Sombong

Sombong ini berakar dari EGO jika ego holang maka sombongpun akan hilang. Menghilangkan sombong kalau begitu cukup mudah yaitu dengan meniadakan ego dalam diri kita. Yang jadi masalah adalah bagaimana kita dengan mudah menghilangkan ego kita padahal ego ini muncul sejak kita balita sjeka kita usia 2 aatau 3 tahunan, ya cukup lama. Memerlukan perjuangan untuk dapat menghilangkan ego dan yang paling utama adalah niat dan kemauan yang kuat serta bimbingan tanpa bimbingan rasanya terlalu lama.

cara lain yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan sujud lama dengan penyerahan diri kepada Allah, sampai otak kita tidak berpikir lagi.

kalau kita menghilangkan dengan cara cara konvensional seperti

tidak memamerkan miliknya

bersikap merendah

tidak merasa pintar

tidak merasa paling benar…

wah ini cara konvensional yang bisa memakan waktu bertahun tahun dan kita akan dihadapkan kepada kegagalan kegagalan… berapa banyak orang yang mempraktekan ilmu tasawuf dengan berusaha untuk tidak sombong kemudian mengalami keputus asaan bahkan tidak sedikit yang malah stress.

sombong tidak dapat hilangkan dengan ego karena justru ego inilah menyebabkan kita sombong. contohnya ingin tidak sombong dengan berusaha tidak sombong…. sekarang siapa yang berusaha tidak sombong? yang berusaha tidak sombong adalah ego itu sendiri… sehingga semakin kita berusaha tidak sombong yang terjadi adalah kita semakin sombong. ini metode sederhana tapi jika salah dalam penerapannya dapat berakibat kegagalan dalam mengamalkannya.