sesat dan tidak sesat terletak di lilahi taala

dikatakan sesat jika apa yang dilakukan tidak karena Allah. setiap dari kita dibekali dengan sistem keyakinan atau kepercayaan, sistem ini menjadi fitrah dalam diri kita, kita tidak bisa untuk tidak mempercayai sessuatu. ada 3 jenis

1. percaya kepada Allah (sistem keyakinan yang benar)

2. Percaya kepada selain Allah (sistem keyakinan yang salah / sesat)

3. mengingkari kepercayaan (sistem keyakinan yang ingkar, atheis /sesat)

dikatakan kita tidak sesat jika keyakina  kita kepada Allah, tidak kepada yang lain, termasuk kepada ciptannya, misalnya kita yakin kepada Alam semesta (tidak percaya Allah, tapi ciptaannya).

kepercayaan kepada Allah bersifat Mutlak tidak bisa di nego apalagi di samarkan dengan tujuan, manfaat atau yang lainnya. misalnya dengan meyakini bahwa Allah adalah alam semesta …. penggambaran ini untuk mempermudah mengenal Allah… tetap ini adalah sesat karena Allah bukanlah alam semesta , innanii anallah …. laa ilaha ila ana fa budnii…. Aku adalah Allah tidak ada Tuhan selain aku.

sesat dan tidak sesat adalah jelas, bahkan sangat jelas, yang tidak ke Allah berarti sesat. kita sholat saja untuk mencari pahala bisa sesat, kita puasa untuk memenuhi kewajiban kalau tidak hati hati bisa sesat. maka ada niat dimana niat ini selalu diakhiri dengan lilahi taala , niat ini untuk membentengi setiap perbuatan kita agar tidak sesat.

kita diberikan pahala surga agar kita menjalankan perintah itu bukan terus kita berniat dalam ibadah kita untuk mencari surga … Allah menciptakaan hukum hukum fiqh agar kita menjalankan sesuai yang dicontohkan Nabi bukan kita menjalankan ibadah karena diwajibkan secara fiqh.. hal hal yang demikian jika tidak hati hati bisa sesat.

jadi agar apa yang kita lakukan dalam hidup ini tidak sesat maka kuncinya adalah lillahi taala… karena Allah taala.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “sesat dan tidak sesat terletak di lilahi taala

  1. wah ngeri ya mas. ternyata hanya sedikit ya mas yang semua lurus ke alloh. kadang tanpa sadar kita tersesat oleh ciptaanNya.misal saya sakit ingat obat dulu baru allah itu juga. bila saya amati diri ini sering lupa ( lalai/tercover/ kafir)makanya mas ilhamnya turun jarang jarang. karena ibarat lampu banyak matinya dari pada nyalanya.nyalanya cuma saat sholat dan saat tertentu gak terus terusan ya mas.Ya Allah seneng deh bila lampu jiwa nyala terus kepadaMU, sayangnya Lampu jiwaku banyak nyala kepada CiptaanMU ayatMU.ya itulahmas bisa nyala itu hidayah.tanpa Maunya ya gak bisa nyala mas.kita udah sering ya mas ungkapkan dalam sholat kita bahwa sholatku ibadahku hidupku matiku milik Allah/krono Allah/Untuk Allah,akan tetapi aplikasinya masih belum total seperti janji kita dalam sholat ya mas.Makanya saya tidak mau kalau ngaji ada baiat. Tapi kalau di baiat untuk 2 kalimat sahadat aku ikhas.namun jangan nama kiai di tambahkan.Saya hanya mau janji patuh sama Allah dan Rosullulah Muhammad SAW. siapapun kalau mengajak saya patuh sama alloh dan rosulnya insya alloh saya nurut.Makin menenal allah makin mengenal rosullullah makin seneng ya mas menteladani serta mematuhiNYa.ternyata ikuti sunah rosul itu yang ada rasa dan keadaanya, ya melakukan atau meniru sifat rosullulah,di situ otomatis mulai menjalan mauNya,dan Mejahui laranganNYa.

  2. Lillahi Ta’ala dengan panduan yang tepat,, Yakni hanya sesuai dengan apa yang dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam,… Karena tidak bisa mengaku kenal dan beriman kepada Allah Subhanahu Wata’ala namun mengingkari cara-cara yang dicontohkan oleh Rasulullah 🙂

    Salam semangat selalu

  3. saya setuju bgt mas joe, harus sesuai dengan apa yang di contohkan Rasullullah SAW dan ditulis dalam Al Qur’an. tinggal tugas kita bersama bila ada saudara muslim yang tidak mengikuti sunah rosul wajib di tegur ya mas namun tidak untuk di salahkan kecuali yang ngeyel ya mas, mungkin perlu di sikat ya mas giginya. Mari kita maklumi ya mas bila ada beda pendapat. Sama dengan kita bapak kiainya banyak tetapi banyak yang kita tidak pas wejangannya padahal semua wejangannya ya dari al Hadist dan Al Qur’an, tetapi kita ada yang paling cocok. namun jangan di benci ya mas bila kiai atau ustad saya beda dengan ustadatau kiai njenengan. Justru dengan kita berbagi ilmu dan pemahaman ilmu kita makin banyak. misal ni mas ilmu saya a dan b sedangkan ilmu panjenengan c, d, e sampe m misalnya,dengan berbagi ilmu dengan membuka diri sama saya, wah saya untung banyak mas ilmu saya jadi a sampe m, walau saya bisa dikit2, karena njenegan berbagi dengan saya yg ilmunya dikit ya maaf bila tambah dikit, tetapi tetap dapat rahmat juga. saya ngerasakan mas bila saya menyalahkan orla rasanya gak enak di hati, makanya saya seneng ada saudaraku yang melengkapi pemahaman saya, terima kasih ya rabku terima kasih mas.

  4. saya
    setuju bgt mas joe, harus sesuai dengan apa yang di contohkan
    Rasullullah SAW dan ditulis dalam Al Qur’an. tinggal tugas kita bersama
    bila ada saudara muslim yang tidak mengikuti sunah rosul wajib di tegur
    ya mas namun tidak untuk di salahkan kecuali yang ngeyel ya mas,
    mungkin perlu di sikat ya mas giginya. Mari kita maklumi ya mas bila
    ada beda pendapat. Sama dengan kita bapak kiainya banyak tetapi banyak
    yang kita tidak pas wejangannya padahal semua wejangannya ya dari al
    Hadist dan Al Qur’an, tetapi kita ada yang paling cocok. namun jangan
    di benci ya mas bila kiai atau ustad saya beda dengan ustadatau kiai
    njenengan. Justru dengan kita berbagi ilmu dan pemahaman ilmu kita
    makin banyak. misal ni mas ilmu saya a dan b sedangkan ilmu panjenengan
    c, d, e sampe m misalnya,dengan berbagi ilmu dengan membuka diri sama
    saya, wah saya untung banyak mas ilmu saya jadi a sampe m, walau saya
    bisa dikit2, karena njenegan berbagi dengan saya yg ilmunya dikit ya
    maaf bila tambah dikit, tetapi tetap dapat rahmat juga. saya ngerasakan
    mas bila saya menyalahkan orla rasanya gak enak di hati, makanya saya
    seneng ada saudaraku yang melengkapi pemahaman saya, terima kasih ya
    rabku terima kasih mas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *