silahkan anda buka quran surat al kahfi ayat 17, maka anda akan terkejut ternyata yang dimaksud mursyid itu adalah Allah SWT bukan manusia. jadi kepada siapa kita memohon petunjuk dan tuntunan ternyata kepada Allah bukan kepada manusia. karena Allahlah yang memberikan petunjuk dan Allahlah yang menyesatkan.

tidak perlu berdebat panjang lebar, jalan ke Allah ini sangat simpel dan sederhana. Kalau ke Allah bisa dan disebutkan di quran berarti memang ke Allah bukan ke yang lain. Kalau anda ragu kepada Allah  ya bukan berarti lalu menggunakan jasa orang lain untuk mengantarkan anda ke Allah tapi kuatkan keyakinan anda luruskan jiwa anda ke Allah nanti pasti Allah akan memberikan petunjuknya.

fakta di surat al kahfi ayat 17 ini tentunya merubah paradigma anda dalam bertasawuf terlebih anda yang mengikuti tarekat. konsep berguru anda akan beralih dari berguru kepada manusia beralih ke berguru kepada Allah SWT.

mungkin anda juga sinis dengan saya ..mungkin… ah Pak setiyo ini sok tahu saja…. , okelah silahkan saja tapi yang pasti dasar saya adalah al quran bukan pendapat ulama yang salah, atau bukan pendapat salah dari kebanyakan orang.

jalan saya bahwa mursyid saya adalah Allah sudah saya buktikan dan dibuktikan teman teman di jamaah sadar Allah bahwa dengan lurus ke Allah maka Allah akan memberikan petunjuk kebaikan dan petunjuk itu sesuai sekali dengan apa yang rasulullah sampaikan dan ajarkan.