si murid yang di gadang gadang

Murid yang satu ini memang spesial… di awal dia belajar selalu rajin bawa recorder…. hal ini menunjukkan bahwa dia memang benar benar pembelajar… bahkan pada saat itu dia menjadi murid paling di puja oleh gurunya, karena prestasinya yang luar biasa. Buku berhasil di tulis, jamaah berhasil dibina… dan seolah dia menjadi maha patih dari kerajaan di perguruan tersebut.

ungkapan ungkapan dalam tulisan dan ucapan mendapat banyak respon positif dari murid murid lainnya .. maka wajar saja jika dia dipercaya gurunya dari pada murid yang lain.

pokoknya luar biasa Deh…

dalam perkembangannya si murid yang luar biasa itu pun berkembang kemampuannya. Dia ingin sesuatu yang lebih … maka mengembaralah ia ke pelosok negeri bahkan sampai ke luar negeri … dan dia pun menemukan sosok guru lain … dan dia pun berguru…padahal sang guru sebelum nya yang menggadang gadang nya tidak kurang kurang dalam memberikan pelajaran. Bahkan hal yang paling esensipun guru sampaikan dengan harapan agar murid ini dapat menggantikan di kemudian hari.

Tapi diakui murid tersebut bahwa ilmu yang begitu esensi belum bisa dipahami sehingga dia mencari sesuatu yang bisa dipahami sesuai dengan dirinya. Sang gurupun sedikit kecewa dengan murid tersebut.ternyata dia yang digadang gadang belum “cukup umur” untuk memahami ilmu haikat makrifat yang sudah diberikannya. Tapi alhamdulillahnya sang murid dengan merendah mengakui bahwa memang “umurnya belum cukup” dan memang dia belum bisa memahami apa apa yang disampaikan guru tersebut.

akhirnya … murid yang digadang gadang tersebut ….berpegang teguh dengan apa yang dia yakini kebenaranya dengan meninggalkan perguruan lamanya dan berguru lagi dengan guru lain yang dianggapnya lebih baik dari guru sebelumnya.

dan ….pupuslah murid yang digadang gadang tersebut untuk bisa menggantikan sang guru….

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *