shalat untuk menghadapi permasalahan hidup

shalat adalah kunci surga, orang yang sukses masuk surga berarti juga hidup di dunianya sukses. berarti juga bahwa shalat merupakan kunci sukses hidup di dunia. bagaimana menggunakan shalat agar dapat dijadikan kunci suskes dunia artinya juga sukses menyelesaikan masalah masalah dunia. Untuk menjadikan shalat sebagai kunci kita harus tahu caranya dan harus menggunakannya. sama saja dengan namanya kunci berarti kita harus tahu bagaimana menggunakan kunci tersebut dan menggunakannya untuk membuka.

baik sekarang akan saya jelaskan bagaimana menggunakannya. Shalat adalah rangkaian bagaimana kita menghadapi hidup. Kalau kita pahami betul bahwa shalat dalam setiap bacaan dan gerakan mengandung berbagai arti dan makna. Maka untuk bisa menggunakan kunci tersebut kita harus paham benar bacaan dan gerakan shalat, dari mulai takbir hingga salam. saya misalkan takbir, takbir adalah mengakbarkan Allah. Akbarnya Allah ini bila kita masuki benar maka akan ter internasilisasi dalam diri kita dan akan menjadi bagian dari sistem kepribadian kita. orang yang dalam dirinya ada akbarnya Allah maka dia akan berani menghadapi semua masalah hidup. tidak takut dan tidak cemas. Apanya yang ditakutkan kalau masih ada Allah yang maha akbar yang ada dalam dirinya. Dalam menghadapi masalah hidup dia akan selalu bersama Allah selalu berlindung kepada Allah dan Allahpun selalu menolong. bagaiama hidup kita tidak sukses kalau hanya takbir saja sudah banyak manfaat yang kita dapatkan dari Shalat, terlebih jika kita memaknai dan menginternalisasi bacaan iftitah, fatihah dan lainnya pasti kita akan sukses luar biasa.

sekarang cara menggunakan kunci sukses dengan shalat. Shalat wajib ada lima waktu. Gunakan shalat subuh untuk menghadapi masalah hidup dari subuh sampai zuhur. Gunakan shalat zuhur untuk menghadapi hidup dari waktu zuhur sampai ashar. ini mengapa penting nya kita shalat di awal waktu, agar aktivasi jiwa menghadapi masalah hidup lebih di awal waktu juga. cara menggunakan yang lain adalah. misalnya shalat ada sujud maka hadapi  semua masalah ini dengan bersujud kepada Allah, tidak mengeluh, tidak menollak apalagi protest , hadapi masalah dengan berserah kepada Allah seperti dalam keadaan sujud. dari ini kita mendapatkan pemahaman bahwa latihan pasrah itu bukan pada saat kita menghadapi masalah tapi pada saat kita shalat terutama sujud. kalau menghadapi masalah sudah bukan latihan lagi tapi sudah praktik.

baik ini sekedar pengingat saja banyak sekali hikma shalat untuk sukses hidup di dunia,

kunci dari segala kunci dalam hal ini yaitu dzikir, karena kita diperintah Allah untuk mendirikan shalat untuk berdzikir, maka untuk menyambungkan shalat ke shalat berikutinya adalah dengan selalu berdzikir dan cara yng pas adalah dengan dzikir nafas. ketika berdzikir nafas maka kita tidak akan pernah terputus dari dzikir sebab nafas kita juga tidak pernah berhenti kecuali nanti kalau kita sudah mati.

baik secara ringkas :kunci hidup adalah shalat kunci shalat adalah dzikir dan untuk berdzikir agar tidak putus dengan dzikir  nafas. selamat menjalankan amanah Allah dengan segenap aktivas semoga sukses bahagia dunia dan akhirat amin

One thought on “shalat untuk menghadapi permasalahan hidup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *