Share Bagi Yang Sedang Berjalan Menuju Tuhan bagian – 2

Apabila engkau merasakan kesulitan dengan perjalanan ruhani, puasa ini membantu anda untuk membuka kesulitan perjalanan ruhani anda. Karena saat puasa hawa nafsu agak sedikit mudah dikendalikan. Hawa nafsu anda sedang melemah akibat tidak diberi kesempatan untuk aktif. Rasakan ketika nafsumu melemah, apa yang harus anda lakukan ??. Diamlah ….Ruhmu akan berjalan mendesir dengan cepat menuju Tuhanmu !!

Sekarang anda paham mengapa kita harus berpuasa….itulah jalan ruhani….engkau diajarkan langsung oleh Allah…agar engkau mampu menemukan dirimu sehingga engkau mampu berada disisi Yang Maha Agung dengan sebenarnya. Bagi yang tidak paham, kata Nabi ia hanya berkutat dalam kelaparan dan kehausan yang dirasakan jasmaninya…..biarkan saja, jangan ikut-ikutan merasakan keluhan mereka yang tidak paham.

Lakukanlah…. menjadilah…. beradalah…. hilangkan rasa keberadaan badanmu… karena itu sumber nafsumu….lepaskan segera…karena ia begitu kuat berapologize…. Jangan hiraukan segala alasan, Terbanglahdengan cepat…. ibarat balon udara yang terlepas dari ikatan …. ibarat sebuah benang terangkat dari sebuah adonan tepung…. ibarat seorang waliyullah yang terpesona dengan wajah Allah…..yang jiwanya tidak terikat oleh nafsunya…. ia mati raganya…. ia mati nafsunya…. ia sadar bahwa dirinya yang sebenarnya bukan badannya …. ia adalah makhluk ruhani …. yang tidak pernah makan dan tidur, ia tidak memerlukan materi untuk mendapat kebahagiaan…ia adalah ruh yang bukan berbahan dasar dari tanah….ia adalah cahaya ilahy yang akan berbahagia jika mampu melepaskan hawa nafsu tubuhnya.

Berpuasalah….berarti engkau akan melepaskan kesadaran badanmu yang tersusun dari ion-ion yang berasal dari tanah. Orang mengatakan menahan hawa nafsu….nafsu adalah dorongan tanah untuk kembali kepada tanah maka ia mencintai benda-benda yang terbuat dari unsur tanah…..

Puasa adalah melepaskan segala dorongan Al hawa’ tubuh anda…berarti anda harus mati ing sajeroning urip..yaitu mematikan dorongan nafsu anda. Sekarang!! …..maka engkau akan menemukan diri yang tidak mati !! Yang tetap hidup disisi Tuhan……itulah Para Pejalan menuju Tuhan..fi sabilillah….

Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalanAllah, (bahwa mereka itu ) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup tetapi kamu tidak menyadarinya.(Al Baqarah,154)

Wahai para pejalan yang tidak ada henti-hentinya engkau berupaya menuju Tuhan dengan bersungguh-sungguh, pastiengkau berhasil !!

Hai manusia, Sesungguhnya kamu Telah bekerja dengan sungguh-sungguh menuju Tuhanmu, Maka pasti kamu akan menemui-Nya ( QS. Al Insyiqaaq:6)

Sekarang engkau paham, siapa yang menghalangi jiwamu untuk menuju Tuhan…….tubuh inilah yang harus diredam agar engkau menemukan kembali jalan kepulanganmu……ya huuu Allah …ya huuAllah……..kembalilah dengan tenang….

Duduklah dengan tenang, biarkan tubuh anda meluruh…biarkan ruhani anda menguasai tubuh anda…perhatikan tubuh anda…setelah anda duduk beberapa lama, coba anda rasakan ….reaksi dari tubuh anda akan terasa mulai penat, mulai gelisah ingin menyelesaikan dan mempercepat keluar dari duduk anda menghadap Tuhan….biarkan saja…jangan engkau hiraukan, karena itu nafsu yang berasal dari dorongan tubuh anda…terkadang tubuh anda mulai meminta untuk tidur….pertahankan jangan sekali-kali anda menurutinya…sebab ruhani anda akan terkalahkan lagi….jika anda berhasil mengalahkan dorongan tubuh anda….anda termasuk golongan orang yang memahami jalan ruhani….

Pada awalnya memang berat, tetapi kali ini saja kesempatan anda untuk berpuasa dengan sebenarnya. Jangan terkalahkan oleh dorongan (chartexis) id anda, jangan harap anda mampu memahami puasa jika anda masih belum mampu duduk dalam kesadaran ruhani yang berjalan tanpa ikatan jasmaniah. Praktekkan pada siang hari, terutama ketika menjelang maghrib…..maka malamnya anda akan memahami tentang I’tikaf, membaca Al qur’an, shalat tarawaih dan qiyamullail. Ingat !! berpuasa bukan dimalam hari, tetapi disiang hari…….hasilnya akan terasa dimalam hari …..

Bersambung …….!!

Abu Sangkan.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “Share Bagi Yang Sedang Berjalan Menuju Tuhan bagian – 2

  1. Salam Ust. Setiyo. Selamat menjalani puasa Ramadhan Al Mubarak.Minta tolong Ust. jelaskan sedikit apa maksud ‘dorongan (chartexis) id’. Kak Nor berdoa dengan sangat agar Allah kurniakan kesedaran dan pencerahan rohani yang tinggi, faham akan puasa dan dapat benar-benar menjadi insan bertaqwa. Doakan ye Ust. supaya mampu terus berjalan menuju Allah dan berjaya mencapai matlamatnya .

    • salam Puan Nor, tentang chatexis merupakan teori dari psikoanalisa sigmund freud, cathexis adalah pelepasan dorongan atau memperturutkan dorongan yang barasal dari unsur biologis seperti lapar muncul dorangan makan, haus muncul dorongan minum, dan dorongan sex muncul libido seksual (syahwat). puasa adalah meninggalkan dorongan dorongan tadi menuju kepada dorongan spiritual yang dihasilkan dari Ruh. dorongan Ruh ini lah yang akan merupakan dorongan fitrah manusia (idul fitri kembali kepada RUh yang suci).
      insya ALLAH Kita sama sama berdoa Puan, smoga kita diberikan karunia sehingga kita bisa berada pada kesadaran Ruhaniah yaitu kesadaran fitrah.

  2. pak setyo,trnyata banyak perkumpulan untk mendekatkan diri kpda ALLAH kunciny 1 “ikhlas” tp sulit y,untuk benar2 ikhlas,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *