sependapat dengan paman stephen hawking

Stephen Hawking

VIVAnews – Teori fisikawan terkemuka, Stephen Hawking, bahwa Tuhan tidak ada sangkut pautnya dengan penciptaan alam semesta telah mengundang reaksi keras dari kaum rohaniwan di Inggris. Menurut mereka, teori Hawking itu tidak bisa diterima sebagai kebenaran apalagi sampai mengusik keimanan orang lain.

Kepala Gereja Kristen Anglikan, Rowan Williams, tidak bisa menerima argumen Hawking bahwa alam semesta bisa tercipta tanpa campur tangan Tuhan. Menurut Williams, manusia sejak dahulu percaya bahwa Tuhan menciptakan semesta.

saya sependapat dengan paman hawking bahwa alam tercipta dengan sendirinya…. namun sependapat saya agak berbeda sedikit. jadi begini. alam ini adalah wujud dari Allah yang meliputi segala sesuatu, yang menggerakkan sesuatu, dan sesuatu itu hakikatnya tidak ada yang ada hanyalah Allah.jadi Alam semesta ini hakikatnya tidak yang ada adalah Allah…nah wajar saja kalau allah ada dengan sendirinya dan sekehendaknya…..

paman hawking benar bahwa alam ini ada dengan sendirinya cuma karena paman hawking tidak beriman maka dia berhenti kepada alam, sedangkan kita beriman maka hakikat alam adalah wujud dari Allah, karena tidak ada yang ada ini kecuali wujud Allah.

link berita

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

17 thoughts on “sependapat dengan paman stephen hawking

  1. salam,,

    sememangnya alam ini berasal dari allah dan diliputi allah,,

    walaupun hakikatnya alam ini berasal dari allah,, tetapi bukanlah allah,, kerana allah tetap allah,, dan alam tetap alam,, tidak allah menjadi alam dan tidak alam menjadi allah,,

    alam ini tidak terbentuk dengan sendirinya kerana alam ini diciptakan oleh allah,,

    alam ini bukan allah, tapi pada masa yang sama tidak lain daripada allah,, inilah kebingungan yang perlu dilepasi sebelum seseorang sampai kepada allah,,

    allah hu a’lam

    • salam, pada level kesadaran tidak ada yang lain semua adalah Allah… kalau kita masih dalam kesadaran memisahkan antara makhluk dan khalik maka tulisan saya akan membingungkan namun jika kita masuk alam hakikat yang lebih dalam maka semua ini adalah Allah sang maha mutlak tidak ada makhluk dan tidak khalik yang ada adalah ALLAH SWT

      • Wah.. bener2 pak Setiyo, terima kasih.. paragraph anda yang pendek itu cukup menghadirkan satu rasa di dada saya, walaupun baru membuka sedikit kesadaran orang yang mungkin agak bebal seperti saya.. sudah lama saya mencari dan sampai sekarang terus mencari, namun rasanya belum ketemu juga.. banyak sekali pertanyaan2 dan kebingungan2 yang saya belum temukan jawabannya.. terlalu sulit dan terlalu banyak mungkin untuk dituliskan.. saya telusuri dari mulai puisi2 cinta dan Fihi ma Fihi nya Jalaludin Rumi, Al Hikam nya Ibnu Athoillah Asyukandari, Ajaran dan jalan kematian nya Syekh Siti Jenar, dan masih sampai sekarang.. belakangan saya menemukan kehadiran sosok yang rasanya berbeda, ustadz Abu Sangkan.. beberapa pertanyaan dan kebingungan saya mulai terjawab melalui paparan dan penjelasan beliau.. meskipun saya baru ketemu langsung dengan beliau 2 minggu terakhir ini di sesi pelatihan di shalatcenter. rasanya pengen banyak nanya tapi saya merasa sungkan (gak pede) dengan beliau disamping beliau juga kelihatan super sibuk.. mungkin nanti saya mau sharing2 dan nanya2 ke pak Setiyo aja ya dan sekalian saya add Skype-nya ya pak.. terima kasih sebelumnya.. Wassalam..

  2. Assalamualaikum ALAM wujud ALLAH menurut sy ALAM bukti adanya ALLAH,bukan berarti ALLAH=ALAM, ALAM itu mahluk sedangkan ALLAH adalah KHOLIQ memang ALLAH meliputi segala sesuatu,segala sesuatu diliputi ALLAH bukan berarti segala sesuatu itu ALLAH,klo ALLAH=ALAM ketika ALLAH menghukum manusia berarti ALLAH menghukm dirinya sendiri kan manusia=alam mikro cosmos,mungkin pendapt anda tidak salah tp klo di tulis dan dibaca sembrang org menurut saya kurang bijaksana karena tidak semua org belajar hakikat dan tidak semua orang memiliki pengalaman spiritual seprti anda,klo dibaca orang awam sprti saya malah bikin bingung,jadi mohon tulis artikel yg ringan2 saja yg bs dikonsumsi smua orang sbelumnya mohon maaf terima kasih Wassalamualaikum

    • saya sependapat dengan paman hawking karena saya bicara pada level kesadaran yang ada hanyalah Allah. makhluk tidak khalik pun tidak ada yang adalah allah… Allah sang maha mutlak. saya harapkan semua pengunjung blog saya bijaksana dalam membacanya, dan lebih dewasa. tulisan saya adalah hasil pencerahan saya, dan itu sangat pribadi. sabiknya jika bingung di PASS saja , atau diskusikan dengan saya terlebih dahulu tapi jika tidak ada titip temu dan masih membuat bingung ya di pass saja. saya berharap masalah hakikat ini bisa dipahami oleh semua lapisan masyarakat, karena tidak mesti mereka yang tidak awam artinya ahli agama bisa paham dengan masalah hakikat, tapi banyak yang awam yang begitu sederhana dalam berpikir lebih mudah dalam memahami tulisan saya. jadi tidak mesti yang awam tidak paham. demikian pak. namun saya ucapkan terimakasih kepada Pak Muhlisin atas himbauannya. salam

  3. Assalamu alaikum wr.wb, saya sependapat dengan mas Setiyo, jadi menurut penjabaran saya (maaf kalau salah):
    1. Alam semesta ini cuma debu di hadapan Allah
    2. Allah menciptakan hukum penciptaan alam, jadi Allah menggerakan alam ini sesuai dengan hukum alam itu sendiri, tanpa sengaja menganehkan/melawan hukum alam, bergerak sesuai hukum alam. bencana2 menurut saya itu karena disebabkan hukum alam yang diciptakan Allah, namun Allah tetap mewajarkan terjadinya bencana, walaupun orang tak berdosa kena korban. Allah membiarkan dunia ini bergerak sesuai hukum alam yang pertama kali diciptakan Allah, kalau sudah bergerak, ya bergeraklah… Allah mengizinkan gerakan2 alam sesuai hukum alam.

    3. jadi alam ini tercipta karena gerakan-gerakan alam sesuai hukum alam yang diciptakan olehNya, semua gerakan alam Insya Allah atas izinNya.

    4. Allah hanya memberikan sesuatu pemberian langsung, hanya kepada Nabi Muhammad SAW.

    5. Contoh: Kita bisa membuat website atau blog, tentu kita lah yang membuatnya karena gerakan2 alam yang diizinkanNya. Kalau misalnya kita biarkan saja Allah yang membuat weblog, kita diam, kenyataan bahwa weblog tidak muncul. Selalu ada usaha.

    Kebetulan saya sedang sangat mencari tentang hakekat kehidupan di dunia ini, tentang kebenaran2 otentik menurut Allah.

  4. salam,,

    Di makam fana tiada yang lain hanya Allah, inilah makam orang yang mabuk ia tidak memandang yang lain hanya Allah, sedangkan dirinya sendiripun telah tiada,, telah binasa.

    Pada makam inilah perkara yang tidak baik belaku kepada beberapa sufi agung seperti mansur al hallaj dan yang lain-lain (maaf bukan menghina).

    makam ini jugalah yang disampai oleh beberapa agama lain,,

    tetapi kita sebagai pengikut Rasullulah mestilah mengikut jejak beliau,, yang apabila telah fana mestilah meneruskan perjalanan ke makam baqa,,
    iaitu makam para nabi dan wali-wali,,

    yang mana hamba (insan kamil) dan allah umpama gula dan manisnya, yang tidak dapat dipisahkan lagi (kamil mukamil).

    hanya pada makam baqa keselamatan di dunia dan akhirat diperolehi,, sedangkan pada makam fana makrifatnya masih tidak sempurna lagi.

    oleh itu,, walaupun alam ini hakikatnya tidak ada,, tetapi dari segi wujudnya ia tetap ada, kerana wujudanya bersandarkan kepada wujud Haq.

  5. tinggi banget, aku sih simpel aja. wong Gusti Allah sendiri dah bilang dalam banyak sekali ayat bahwa Dia-lah yg MENCIPTAKAN langit dan bumi (dalam enam masa). Kalau Dia aja “bilang” begitu, masa kita bilang enggak? Jadi apa pun hasil pemikiran, kesadaran atau apa pun itu, tetap harus kita cocokkan dengan firman Allah. Kalau menyelisih, sesungguhnya Allah Maha Benar

  6. Wihdatul Wujud, faham yang dianut Setiyo Purwanto, S. Psi, Psikolog, MSi , telah dikupas tuntas di kitab-kitab para ulama berabad lampau. Ibnu Taimiyah rahimahullah menyatakan bahwa faham ini adalah sampah kekafiran. Jumlah tuhan penganut faham sesat ini banyak sekali, tak terhitung. Mereka lebih sesat daripada Yahudi dan Nashrani yang hanya memiliki dua atau tiga tuhan. Na’udzubillahi min dzalik!

  7. Islam rusak disebabkan orang sejenis anda yang lancang bicara soal agama tanpa ilmu, cuma pakai perasaan. Tampaknya anda tergolong da’i yang berada di pintu neraka, yang memperdaya manusia ke jurang kesesatan. Subhanallah, Rasulullah telah memberitakan perkara ini dalam haditsnya.

    • ya komen lagi…. kok temanya sama .. nuduh orang lain dan merasa diri paling masuk surga… kasian kita kita deh… masuk neraka semua.. he he

  8. Aku tidak terima, agamaku yang mulia kamu coreng dengan segala omong kotormu. Menurut hukum Islam, kamu dibunuh dg cara dipenggal sebagaimana Hallaj, nabimu dan nabi kaum sesat Wihdatul Wujud. Tak sedikit pun kamu malu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *