Yang menghilangkan bala’ bukan sedekah tapi Allah

Orang banyak terjebak dengan sedekah, dikiranya sedekahlah yang bisa menyelematkan manusia dari bala’, atau sedekahlah yang bisa mencegah bala’. Bisa apa sedekah itu, apakah sedekah itu penguasa alam semesta sehingga dengan seenaknya bisa berbuat menghilangkan bala’. Inilah kesesatan dalan berakidah. ternyata sedekah diyakini tidak hanya menghilangkan bala tapi juga katanya sedekah bisa mendatangkan rejeki, bisa mempercepat jodoh, dan bisa menyembuhkan penyakit. ya sedekah ini kan perbuatan kita mana mungkin sedekah bisa ini dan itu, mustahil. Terus kenapa kita begitu percayanya dengan sedekah bahwa sedekah mampu ini dan itu, sedekah dilakukan agar tujuan ini dan itu tadi bisa terwujud.

Sedekah bukanlah siapa siapa , sedekah tidak punya kekuatan apa apa maka dari itu jangan percaya dengan sedekah bahwa sedekah bisa ini dan itu.

pertanyaan anda pasti begini, lha terus kenapa banyak hujjah hujjah yang menyebutkan bahwa sedekah bisa ini dan itu….. ketika ada pertanyaan seperti ini sayapun juga bingung…. ini pemahaman dari mana ? meski hujjah itu datangnya dari seorang ustad tapi kan tidak logis masak sedekah  bisa menyembuhkan penyakit….

baiiklah saya akan ajak anda untuk lurus dalam berakidah lurus dalam beriman tidak menduakan Allah dengan apapun. jangan menyepelekan kalimat, karena salah membuat kalimat bisa membuat salah dalam berakidah. Seperti sedekah itu tadi misalnya kita membuat kalimat begini “sedekah itu membuat kaya” … kelihatannya kalimat ini bagus memotivasi sedekah tapi sebenarnya kalimat ini adalah membuat kesesatan tersendiri dalam pikiran karena otomatis pikiran kita mengarah bukan kepada Allah sang pemberi rejeki tapi pikiran kita akana tertuju kepada “sedekah sang pemberi rejeki”.

Sedekah itu harus ihlas artinya bukan karena ingin kaya atau ingin sembuh dari sakit, tapi sedekah itu harus diihlaskan karena Allah, perkara Allah kemudian melimpahkan rejeki setelah kita sedekah atau Allah menyembuhkan sakit setelah kita sedekah itu lain masalah. Jangan kemudian mengambul suatu kesimpulan bahwa Sedekahlah yang membuat kaya atau sedekahlah yang membuat sembuh.

Sedekahlah dengan ihlas karena Allah, itu kunci  untnuk membuka kemurahan Allah, jadi Allah lah yang akan memberi rejeki kita Allah lah yang menyembuhkan sakit kita.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 thoughts on “Yang menghilangkan bala’ bukan sedekah tapi Allah

  1. setuju pak… ini hanya menurut pemahaman saya…mungkin begini, bahwa dengan sedekah Allah akan memberikan rejeki, sehat dll… mungkin itu untuk memotivasi hambaNya agar mau bersedekah… ibarat orang tua menyuruh anaknya yang masih kecil dengan embel2 akan memberi hadiah kalau mau nurut degan orang tua… kadar keimanan seseorang memang bertingkat-tingkat….ada juga ayat Al Quran yang memotivasi kita untuk bersedekah yang diumpamakan dengan tiap sedekah satu butir akan menumbuhkan tujuh bulir dan tiap2 bulir akan tumbuh 10 butir atau bahkan lebih dari itu terserah Allah yang akan melipatgandakannya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *