spiritual jual konsep

jangan sampai berspiritual seperti belajar motivasi, belajar spiritual adalah belajar mempraktekan, tinggalkan saja guru guru spiritual yang terlalu banyak teori kehidupan. Belajar  spiritual itu harus praktek, bukan teori yang muluk-muluk sehingga menyulitkan orang mau belajar spiritual. Spiritual bukan jual konsep tapi jual “perjalanan” atau jual “laku” namanya laku spiritual. murid harus diajari bagaimana caranya, bukan; kalau tidak sampai disini kamu salah, kalau kamu tidak di maqom ini kamu salah…. menyalahkan tanpa memberikan cara sama saja membunuh orang untuk berspiritual.

dukun guru spiritual

tong kosong berbunyi nyaring

Spiritual jual konsep sekarang ini marak dimana mana, orang pada suka dengan uraian uraian bijak dari para ahli spiritual. dan diapun juga ikut ikutan sok bijak dalam artian dia tidak menjadi dirinya sendiri.orang berspiritual harus jujur dengan dirinya, menyampaikan sesuatu di luar kemampuannya sebenarnya memperlihatkan bahwa dirinya tidak paham dengan keadaan spiritual tersebut.

Spiritual juga bukan konsep gerakan berspiritual, orang berspiritual memang menjadikan pikirannya lebih kreatif tapi kadang kreatifitasnya tersebut tidak diiringi dengan kemampuan untuk menjalankannya. maka sebenarnya mengikuti spiritualis yang hanya jual konsep dan jual program bikin capek. lebih baik seorang belajar spiritual memfokuskan dirinya pada praktek atau laku, bukan ke teori. Otak kanan serorang spiritualis memang hidup sehingga ide nya mengalir seperti air, tapi dia tidak pernah berpikir kreatif bagaimana mengimplementasikan ide idenya tersebut dalam kehidupan. maka benar saja banyak spiritualis yang kehidupan dunianya tidak lebih sengsara dari pada orang yang tidak berspiritual. mereka jauh lebih miskin, mereka semaunya sendiri, memandang semua adalah renda sedangkan dia sendiri yang paling hebat dan paling bijak.

Carilah guru spiritual yang kehidupan duniawinya mapan, keluarganya bahagia, tetangga tetangga merasa senang dengan dia, dan terutama pembantu yang tinggal serumah dengan dia. testimoni positif tentang guru spiritual tersebut menandakan bahwa dirinya benar benar telah sukses hidup di dunia dan tentunya hidup berspiritual

jangan ikuti guru spiritual yang hidupnya ndak jelas, hidupnya sengsara, kalau bicara ngalor ngidul nggak karuan ujungnya, dan kalau menjelaskan malah membuat sesuatu jadi tidak jelas. bicaranya selalu yang ghoib ghoib seolah-olah menunjukkan bahwa dirinya ngerti dan orang lain tidak ngerti, pokoknya orangnya mbingungke…. guru spiritual yang seperti ini nantinya akan membuat hidup kita sengsara dan kita tidak akan menemukan jalan kehidupan yang membahagiakan.

semoga Tuhan memberkati dan menunjukkan jalan yang lurus kepada kita, amin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *