Sholat tarekatku

Masih sedikit orang yang menjadikan sholatnya sebagai jalan menuju makrifat kepada allah. kebanyakan lebih mengandalkan metode metode thoriqoh melalui jalur mursyid untuk mengenal allah. memang tidak salah namun kalau berpendapat tidak mungkin bisa makrifat tanpa mengikuti thoriqoh (tarekat), saya kira pendapat ini kurang benar.

thoriqoh berarti jalan, yaitu jalan untuk menuju kesempurnaan diri yaitu makrifat kepada allah. sebenarnya cukup dengan sholat kita dapat mengenal allah. cukup dengan sholat ruh kita dapat terbang menghadap yang kuasa, tanpa perantara, langsung ketika takbir Allahu Akbar maka tidak ada yang menghalangi lagi antara aku dan Allah. kuhadapkan wajahku kepada wajah yang menguasai langit dan bumi.

tulisan seperti ini pasti akan ditentang keras oleh mereka yang ikut organisasi tarekat yang kurang memahami untuk apa mereka bertarekat. seandainya mereka paham bahwa bertarekat pada dasarnya adalah jalan maka tidak ada penentangan sedikitpun, karena memang jalan menuju ilahi untuk bermakrifat dibentang luas.

sholat tarekat ku… mungkin ini yang lebih pas buat saya dan mungkin bagi sebagian kaum muslim … dan saya kira semua pun harus sepakat bahwa shalat adalah tarekat kita semua, sebab kita adalah muslim. seorang muslim wajib sholat tanpa kecuali. untuk apa kita takut jika makrifat tidak ada gurunya maka gurunya setan,….yah kalau kita tidak menganggap Allah sebagai guru memang gurunya setan. tapi kalau kita menganggap bahwa allah adalah guru kita maka syetan pun akan lari terbirit birit dan tidak akan mengganggu kita.

pandangan yang harus ada guru mursyid dalam mengenal allah adalah kesalahan pandangannya sendiri, jadi sudah percaya kepada guru mursyid melebihi percaya kepada allah dan rasulnya. apa ini tidak lebih parah…. (maaf ini mungkin agak terlalu kasar)

dalam tulisan ini saya pingin menegaskan bahwa Allah lah yang dapat menuntun kita, yang memberikan hidayah kepada kita, kalaupun kita minta tolong kepada guru mursyid kita maka hakikatnya adalah kita minta pertolongan kepada allah. jangan berhenti kepada guru mursyid.

2 thoughts on “Sholat tarekatku

  1. Hati-hati juga pak, karena syetan dan iblis juga bisa ngaku2 Allah …makanya ada yang bertarekat dengan mencari seorang guru spiritual (lebih2 kalau Allah mempertemukannya dengan seorang mursyid yang kamal mukamal)….tinggal nggandul aja dan pasti sampe….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *