spiritual parenting intinya adalah tanggung jawab terhadap amanah

spiritual parenting bukan di kasih sayang orang tua, karena itu sudah pasti. Saya menekankan pada sikap tanggung jawab terhadap amanah. Amanah adalah suatu pemberian Allah SWT kepada kita. Amanah lebih pada tanggung jawab untuk merawat, mendidik dan menjadikan anak kita beriman. Tempatkan kasih sayang di nomor 2 setelah menjalankan amanah. Amanah akan membawa anak kepada sesuatu yang lebih baik, tapi jika kasih sayang akan membawa anak pada sisi emosional orang tua. banyak anak durhaka kepada orang tua karena  orang tua menngedapankan kasih sayang yang berlebihan kepada anak. kadang orang tua tidak menyangka sama sekali kenapa anak berani kepada orang tua.

namun jika orang tua membawa anak kepada kedekatannya kepada Allah maka anak kita akan menjad anak yang sholeh. anak kita menjadi anak kesayangan Allah SWT. Tidak kesuksesan orang tua dalam mendidik anak kecuali berhasil mendekatkan anak kepada Allah SWT.

banyak orang menilai keberhasilan orang tua dalam mendidik anak jika anak sudah selesai dari universiti, mendapatkan gelar pendidikan dan mendapatkan pekerjaan yang layak. bukan…. bukan itu, keberhasilan orang tua bukan seperti itu.

Yang namanya amanah, akan dimintai pertanggungjawaban di hadapan Allah SWT kelak di akhirat. jika anak kita jauh dari Allah maka kita akan ditanya kenapa ? dan jika itu kesalahan kita karena kurang amanah maka Allah akan menghukum kita sesuai dengan pengingkaran tanggung jawab terhadap anak. inilah ngerinya kita jika kita tidak bertanggung jawab terhadap anak.

Sungguh ada banyak hikmah jika saudaraku sesama orang tua mendasarkan pendidikannya karena menjalankan amanah dari Allah. terasa mendidik anak itu bukan beban, rejeki lancar, anak anak menjadi baik dengan sendirinya tanpa kita beritahu macam macam.

masalah spiritual parenting ada pada amanah. bagaimana kita menginginkan anak kita menjadi baik hatinya menjadi mulia padahal sebenarnya hati dan akhlak anak kita terletak pada ijin Allah SWT. sekuat apaun kita mendidik anak kita untuk menjadi baik namun kita melupakan Allah maka bisa dipastikan anak tersebut akan menjadi anak yang tidak bermanfaat bagi orang tua.

menjalankan amanah tidak hanya masalah keberhasilan anak menjadi sholeh, namun lebih dari itu melaksanakan apa yang di amanahkan Allah akan memberikan pahala yang lluar biasa kepada kita, sehingga orang tua bisa menjadi wali yang memiliki karomah bagi anaknya. bahkan ridho Allah sangat tergantung dari ridho orang tua.

saudaraku sesama orang tua, marilah kita rubah niat kita dalam mendidik anak, luruskan hati kita untuk merawat anak kita bukan karena kasih sayang tapi karena menjalankan amanah dari Allah dengan rela dan ihlas. dengan nniat yang lurus ini maka Allah akan mempermudah kita dalam merawat anak. kita akan dipermudah mendidik anak kita sehingga anak bisa menjadi mutiara yang menyegarkan mata bagi orang tuanya aminn ……

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *