masing masing…Sebab pasti semua memiliki dasar nya masing masing..(tidak asal bicara).Dan itulah memang faktanya bahwa DOMINAN masyarakat ISLAM di Indonesia adalah menganut faham syariat..

        Teman-teman.., mungkin ada pertanyaan yang perlu samasama kita ajukan pada diri kita masing2…

        1.APAKAH AGAMA ISLAM ITU?
        2.SEBENARNYA APA SIH TUJUAN AKHIR ORANG BERAGAMA “( AGAMA ISLAM..)”?
        2.AGAMA ISLAM DIBUTUHKAN UNTUK KEPENTINGAN DUNIA ATAU AKHIRAT?
        3. APAKAH TUJUAN BELAJAR SHOLAT KHUSYU?

        Teman teman.. saat kami masih anak anak kami pernah pertanyakan pertanyaan di atas kepada kakek kami. bahkan kami pertanyakan kalau memang ada Tuhan.. di manakah Tuhan itu?

        apakah Tuhan itu bisa dilihat?bisa diajak bicara atau bisa diajak jalan jalan?
        Kemudian kakek menjawab dan cukup menggelitik raas penasaran kami.
        Jawabannya adalah ” BISA YA… BISA TIDAK…”

        lho kenapa begitu kek?

        jawab kakek: tergantung sampai di mana pemahamanmu terhadap AGAMA ISLAM itu sendiri.
        Maksud kakek? …. kemudian kakek menjawab: Kamu harus memahami dulu arti APA ITU AGAMA ISLAM. Sebab kebanyakan kita ini hanya islam keturunan. alias karena KTP atau krn orang tua ataw nenek kita sudah menganut AGAMA islam sebelumnya..
        Lanjut beliau.. Nak.. AGAMA ISLAM itu terdiri dari 2 kata yaitu AGAMA dan ISLAM.

        ISLAM adalah SYARIAT nya: yang terdiri dari Rukun Islam dan Rukun Iman.
        jadi syariat itu di kerjakan oleh badan jasmani. sehingga bisa disaksikan oleh panca indra manusia. seprti melaksanakan sholat, bersedekah , naik haji dll. IBARAT BADAN JASMANI.. maka jasmani/raga adalah syariatnya.

        Sedangkan AGAMA : adalah HAKEKAT nya: terdiri dari RUKUN AGAMA. AGAMA adalah pekerjaan bathin/ruh ( TIDAK DAPAT DITANGKAP DENgAN PANCA INDRA).apakah kamu dapat melihat ruh mu? Ibarat BADAN mu maka nyawamu / ruhmu adalah AGAMA. Itulah sebabnya Rukun Agama tidak dipelajari di bangku sekolah.tapi hanya bisa diajarkan oleh AHLI HAKEKAT/MARIFAT yaitu disebut ahli Zikir( MURSYID).
        lanjut kakek bertanya pada kami. Nak ketika kamu berdiri sholat atas kehendak siapakah itu ? jasadmu atau ruhmu? Lanjut beliau.. kamu bisa berdiri sholat karena ada ruh yang menggerakkan, kamu bisa kuliah karena ada ruh yang menggerakkan, dan kamu bisa belaar agama karena ada ruh yang menggerakkan dst.. singkat kata kamu dapat melakukan apa saja karena ada ruh yang berkehendak dan menggerakkan. sebagai bukti saat ruh meninggalkan raga apa yang terjadi.? maka matilah seorang itu. artinya jasmani bisa melakukan rukun rukun sholat karena adanya ruh yang menggerakkan.. Dari sini kamu bisa fahami apabila ADA 2 UNSUR yang harus kamu fahami. yaitu jasmani dan ruh.

        Memahami pekerjaan Jasmani tidak terlalu sulit sebab sdh kamu praktekkan sehari hari. Sekarang tentang RUH mu?maka bagaimana kamu memahaminya? untuk memahami tentang ruh terlebih dahulu harus kamu yakin tentang adanya GHAIB/ QADIM. siapakah yang GHAIB itu? ruh manusia, malaikat, jin, syaitan, iblis dan Allah.bahkan surga dan neraka adalah ghaib.

        Selanjutnya antara raga dan ruh.. siapakah diantara ke duanya yang hidup kekal ? ya tentu saja Ruh.dan siapakah yang kelak akan bertemu Tuhan ketika di alam akhirat? ya tentu saja RUH..

        Nah Sekarang .. apa Tujuan mu ber AGAMA ISLAM? Jika AGAMA ISLAM hanya untuk kepentingan dunia saja ( mis untuk sukses , kaya raya, jabatan tinggi, di sanjung dst) maka orang yahudi yang tidak beragama pun bisa juga sukses , hidup lebih kaya mewah dan hidup damai ditengah majemuk manusia.maka AGAMA ISLAM tidak perlu.

        maka tidak ada jalan lain adalah AGAMA ISLAM adalah untuk kehidupan akhirat mu.( kehidupan sesudah mati)…bahasa sederhananya di sana ada surga dan neraka. Lanjut beliau menjelaskan… Tapi tentu kamu sangat takut akan azab neraka makanya kamu belajar agama islam supaya bisa selamat masuk surga ( Surga berarti KEMBALI dan BERTEMU ALLAH).
        Dari sini sekaligus sudah menjawab tujuan kita beragama Islam adalah UNTUK BERTEMU dengan ALLAH (baik di dunia maupun di akhirat)

        Nak.. kamu sudah tahu bahwa ruh adalah Ghaib dan yang akan hidup abadi sekaligus yang akan menjawab segala pertanyaan malaikat pada hari penghisaban..maka itu berarti kamu sangat WAJIB belajar tentang RUH. dan ini hanya bisa dipelajari melalui ilmu yang di sebut ILMU AKEKAT/MARIFAT..
        dan Ilmu ini hanya didapat melalui AHLI DZIKIR / AHLI MENGINGAT ALLAH.

        SIAPAKAH AHLI MENGINGAT/ AHLI DZIKIR ITU?

        MEREKA ADALAH orang yang sangat memahami / mengamalkan semua tingkatan keimana dalam Agama Islam.( mulai Ilmu Syariat, Tarekat , hakekat dan marifat) yang sangat paripurna dan sudah sampai pada kenal mengenal dengan ALLAH. pemilik seluruh alam semesta. dan Dia mengajarkan semua Ilmu agama Islam atas tunjukan langsung dari ALLAH swt..

        Nak AHLI DZIKIR inilah yang akan bisa menjawab pertanyaanmu APAKAH ITU SHALAT KHUSYU dan BAGAIMANA CARA SHALAT KHUSYU..
        Sebab dalam sholat khusyu itu terjadi persaksian langsung antara hamba dengan Tuhannya. dan mereka betul betul saling kenal mengenal. diwujudkan dalam syahadat.
        maaf nak. orang modern kebanyakan bersyahadat tapi tidak tahu siapa yang ditunjuk? (kadang menunjuk tulisan Allah, pikiran melayang entah di mana, menunjuk pantat orang di depannya, menunjuk temboklah dll).
        sehingga tanpa di sadari mereka terjerumus dalam kemusyrikan yang nyata.

        Nak. HATI HATI .. Musyrik itu tidak hanya sekedar menyeembah berhala. tapi musyrik itu terdiri atas musyrik kata kata, musyrik tingkah laku, musyrik bathiniah, dan semua musyrik digaransi tidak dapat diampuni oleh Allah.
        Dan Ilmu inipun hanya bisa diajarkan oleh AHLI MENGINGAT/ MURSYID.

        OLEH SEBAB ITU NAK.. JIKA KAMU BETUL BETUL HENDAK BERTEMU DENGAN ALLAH KELAK DI AKHIRAT MAKA WAJIB HUKUMNYA KAMU BELAJAR TENTANG ILMU KENAL MENGENAL DENGAN ALLAH (SYARIAT, TAREKAT, HAKEKAT DAN MARIFAT) .YANG HANYA DIAJARKAN DAN DIBIMBING OLEH AHLI MARIFAT YANG SUDAH KENAL MENGENAL DENGAN ALLAH.
        MENGAPA HANYA OLEH DIA YANG SUDAH KENAL MENGENAL DENGAN ALLAH?
        SEBAB DIA BISA MEMBIMBING KAMU DALAM PERJALAN BATHIN MU AGAR KAMU TIDAK TERSESAT OLEH IBLIS. SEBAB INGAT NAK.. HANYA 2 YANG TIDAK BISA DITIRU OLEH IBLIS YAITU HANYA ALLAH DAN NUR MUHAMMAD.

        Inilah dasarnya mengapa belajar tentang sholat khsyu itu harus HATI HATI..
        1. bukan sholat yang sebenarnya didapat melainkan hanya khayalan yang diseuaikan harapan berdasarkan arti dari ayat ayat alquran.
        2, sangat mudah disesatkan oleh iblis/syaitan.
        3. bisa jadi terjerumus kedalam dosa musyrik filiyah dan musyrik bathiniah..

        Sahabat Muslim yang di cintai Allah.
        Sama sekali bukan maksud kami mencela ataupun meremehkan apa yang sudah diupayakan dalam hal sholat khusyu. sebab kami sangat memahami tentu TUJUAN PELATIHAN SHOLAT KHUSYU adalah untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah ?dan bahkan jika perlu MENYATU DENGAN NYA.

        Sebagaimana Firman Allah..Innaa lillaahi wa innaa Ilaihi Roji’un.. Sesungguhnya kita berasal dari Allah dan kembali pula kepada Allah.

        sebab memang seharusnya seperti itu. Kita sudah sering lihat buktinya orang meninggal ketika kuburan di gali masih ada tulang2. bukti bahwa tidak kembali kepada Allah.malah kembali ke tanah.Bagaimana dengan Adam(bapak biologis manusia) yang katanya berasal dari tanah? tapi tanah awalnya berasal dari mana? ( Ilmu Hakekat).

        Sahabat Muslim.. sebenarnya tidak ada hal tawar menawar tentang ILMU ALLAH. Alasan paling masuk akal adalah kerna kita semua dan seluruh alam semesta ini adalah milik Allah.Maka untuk bisa kembali dan bertemu Allah maka kita harus ikuti Aturan yang dikehendaki ALLAH. dan karena Allah juga adalah WADZAHIRU WAL BATHINU maka Tidak cukup mengenal Allah hanya berdasarkan ciptaanNya di alam semesta namun WAJIB mengenal Allah secara bathin. ( melalui bimbingan Ahli dzikir/Mursyid/ wali Allah).

        Nampaknya masih banyak fiman Allah dalam Al qur an yang perlu kita sama sama analisa dengan mata hati. ( AL Isra:72, ). tidak sekedar membaca dan menghafal terjemahan dan tafsirannya. Namun lebih dari itu memahami hakekatnya yang tersirat.

        sahabat muslim.. sekali lagi tanggapan ini tidak untuk menggurui namun semoga bisa menjadi stimulan bahwa untuk mendekatkan diri kita kepada Allah dan untuk dapat bertemu kelak di akhirat maka wajib ditempuh dengan 2 cara yaitu syariat ( rukun/ perbuatan raga) dan Hakekat/marifat ( pekerjaan bathin ).. SEBAGAIMANA Allah menciptakan segala sesuatu berpasang pasangan.siang – malam, atas – bawah, timur- barat, laki- laki dan perempuan.. – begitu pula dzahir – bathin..

        Semoga bermanfaat.. lebih dan kurangnya kami moho maaf..
        wassalam

        3.

  64. Oh ya, saya juga pernah dengar bahwa Gus Dur mengatakan bahwa Al-Quran adalah buku porno. Bukankah Gus Dur berarti juga mengumpat, memaki dan menghina?

    Seandainya Gus Dur menyampaikan pendapatnya itu di Blog ini, apakah akan anda anggap sebagai spam ataukah tidak?

    • al quran itu lengkap sekali, mas…. jangan kan yg berbau porno, orang mungkar ada di quran, gambaran ahli neraka ada di quran, yg haram haram juga ada di quran . jadi quran adalah gambaran kehidupan… semua bentuk kehidupan ada di quran termasuk yang porno… seprti ceritanya nabi yusuf yang berduaan di kamar dengan sitizulaekah….. itu adalah gambaran….
      kalau misalnya al quran itu tidak ada hal hal yang berbau seksual maka berarti quran itu tidak lporno engkap. dan kalau kita tidak mengakui bahwa quran tidak ada hal yang bersifat seksual maka sama saja kita merendahkan al quran.

  65. jangan di blog mas, tampilkan saja. nanti juga akan ketahuan mana yang benar dan mana yang belum pas, mana yang hanya sekedar ngomong saja, mana yang sudah menjalankan. mana yang mengagung-agungkan syariat islam tetapi tidak menunjukkan akhlak islam.

  66. Mengaku nama Ulil Albab kok suka melaknat ya. Apa Mas Ulil sudah lebih berkuasa dari Allah? Dimanakah akhlakul karimah Mas Ulil Albab? Mas paham dengan arti Ulil Albab???

  67. Si Byosep linglung…
    Berita-berita di situs itu jelas bagi kita kengawurannya; mereka adalah kafir, kita tidak perlu takut. Tidak ada kata-kata mereka yang mampu menyesatkan kita.

    Namun, anda-anda adalah musuh dalam selimut.
    Kaum muslimin tertipu dan tersesat oleh ucapan dan pemikiran kalian yang telah dikotori dengan tasawuf dan ilmu Laduni.

    Sebaiknya anda-anda berdakwah pada ember dan panci saja..

  68. Buat Anti Tasawuf, Ulil Albab dan Pembela Sunnah: Salam Kenal dari Didin Al-Afghany.

    Maaf Kang… Yang Berhak Memvonis Seseorang itu Kafir, Musyrik, Munafiq, Dzolim, atau Fasik itu hanyalah Haq Alloh SWT… Sebagaimana Firman Alloh SWT Dalam Al-Maidah:5:44,45,47. Secara Kaidah dan Normatif Syari’at bahwa yang berhak memegang Otoritas untuk menjatuhkan Vonis tersebut ialah Rosululloh SAW (DULU), Kalo Sekarang Harusnya Dewan Fatwa Yang Ada Dibawah Naungan Pemerintahan Islam (Negara Islam), Bukan Dilontarkan secara serampangan oleh per Individu… Karena Itu Bukan Hak Antum… Kecuali Jika Antum Kapasitasnya sebagai Penyelenggara Pemerintahan Islam Yang Duduk Di Dewan Fatwa…. Maaf.

    Maaf Antum Sekarang Aktif Di Harokah Islam Mana..?

    Saya Yakin Antum Telah Diajarkan Oleh Murobi Antum Untuk Berda’wah Dengan Cara Bil Hikmah…!! (Dengan Kasih Sayang) Bukan Dengan Hujatan dan Caci Maki sepeti itu..!!!

    Afwan…!! Hargailah Karya dan Profesinalisme Orang Lain… Gunakan pendekatan Da’wah Seperti Yang Telah Dicontohkan Oleh Rosululloh SAW…!!

    Pernahkan Rosululloh SAW berda’wah dengan hinaan dan caci maki…? Seandainya Dulu Rosululloh SAW melakukan Da’wah Dengan Metoda Pendekatan Seperti Antum, Saya Yakin Dinul Islam Tidak Akan Pernah FUTUH…!!!!

    Kalo Antum Benar-Benar Seorang Mujahid (Kesatria Pembela Al-Haq), Monggo…… Pa Abu Sangkan dan Pembelanya diajak Dialog Di Dunia Nyata… Jangan Di Dunia Maya seperti ini….

    Perlihatkan Bahwa Antum adalah Benar2 Pembela Sunnah (Penegak DINUL ISLAM)

    Luruskan Dulu Motivasinya…!! Harus Untuk Tercapainya Rhido Alloh (FUTUH DINUL ISLAM) bukan Untuk DEBAT atau Apalagi cari Sensasi…

    Biasanya Dari Golongan Salafi… mereka kalo menyelesaikan Maslah pasti Dengan DEBAT Kusir…. Mereka TDK Pernah Memahami Psikologis Lawan Bicaranya..!!

    Monggo Jangan Berkoar Tanpa Manfaat Di BLOG Ini… kasian Yang Bacanya…

    Apa Sih Manfaatnya Berbicara Sekasar Itu..? Bukannya Menambah Kekuatan Pasukan Penegak DINULLOH, Malah Justru Menambah Potensi Permusuhan Yang Akan Menghambat FUTUHNYA DINUL ISLAM DI INDONESIA.

    Wajarlah Kalo Di Indonesia Ini Pemahaman Islam yang Dianut Oleh Masyarakat BERBEDA2. Karena Di Negara Indonesia ini Institusi DINUL HAQ (SISTEM ISLAM) Belum IDZHAR…! Masih dalam Tahap Perjuangan.

    Silahkan selesaikan Dengan Kekeluargaan dan Kasih Sayang…!!! Kecuali Jika Antum Menghendaki Kaum Yahudi Memperkeras Tepuk Tangannya…!!

    Kaum Yahudi Sangat Senang Kalo Menyaksikan Sesama Umat Islam Bermusuhan apalagi kalo terjadi Kontakl Senjata..!~! Bereka Bilang: “PROGRAM KITA SUKSES WUUYY”.

    Ayo Kita Sama2 Untuk Mempercepat Target FUTUH DINUL ISLAM FII INDONESIA, Jangan Biarkan Kaum Yahudi Memfutuhkan Ideologinya di Bumi Alloh Ini.

    http://beritamuslim.wordpress.com/2009/12/24/mana-buktinya/#more-766

    Terima kasih…

  69. Subhanalloh…..

    Jazakumullohu Khoiron Katsiro…..

    Amal Baik Sekecil Aapapun Pasti Akan Ada Balasannya

    DAN

    Amal Buruk Sekecil Apapun Pasti Ada Balasnnya….

  70. bener juga kata para bijak…kalau masing2 gelas sudah “terisi” penuh, mana bisa diisi lagi dengan air….yaaa tumpah membasahi sekelilingnya lahhhh…
    mohon maaf dan terimakasih. salam

  71. assalamu’alaykum wr,wb
    Bismilahirrohmannirrohim,Mas setyo purwanto,kita pahami saja pembela sunah dan ulil albab bahwa dia diliputi oleh Allah dan kita difahami liputan Allah,sebagai pengajaran dari Allah untuk kita,mas.tentutnya apa yg saya katakan fahamkan ?Allah memberi kita pelajaran dari siapa saja,yuk sama-sama kita Iqra,lihat dada kita saat kita menerima kritikan sempit atau luas,Insyaallah smoga hati kita dapat diluaskan oleh Allah,

    mari kita bukakan jiwa kita yg selebar lebarnya,insyaallah,Allah akan memperlihatkan kita dengan jelas tanpa hijab,mana yang benar dan mana yang salah,

    sesungguhnya jiwa ini bersih tapi jika ia sudah merasa paling hebat maka akan berubah menjadi kotor. obat kita hanya satu tunduk patuh tidak punya kehendak, yang berkendak hanya allah.hamba hanya mengikuti.seorang hamba itu bisanya apa?dihujat ya takdir Allah tapi ilmu kita bertambah Mas,kitakan menjalankan takdir,tdk tahu takdir kita dimana sampai kita innalillahi,dan menghadaplah jiwa kita dengan tenang kepada yg menggenggam alam semesta ini

    jadi biarkan siapaun berkomentar kita tinggal amati lalu kita Iqra

    Ya Allah tunjukan aku jalan yang lurus bukan jalan yang engkau murkai

    Mas setyo purwanto,terimakasih
    smoga Allah merahmati kita smua

    Hendri lesman

    Jamaah shalat Center Jakarta

  72. bersyukur saya dapat menjumpai blog ini. banyak ilmu yang saya dapat. walau sudah jadi ibu anak 7, payahnya mau khusuk dalam solat..Betul ke seperti suami saya kata, dalam islam ada syariaat, tarekat,makrifat dan hakikat. klau kita tidak tahu semuanya itu jangan cakap kita sudah islam semuanya. katanya lagi, tuhan tengok dalamannya bukan zahirnya, bagaimana ya. . ilmu saya sekeluarga ilmu orang awam, jadi tolong diberitahu. terima kasih.

  73. saya mahu anda komen atau ajari saya mengenai kenyataan ini, tuhan lebih tengok yang dalam dari yang luar. Klau kita tahu syariaat semata-mata, jangan kata kita telah cukup islamnya. saya orang bodoh, ajarkan saya.

    • terimakasih Puan Mawar terimakasih atas kunjungannya dan komen nya, sebenarnya ALlah tidak hanya menengok kedalam sahaja, namun juga keluar… artinya Alllah melihat syariat dan hakikat makrifat dalam kita menjalankan ibadah. sehingga kita dalam sholat misalnya jelas siapa yang kita tuju (Allah) dan bagaimana caranya (syariat), syariat tanpa makrifat tidak akan diterima allah karena termasuk syirik, makriat tanpa syariat berarti mengingkari rasulullah sebagai utusan Allah…..demikian Puan mawar semoga bermanfaat. amin

      • assalamu alaikum..sahabat muslim puan mawar dan mas pur..
        Puan mawar..sungguh betul apa yang dikatekan mas pur bahwa Kita harus Bersyariat dan berhakekat /marifat barulah dikatekan kita beragama Islam..

        Namun mungkin yang menjadi pertanyaan adalah ketika membahas pasal hakekat dan marifat. Sebab ternyata bahasa ini walaupun sama namun pemahamannya berbeda beda berdasarkan lebih dominan keyakinannya masing masing individu. misalnya hakekat marifat bagi orang syariat sangat berbeda pemahamannya dengan orang yang hakekat marifat nya lebih dominan. sehingga hal inilah yang menyebabkan pecahnya umat Muhammad menjadi 73 golongan..
        Sehingga bagi kami bahwa berhakekat dan bermarifat itu sungguh suatu Rahmat dari Allah swt. Allah akan memberikan hidayah kepada siapa saja yang Ia kehendaki. dan ini sangat penting sebab Allah tidak akan sembarangan mengangkat seseorang menjadi wali Allah. Jangan dikira menjadi Wali Allah itu gampang.. Dia adalah orang 2 pilihan Allah.dan Allah akan menunjuki kepada siapa saja yang Dia kehendaki dan tidak ada yang bisa menolong jika Allah menyesatkan seseorang . Na’udzubillah.
        Hanya yang kami yakini Bahwa Allah akan menunjuki orang yang berusaha menempuh jalanNya yaitu yang dituntunkan oleh Rasulullah Muhammad saw baik melalui syariat, tarekat, hakekat dan marifat. ( yang dibimbing oleh Ahli DZikir).

        terima kasih.

  74. hari gini masih ngomongin Gus Dur. Mendingan kita doai in dia…smoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa atas pemikirannya yg nyelenah serta menghujat Islam dan Al Quran selama ini. Semoga di masa yg akan datang tidak lahir gus dur – gus dur baru yg akan membikin panas telinga dunia islam.

    • hari gini masih mengungkit ungkit kebaikan Gus Dur….. Semga beliau dalam rahmatNya…. yaa Allah kabulkan doa kemi kepada sesepuh kami Gus Dur

  75. ustaz, jiran saya NorAlina Md Yusof dikesan ada kanser usus tahap 4. Dia baru sadar 3 hari yg lepas dan saya baru tau malam ini. Sy cukup sedih, skrg dia ada di hospital. Ustaz apakah amalan spritual yg boleh sy ushakan selain dari ziarah, berdoa dan hadiahkan fatihah utknya. Mungkin juga suaminya boleh diberitahu tentang ini. Saya kasihan pada anak kecilnya dan dia masih muda lg.

    • doa dengan keyakinan bahwa Allah menyembuhkan insya Allah , Allah akan pilihkan yang terbaik.

  76. Wong Pembela Sunah kok ngamuk2.. pakai niru ucapan Baginda Nabi saw.lagi..bukankan ucapan Baginda Nabi untuk mengingatkan para sahabat dan bukti kecintaan beliau kpd umatnya supaya tidak jatuh ke dalam dosa… lha ini ngaku Pembela Sunah mencaci maki orang sak enak udele dewe….saya jadi ragu sunah mana yang dia bela…. tenang mas Pur.. kedamaian takkan muncul bagi para pencaci..kita doakan semoga Pembela Sunah mampu meredam emosinya..

  77. Duh ga enak liat komen yg pedas.
    Jujur saya blm pernah ikut platihn shalat khusyu, tp pernah ikut thariqah, blajar tasawf meski tahap dasar, sulit rasanya n nda sampai2.
    Ketika menemukan abu sangkn di metro tv n d milis, alhmdlh terasa shalat itu nikmat, semoga allah trs menambh karunia ini.
    Saya tdk tau jika ada yg salah dgn ajarn shalt khusyu. Ini bukn membela tp ini yg saya rasakan.
    Menrt saya lebh baik kita coba dulu baru koment. Itu baru adil. Klo ga cocok ya udah.

  78. wajar saja..ada yang mencak2 Mas. sabaar… soalnya tahunya dari tulisan doang.. bagi yang belum paham pasti.. kontra.. tapi menurut saya caranya ngga bisa begitu..dicerna dulu, memang sih belajar kalo membawa ego sendiri, yakin deh ngga akan bisa , kalo belajar ilmu baru itu harus kondisi nol.. sepanjang bawa egonya.. sampai elekpun ngga akan ketemu.
    yaa kalo ditembakan keatas.. siapa juga yang marah.. siapa juga yang membukakan ilmu dari tulisan ust.abu sangkan..mudahan ini jadi perenungan kita.

  79. sesungguhnya semua yang menyangkut kebenaran bahwa seseorang suci, benar dan sebagainya..tidak ada ukuran yang tepat, hanya Gusti Allah yang tahu “maka semuanya wallahualam”..tuhan bersemayam diqalbu setiap insan, makna rohani yang sebenarnya ada dalam hatimu, baik dan buruk, benar atau salah, hatimu yang menjawabnya…keyakinan tidak dinilai secara lisan atau tulisan yang mengakui bahwa dirinya benar..tapi apakah hakikat hati dan jiwamu itu suci..maka bersihkan hati dan jiwamu, yang keliru bukan diaibkan dan diperangi dengan perkataan yang memojokan tapi ingatkan dengan cara sebagai seorang muslimin..marilah saudara dan saudariku kita bercermin pada hati dan nurani kita….”maaf saya bukan menggurui, hanya berpendapat, Tidak mungkin saya mengajarkan burung untuk terbang” wasalam.

  80. ada yang berpendapat bahwa apa yang diajarkan oleh ustadz abu sangkan adalah ajaran yang menyimpang dan mengada-ada dalam agama, ini kutipan website tsb. “…Di Mana Perbuatan Abu Sangkan
    Yang Katanya Mengada – ada Dalam Agama?

    1) Membuat ajaran pelatihan sholat khsyu’ amalan ini tidak pernah diamalkan oleh para ulama’, tidak pernah diamalkan oleh para imam ahlussunnah, tidak pernah diamalkan oleh tabi’ut tabi’in, tabi’in, para shohabat maupun Rosululloh Shallallahu ‘Alaihi Wasallam sehingga ajaran pelatihan sholat khusyu’ ini benar – benar baru yang diada –adakan oleh Abu Sangkan dari Indonesia. Ajaran ini tidak kita dapatkan di Negara – negara lain.

    2) Cara – cara sholat khusyu’ yang disampaikan oleh Abu Sangkan adalah cara – cara baru yang tidak ada di dalam kitab – kitab kaum muslimin sehingga ajaran sholat khusyu’ ala Abu Sangkan ini betul – betul versi Abu Sangkan. Abu Sangkan sendiri telah mengatakan dalam DVD-nya bahwa sholat khusyu’ yang dia ciptakan itu adalah produk baru versi Abu Sangkan. Dia berkata: “Sholat khusyu’ menurut paradigma kami” dia juga berkata: “Sholat khusyu’ menurut teori kami”.

    Ajaran baru versi Abu Sangkan ini bisa kita baca di dalam buku – buku dia baik di dalam buku Pelatihan Sholat Khusyu’ ataupun di dalam buku Berguru Kepada Alloh. Hampir semua cara sholat yang dijelaskan oleh Abu Sangkan adalah cara baru atau tepatnya disebut Muhdats……”
    “….Abu Sangkan Penganut Sinkretisme

    Hal ini sangat jelas dari perbuatan dia yang telah menciptakan sholat khusyu’ dengan caranya sendiri dengan cara memadukan ajaran agama lain ke agama Islam yaitu ajaran agama Hindu Budha dijadikan kaifiyah, sifat atau cara sholat yakni ajaran meditasi atau semedi atau bertapa yang merupakan ajaran pokoknya orang Hindu Budha.

    Sinkretisme adalah pembenaran dan pemaduan semua agama. Ajaran Abu Sangkan ini sarat dengan faham sinkretisme atau pluralisme….”

    Mohon pendapatnya pak? karena terus terang saya sangat tertarik dengan apa yang diajarkan oleh ust.abu mengenai shalat khusyu… tapi setelah membaca web tsb saya jadi bingung.

    wassalam

    • beruntung sekali bu fitri bingung sehingga kita bisa berdiskusi mengengai ajaran pak abu.. saran saya Bu fitri banyak belajar dulu tentang ajaran ust Abu setelah mantab kemudian membaca kritikan yang kurang berdasar dari mermeka yang merasa tersaingi oleh Ust Abu..

  81. ass wrwb…………..mas wanto blogna oke laris manis ,dikit komen ah kale aja salah………….klo mnrt logika saya seh yg terpenting perbaiki dulu hub hablumminannasnya,untuk mencapai hablumminnalallah……hehehe betul gak y….. ..tolong masukan mas..wassalam

  82. husu, tanyakan pada Quran jangan dipikirkan, jawabannya albaqoroh 45 di terangkan oleh albaqoroh 46, jika tidak mengerti, terlalu

  83. terima kasih pa ustad, secara acara saya menikmatinya, dan banyak pengetahuan, teruskan….tapi masalah husu (albaqoroh 45) dijawab husu ialah….(albakoroh 46)

  84. Ass Wr Wb
    Sebagai seorang hamba Allah terkadang saya bertanya, apakah dengan kekuasanNya Allah tidak mampu menjadikan semua umat manusia di dunia ini untuk memeluk agama Islam? Tentunya tidak, karena sebagai manusia kita diberi akal dan pikiran yang membedakan kita dari mahkluk lainnya. Sehingga Allah swt menurunkan ayat yang pertama kali yaitu Iqra… Agar manusia mau menggunakan akal dan pikiran di dalam bertindak khususnya dalam menjalankan ibadah kepada Allah swt. Maka ambillah manfaat agar kita menjadi manusia yang lebih baik lagi dari hari2 sebelumnya.
    Berkaitan dengan ajaran sholat khusyu ustad Abu Sangkan, tidak ada salahnya dicoba. Yang penting tidak melanggar kaidah, gerakan maupun doanyapun sesuai dengan tata cara sholat…. Menurut saya, ustad Abu mengajarkan salah satu cara untuk kita bisa lebih berkonsentrasi dalam menjalankan sholat dengan tidak merubah tata cara sholat….

    Wassalam
    Yuni Januar

  85. Ass Wr Wb,
    Setelah saya komentar2 yang ada di blog ini, saya yakin bahwa orang2 yang berkomentar tersebut adalah orang yang mengerti dan sangat paham dengan agama Islam. Cuma, kita perlu hati2 bahwa jangan sampai pengetahuan yang kita miliki itu terjebak pada hal2 yang bersifat “riya”
    Semoga niat baik kita semua disini dalam kaitannya dengan dakwah dan syiar agama islam diterima oleh Allah swt…. Amien…

    Wassalam
    Yuni Januar

  86. saya adalah orang yang dangkal dalam bidang agama, ketika saya termotivasi dengan kehadiran pengajaran shalat khusuk abu sangkan….tapi kok para ustad2 kita pada berdebat….bingung ni mana yang benar…kayaknya benar kata2 aak gym orang yang dangkal adalah orang yang banyak bicaranya (maksudnya bukan pada tempatnya) mbok ya diselesaikan secara kekeluargaan datangi abu sangkan ajak berdiskusi…..sesama islam aja kok berdebat…..

    • ndak berani pak mereka, pernah pak abu ngajak tabayun ayo bersama sama, tapi mereka menolak… tidak akan ada kompromi bagi orang yang sudah sesat… wah repot jadinya pak, berani nya di belakang , ……

  87. Assalamualaikum wwb,…Abu sangkan bukanlah sosok ustad yang pantas di teladani, coba saja anda simak acara live di metro tv kamis sore tg 26 agustus 2010, ketika itu seorang ibu yang hadir menanyakan tentang bacaan doa qunut yang dipanjangkan, lalu apa komentar abu…? Sungguh diluar dugaan , tadinya saya sangat menaruh hormat pada ustad ini tapi sore itu Allah menunjukkan kepada saya siapa sebenarnya manusia yg satu ini, tadinya saya berharap muncul jawaban yang arif dan menyejukkan mengenai hal ini(mengingat bacaan doa qunut pada shalat shubuh termasuk masalah kilafiyah)… rupanya abu sangkan menjawab dengan nada kebencian… kepada mereka yang melaksanakan shalat subuh dg doa qunut…!bahkan secara terselubung dan halus, abu menyatakan para pembaca qunut sebagai tindakan bidah dan mereka masuk neraka…!!! Sungguh saya tidak mengerti manusia yang kalian agung2kan ternyata seorang yang picik dan tidak menghargai perbedaan dalam memahami sunnah dan firman Allah SWT…Tidakkah kalian ingat bahwa perbedaan dalam Islam itu merupakan rahmat Allah…? Mengapa masih ada saja kelompok yang menganggap dirinya paling benar dan dia sendiri yang akan masuk surga…?Sekali lagi melalui surat terbuka ini saya ingin mengingatkan…Wahau manusia, janganlah kalian mudah tertipu dengan penampakan lahir dari seorang manusia meskipun ia mendeklarasikan dirinya sebagai seorang tuahan…selipkanlah dalam setiap doamu untuk minta kepada Allah agar dijauhkan dari tipu daya dan perangkap syaitan…janganlah lupa untuk selalu memohon ampun kepadaNya …Niscaya Allah akan membimbing dan menunjukimu…membukakan bebarapa rahasiaNya yang mungkinn banyak manusia tidak akan pernah tahu…
    Wassalamualaikum wwb.

    • waalaikum salam, ya menurut saya bapak tidak perlu melihat metro tv lagi… nanti ndak sakit hati, hehe…..kita disini belajar pak, orang belajar ya ada salahnya dan banyak yang di dapat tentang nilai nilai sholat dan kekhusyuan. chanel nya dipindah saja pak, dan biarkan kami tetap belajar dengan Ust Abu…. karena kami benar benar merasakan keajaiban sholat dalam hidup kami…. salam

  88. askum, bagi kami yg cuma tau pelajaran sholat dr buku tuntunan n bacaan lengkap solat n wkt sekulah ,n skarang disibukkan dg kwajiban mengurus kelg dg 3 anak kami sangat menghargai pelajaran sholat khusu’ di metro,teramat sangat membantu saya sehingga saya bisa merasakan deket dg SANG KHOLIQ merasakan betapa kuecilnya saya bak debu digurun wkt sholat malam,hal yg tak pernah terBAYANG bisa kucapai…pada malam Romadlon yang saya YAQIN tx ust abu,aku berharap kita punya kesempatan btemu muka dan lebih dalam ngorol na, salam jg buat anda dr tmn2 ‘spt saya’ yang lum tau n g faham mslh tarekat atau mursyid2 (maaf),kami hanya mengaku islam dan yaqin pahala dan dosa itu urusanNya,
    smg Yang Maha Memberi Maaf mau memaafkan kesalahan saya,sholawat untuk Ahmad Rosululloh n salam sejahtera bwt semua muslim

  89. Bismillahirrohmanirrohim. Saya seorang awam yg sedang belajar menggapai ridho Allah dgn tetap berpijak pd sunnah Rasul sholallahu ‘alaihi wassalam. Saya udah baca blog ini beserta komen2nya, cuma mau menambahkan :

    # Allah itu di atas arsy,bukan di tempat lain… soalnya td sy baca ad yg nulis Allah itu di hati (kalo sy bacanya kurang teliti hrp dikoreksi)

    # soal makrifah yang saya tau Allah sudah mengajarkan kita cara utk makrifah padaNya,
    yaitu dgn memperhatikan ayat2nya,
    baik Al-qur’an maupun apa saja yg terdapat di alam semesta ini dan memikirkannya (bertafakur) baik dalam keadaan duduk berdiri atau berbaring. setau saya itu yg diajarkan Rasul sholallahu ‘alaihi wassalam, bukan dgn membuat cara2 sendiri (bahasa kasarnya bid’ah).
    lha mengamalkan ayat itu setiap saat saja kt blm tentu sanggup.

    wallahu’alam bishowab.cm sekedar share,sy jg blm tentu lbih baik dr antum2 semua. maaf kalau ada yg tdk sopan.

    “sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi dan pergantian malam dan siang terdapat tanda2 (kebesaran Allah) bagi orang yg berakal (yaitu) orang2 yang MENGINGAT Allah sambil berdiri,duduk atau berbaring, dan mereka MEMIKIRKAN ttg penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) “ya Robb kami,tidaklah Engkau menciptakan semua ini dgn sia2, Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka.” (qs Ali ‘imron 190-191)

    • iya pak…. berarti kita sedikit beda ya… tak apa lahhhh yang penting kita sama2 belajar allah

  90. pak abu sangkan hanya membawa produk yg mau boleh mencoba dulu kalau cocok boleh diterusin kalau gak cocok ya cari yang lain yang belum mencoba gak boleh kasih penilaian….buat mas pur kok kayanya gak mau di kritik berarti tidak pasrah dong

  91. saya sendiri kurang faham kan mas pur yg lebih ahli,maksud sy kita menyerahkn smua kepada ALLAH klo ada orang yg bda pendapt dg kita,memberi masukan meskipn dg cr yg menurut kita salah ya gak usah di spam,itu terksan anda itu takut klo pendpt mereka lebih diterima pembaca ketimbang pendapat anda klo memang anda benar kenapa mesti takut,klo anda spam org yg beda pendapat karna anda anggap mereka salah itu mlah lebih salah lg karna anda merasa org yg plg benar sedangkn kebenaran yg sejati hanyalah milik ALLAH sebelumnya mohon maaf(terus berjuang tanpa harus takut,perjuangan kita tdk ada apa2nya dibanding perjuangan nabi yg hrs mendpt hinaan,cacian,makian bahkn hrus mempertaruhkn nyawa)

    • masalah spam pak , karena tulisannya tidak sekedar berpendapat namun sudah berkata yang tidak sopan dan tidak baik maka langsung saya spam. kalau beda pendapat itu bagi saya hal yang biasa termasuk kita bicara pada level kesadaran pasti berbeda di tiap levelnya. tapi kalau sudah menulis dengan kalimat yang kurang sopan… syar’i saja tidak memenuhi apalagi sopan…. maka langsung saya spam tujuannya adalah agar blog saya ini berisi tentang hal hal yang baik meski satu sama lain tidak sama dalam berpendapat. dan semua pendapat saya pun adalah pendapat pribadi masukan masukan lain sangat saya perlukan.

  92. MAU SHOLAT AJA KO’ REPOT?HEHEHEHEHEHE……………
    MAU SHOLAT KHUSYUK AJA HARUS IKUT SEMINAR, MENDING UANGNYA BUAT SEDEKAH FAKIR MISKIN!!
    NGAJARI SHOLAT PA MEDITASI “Heningkan pikiran Anda……dst, Biarka tubuh meluruh……dst,Kemudian rasakan getaran qalbu…..dst…..dst.
    KALO GT MA ORG BUDHA LEBIH JAGO DARI PADA ABU SANGKAN!!!

    • banyak lah belajar tidak ada salahnya, apalgi belajar sholat….. kalau mau sedekah ya sedekah saja tidak perlu membandingkan bandingkan dengan yang lain, uang adalah sarana , sarana untuk mencapai keberhasilan belajar. kalau mau tidak mau berkorban sebagian harta ya pastinya kita tidak akan mendapatkan sesuatu dengan maksimal.

  93. kalau sedekahkan g ada satu ulama pun yang menyelisihi bahwa hal itu mendatangkan pahala. Tapi kalo ikut seminar hanya buat praktek sholat jangan2 bukanya dapet pahala malah sesat gara2 praktekin sholat ala sufi??/pa lg kalo dah nyampek tingkat makrifat terus menyatu dengan Allah terus bilang Allah da dimana2 wah gawat bisa2 kufur.

    • ya sudah pak…. ndak usah ikut…pelatihan Ust Abu Sangkan…yang penting sholat bisa khusyu

  94. Kalau Ustadz berceramah, maunya gratisan mulu, jika ada yang keberatan untuk mengikuti ceramah yah…kan gak dipaksa, masalah mau bersedeqah atau tidak itu sebaiknya hanya dirimu dan Allah saja yang tau, so..gak usah ngebandingi dengan ceramah dan keterkaitannya. Sebaiknya marilah kita jangan saling menghujat, bukankah pembelajaran Shalat itu adalah sesuatu hal yang penting dan bermanfaat? jika anda sudah menganggap mampu mendirikan shalat kan Pak Ustadz Abu Sangkan tidak pernah merayu atau memaksa anda harus mengikuti seminar,atau semacam pembelajaran atau apapun istilahnya di dalam pemantapan Shalat. Jadi mulai sekarang marilah kita jangan saling menuding, semoga bermanfaat dan menjadikan kita sekalian menjadi Muslim sejati dan selama Dunia wal akhirat.
    Wassalamu’alaikum Warahmatullahiwabarakatuh.

  95. saya yg awan ini sdh tertarik dan mau belajar cara sholat yg khusuk…. ehhh kalian yg sepertinya sdh pd melek agama ini malah pd saling caci maki gak karuan….sudah ah mendingan ke CHESS ON LINE lg aja ….ketahuan perangnya di papan catur tp penuh persahabatan! …

  96. As ww. Allah swt tidak butuh semua ibadah kita, Dia yang menciptakan langit, bumi dan semesta alam serta isinya, kitalah yang membutuhkan Nya, manusia tempatnya salah dan khilaf, walaupun kita sudah dibekali Al Qur’an dan hadist sekalipun, sebagai sesama umat muslim kita sebaiknya bisa selalu saling mendoakan, kalaupun kita tidak berkenan utk saling mendo’akan, janganlah kita saling menghujat, dan saling menyakiti, marilah kita pelihara lisan kita agar kita selamat didunia dan akhirat.
    Bacalah…..sepertinya kalimat bacalah tidak diberikan batasan oleh Allah swt, gunakanlah akal dan fikiran serta hati nurani kita, karena itulah yang membuat kita berbeda dari mahluk lain yang juga ciptaan Nya. Maha benar Allah dengan segala firman-firman Nya, bahwa pengetahuan agama yang kita miliki saat ini, jangan sampai menggiring kepada ria’, mari kita tanyakan kepada hati kecil kita, kita fikirkan kembali, apakah cara2 kita dlm menanggapi pendapat saudara2 muslim kita sudah tepat dan benar, baik isi dan caranya, mari kita simak dan baca lagi ungkapan2 yang sempat terlontar dari fikiran kita, semoga kita termasuk golongan orang-orang yang dicintai Nya. Was WrWb.

  97. Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabaraktuh .
    Janganlah mencari perbedaan carilah persamaan untuk bersama-sama tunduk sujud memuji kepada Allah.
    BUAT YANG MENCELA TATA CARA SHALAT ABU SANGKAN SAYA HENDAK MEMBERI SATU PERTANYAAN ” SUDAHKAH ANDA MENEMUKAN NIKMAT DIDALAM SHALAT??? KLO BLOM MUNGKIN ANDA DAPAT MENCOBA CARA YANG DILAKUKAN OLEH ABU SANGKAN.
    WASSALAM

  98. pak itu sufimuda atau sapi muda karena orang sufi salah langkah justru malah jadi dungu berarti yang mengaku sufi muda itu adalah sufi dungu terima kasih wasalam

  99. assalamu’alaikum w.w.
    saya pengen juga belajar dari pak Abu Sangkan tentang cara shalat khusyu terus terang saya sangat sulit untuk bisa shalat yang khusyu, kepada saudara ku yang sudah dapat melaksanakan dengan khusyu tolong jangan lupa doakan saya ya smga dapat merasakan nikmatnya shalat khusyu

  100. Assalam…mohon maaf, numpang lewat mas-mas / bapak-bapak semua. Saya suka baca dan mendengarkan kajian-kajian yang berhubungan dengan ma’rifat dan tasawuf. Tolong saya diberitahu guru tasawuf yang bisa saya nimba ilmu kapadanya. Alamat saya ada di Gresik, Duduksampeyan, Jawa timur. tolong saya dikasih info guru tasawuf yang dekat dengan Gresik.

  101. aSsalammu’alaikum warahmah. .
    Allohuakbar mski diri hanya insan kecil namun jk diriku membaca pengarahan2 dr ustad2 hatiku senag krn insan dimuka bumi baik.Andaikan insan dibumi ini baik semuanya.Insya alloh kita smua insan bhagia didunia maupun diakhirat kelak.
    Kebahagiaan bkn berasal dr materi tp insya alloh kebahagiaan berasal dr hati kita masing2.
    Tdk ada iri,dengki dan sombong.
    Ustad….kita semua saudara & kembali pd alloh serta bertemu brsm Nabi Muhammad kelak??? Amin allohumma amin…
    AISAH SEBATAS INSAN KECIL DIBUMI…ALLAHUAKBAR

  102. assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh.

    saudara-saudaraku muslim sekalian.
    sesama muslim semua bersaudara. adalah diwajibkan untuk saling ingat mengingatkan dalam hal kebaikan. diatas , sufimuda adalah memberi sedikit komentar, tapi bagi saya adalah mengingatkan. dan menambah sedikit pengalaman perjalanan ibadahnya kepada kita, tanpa mengurangi rasa hormatnya pada abu sangkan. terbukti dalam tulisnnya terakhirnya dia meminta maaf atas komentarnya. sebenarnya kita sama-sama belajar. sama-sama dalam satu bahtera. sama-sama tujuan. janganlah kita mencaci atau menghukum orang yang mengingatkan kita. apalagi kita berdebat saampai akhirnya akan menghancurkan ISLAM kita. kepada moderator saya mohon bila memberi jawaban yang halus sedikit, minta maaf jangan terlalu fanatik. bersikap adil. sebab saudara-saudara muslim kita ini statusnya masih sama sama belajar. akhir sekali renungkanlah komentar SUFIMUDA. apabila ada salah adalah diri pribadi sufimuda semata. dan apabila nampak kebenaran adalah datangnya dari ALLOH. karena ILAHI ANTA MAQSUDI WA RIDLOKA MATLUBI.

  103. Assalamu Alaikum

    Sebagai umat Islam yang sejati, Sholat itu adalah wajib hukumnya. mengenai khusuk tidaknya itu hanyalah sebuah imprepertasi dan pandangan,pendapat, juga penafsiran dari kalangan ahli. Termasuk pandangan dari Abu Sangkang..
    Mengenai hakekat dari pada sholat itu sendiri memiliki arti yaitu Mengingat. Jadi inti dari pada sholat itu yakni (mengingat) Allah. Sedangkan untuk mengingat Allah pastinya dibutuhkan pengenalan terlebih dahulu, dan untuk mengenal Allah terlebih dahulu kita harus mengenal diri kita sendiri. Logikanya begini : jika anda berangkat dari rumah anda menuju tempat kerja, apakah setelah anda berada ditempat kerja, anda dapat mengingat jalan pulang kerumah anda dan mengingat rumah anda ? jika tidak, berarti anda hanya bisa menyebutnya tapi tdk bisa mengingatnya.(beda menyebut dan mengingat). jadi pertayaan besar buat ustad Abu Sangkang bagaimana anda bisa mengatakan kalau sholat anda itu sdh khusuk sedangkan untuk khusuk dibutuhkan pengenalan terlebih dahulu ?. Jika anda merasa sdh mengenal tuhan, maka anda pun dapat menyebutkan ciri-cirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>