Sila Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai dasar Pendidikan Karakter

Ada satu harapan yang sangat mendalam, mengikuti tujuan Rasulullah diturunkan yaitu untuk memperbaiki akhlak. Ahlak adalah karakter yang terus dibangun terutama kepada siswa siswa dari play group hingga pendidikan tinggi. Dasar teorinya sederhana kenapa saya sangat tertarik dengan Sila pancasila yang pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha esa karena inilah inti dari kecerdasan spiritual. Jika kecerdasan spiritual ini terbangun maka secara otomatis kecerdasan dibawahnya yaitu kecerdasan emosi dan intelektual akan terbangun dan akan terupgrade dengan sendirinya.

Saya akan memulai laboratorium saya di sekolah dasar berbasis pondok pesantren yaitu di Ponpes baitul Musthofa. saya akan memulai dari para guru gurunya sabtu besuk. harapan saya dengan pelatihan kepada para guru ini nantinya akan lebih mudah tertransfer ke para murid. sebenarnya saya ingin menjadikan pendidikan muhammadiyah sebagai lab nya tapi saya khawatir kurang bisa diterima karena pendekatan saya yang murni spiritual tauhid.

saya mohon doanya dari para pembaca agar apa yang saya rintis ini nantinya menjadi siatu model pendidikan karakter berbasis sila pertama yaitu Ketuhanan Yang Maha Esa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *