siapa yang sadar

siapa yang sadar … apakah diri yang jasad atau menyadari ke Tuhanan yang maha lluas ?

dimanakah kita?

dimanakah makrifat?

makrifat adalah mengenal, mengenal esensi ke Tuhanan.

adakah mamnusia? adakah Tuhan

tidak bisa kedua duanya

yang ada adalah yang hakiki

yang mengatur, yang menghidupi…

sadarlah Dia yang menghidupi, meliputi dan menguasai…

(at sungai petani)

0 thoughts on “siapa yang sadar

  1. assalamualikum
    siapakah yang sadar…jadi inget tugas yang diberikan yang gak kelar-kelar….saya pernah denger riwayat ini mas, “man arofa nafsa faqod arofa robba” sebagian mengatakan ini adalah hadits dari Rosul saw, tapi sebagian lain mengingkarinya dan hanya menyatakan bahwa itu riwayat israiliyat, terlepas dari semua itu…makna ungkapan tersebut adalah, “barang siapa yang mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhan nya”. hubungan dengan tulisan mas setiyo siapa yang sadar, jadi teringat maknanya, bahwa barang siapa yang telah mengenal dirinya berarti dia telah sadar akan hakikat dirinya, tentang siapkah dia, tentang untuk apa dia diciptakan, tentang fitrah-fitrah apa saja yang diberikan bersamaan dengan penciptaan nya didunia ini. dia tahu dan mengenal yang mana bagian dirinya dan yang mana adalah tipuan fujur dan nafsunya atas hatinya. maka bila semua kesadaran majemuk itu bergabung menjadi satu kesadaran utuh maka Allah akan membawa dirinya untuk menemui Allah sendiri, Allah akan mengenalkan samudra luas ilmu ma’rifat Nya kepada diri hamba Nya yang Dia pilih untuk mendekat pada Nya. semoga Allah memilih kita bersama didalam mencapai keluasan samudera ilmuNya yang tanpa batas. wallahualam.

    • man arafa nafasahu (dst) bukan hadis mas , itu adalah semacam nasehat dari para ulama…

      • ehm, tampaknya begitu ya mas…pantasan aku cari di referensi hadist kok ya gak ada asal usulnya…ya tapi meski hanya perkataan ulama, tapi saya rasa makna kandungan nya luar biasa akan hebat bila kita mampu untuk mempraktekkannya mas.

  2. Maaf pak, lama ga mampir, langsung saja, saat ini saya hendak bercerai, karena jalan yg lain sudah tidak memungkinkan, oleh karenanya saya mohon artikel mengenai perceraian sebagai pencerahan, terima kasih sebelumnya ( coment saya nggak usah di tampilin ya pak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *