dalam terminologi jawa semedi adalah menghadirkan hati tunduk patuh dihadapan Allah SWT, setelah kita tadarus tarweh atau mungkin tahajud dan wirid, maka ada baiknya kalau mengambil waktu sekitar 30an menit untuk diam menundukkan hati kita di depan Allah.
ketika kita diam maka otak kita akan akan berada pada gelombang yang lebih rendah dan akan dapat menangkap daya daya alam (yang diturunkan Allah) yang berupak kekuatan iman dan kekuatan takwa… jika sudah mampu menangkap kemudian simpanlah dalam jiwa kita dan sebarkan ke Alam semesta lagi..
akhir akhir ramadhan memang memiliki kekuatan yang sangat besar yaitu yang berupa rahmat dan hidayah allah … malam lailatul qodar adalah suatu motivasi agar kita dapat menangkap rahmat dari allah yang luar biasa tadi.
untuk itu jadikan waktu menjelang berakhirnya ramadhan ini untuk meditasi semedi ( ini hanya istilah dan anda tidak akan menemukannya dalam quran, tapi maksud dan makna istilah ini akan anda temukan dalam quran) bersimpuh di depan allah memohon rahmat da karunianya… semoga kita digolongkan yang mendapatkannya amin