Shalawat apa nyanyi?

shalawat apa nyanyi ? mungkin anda tidak tahu bedanya, ya benar, karena niat anda berdakwah dengan shalawat yang di nyanyikan sehingga tidak tahu bedanya. Bedanya begini, shalawat adalah mendoakan Rasulullah jadi bagaimana mungkin anda mendoakan sambil bernyanyi, apalagi yang di doakan adalah rasulullah. Doa untuk sendiri saja rasanya nggak tega kalau sambil nyanyi atau berdendang. Nah beda dengan nyanyi dengan syair syairnya shalawat, jelas itu bukan mendoakan rasulullah, tapi memang untuk menghibur misalnya untuk kondangan, tasyakuran, misalnya lagi untuk hiburan di sela sela pangajian.

TidakĀ  bisa dicampurkan antara mendoakan dengan bernyanyi, tidak bisa di samakan antara spiritual dengan seni, masing masing akan berjalan sendiri Spiritual ya spiritual , kalau seni ya seni. mendoakan Rasulallah adalah spiritual, tapi kalau bernyanyi meski syairnya shalawat adalah seni. Kalau spiritual memang untuk tujuan ke Allah sedangkan seni tujuannya untuk menghibur.

saya perjelas antara bershalawat dengan menyanyikan shalawat karena jangan sampai campur aduk tidak karu karuan, nanti ibadah jadi rancu, ibadah bercampur seni itu jelas tidak bisa. Karena wilayah seni itu di rasa sedangkan wilayah spiritual di jiwa. Kalau seni maka senang, menangis, terharu dengan nyanyian shalawat, tersentuh secara emosi dengan nyanyian shalawat. Sedangkan spiritual maka dengan bershalawat secara kejiwaan , jiwa kita tersambung dengan rasulullah menuju kepada Allah. Dan ini lain karena wilayah ini adalah wilayah jiwa. Kalau wilayah rasa maka jiwa tidak akan kemana mana. Jiwa tidak tersambung ke Allah, meski emosi termehek mehek, atau merasa senang atau perasaan terhibur.

Anda yang masih bernyanyi dengan syair shalawat lanjutkan saja karena tidak dosa (mudah mudahan) , dari pada anda menyanyikan lagu lagu dengan syair yang tidak baik atau tidak etis. tapi sekali lagi bahwa nyanyi shalawat ini tidak akan membawa anda ke Allah atau lebih mencintai rasulullah. karena tujuan anda adalah memang bernyanyi. jangan bernyanyi dikatakan berspiritual.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.