spesies hantu di indonesia paling banyak

munculnya hantu adalah fenomena fikiran, yang sangat dipengaruhi oleh budaya setempat. seperti di indonesia spesies atau jenis hantu paling banyak dibandingkan negara negara lain. di Indonesia ini orang banyak berpikir mistik, berpikir klenik, dan sejak dulu hantu hantu dilestarikan untuk otoritas politik. kita lihat misalnya nyi roro kidul hantunya laut selatan, hantu ini di lestarikan biar raja yogya dan solo ditakuti oleh rakyatnya, jadi rakyat ditakut takuti oleh raja dengan hantu agar tidak berontak (kayak anak kecil yang ditakut takuti orang tuanya). kemdudian ada hantu pocong, genderuwo, peri, banas pati… untuk hantu produk akhir misalnya suster kesot, kolor ijo, dan lain lain.
kalau di negara lain hantu tidak banyak bahkan hantu dinegara negara maju hanya satu jumlahnya… seperti di eropa hantunya cuma dracula, china hantunya 1 yaitu vampir, mesir juga 1 yaitu mumi…. indonesia ini yang paling banyak… ada ratusan kalau mau di kumpulkan.
kemudian hantu hantu ini tidak mungkin piknik ke negara lain misalnya pocongan melancong ke eropa, atau ke china…. makanya di eropa tidak ada pocongan, di indonesia tidak ada drakula, di china yang ada cuma vampir lainnya tidak ada.
jadi kesimpulan saya hantu hantu adalah rekayasa pikiran manusia, alam bawah sadar manusia. ketika pikiran manusia berhayal tentang hantu kemudian itu akhirnya di hayati dan diresapi sehingga masuk alam bawah sadar menjadi suatu kenyataan bahwa hantu benar benar ada.. maka pikiran ini mempengaruhi alam sekitar sehingga menyebabkan apa yang diyakini ini akan wujud atau ada.
saya berpendapat kalau hantu adalah budaya, budaya yang menyesatkan dan kurang menguntungkan bagi kemajuan bangsa. ada ciri khusus hantu di indonesia yang berbeda dengan hantu di luar indonesia seperti eropa. hantu di indonesia sifatnya menakut nakuti…kalau di eropa hantunya menyeramkan karena diidentikan dengan menghisap darah.

5 thoughts on “spesies hantu di indonesia paling banyak

  1. Alhamdulillah..Terima kasih pak Ustaz. Pencerahan yang sangat bermanfaat. Di malaysia ini pun sama seperti di Indonesia, hantunya bermacam-macam. Ada pocong, langsuir, pelesit, hantu galah dan lain-lain. Kewujudan hantu ini dimanfaatkan oleh para dukun untuk mencari rejeki. hehehe.

    • semoga dengan sholat khusyu ini semua kesyirikan bisa hilang pak… semoga allah meridloi amin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *