banyak orang yang mengikuti aliran aliran spiritual, tapi mereka menghindari aturan aturan seperti yang berlaku dalam agama… maka mereka mengambil langkah belajar yoga tidak masuk agama budha, belajar tasawuf tidak masuk agama islam, ….. mereka mempelajari seluruh kearifan agama tapi menghindari masuk dalam isntitusi agama tersebut… artinya menghindari aturan aturan yang ada…. moral dianggapnya sebagai hati nurani bukan aturan yang WAJIB dilakukan.

ketika terjadi kasus asusila dalam pelaksanaan spiritual maka itu dianggapnya sebagai jalan cara meningkatkan level spiritual. atau merasa bahwa itu bukan asusila. mandi bersama laki perempuan dianggapnya sebagai ritual, bahkan berhubungan sex dianggapnya sebagai jalan bertuhan…. itu wajar saja karena mereka menganggap bahwa itu bukan asusila itu adalah ritual…

orang banyak mencari kedamaian melalui agama tapi menghindari agama itu sendiri yang melarangnya ini dan itu. menjalankan hidup dengan penuh kebebasan namun tetap bahagia… sebuah prinsip¬† yang banyak dianut orang sekarang ini , terutama orang orang barat yang haus akan nilai spiritual.

bagaimana jadinya dunia ini jika semua orang berspiritual namun menghindari aturan sedangkan bumi saja berputar ada aturannnya, menanam padi di sawah ada aturannya, orang bekerja ada aturannya dan semua ada aturannya. kedamaian sejati akhirnya tidak akan tercapai jika tidak aturan.

agama diturunkan untuk mengatur hidup manusia. ada spiritual dan ada aturan yang jelas yaitu syariat.. sehingga hidup sejati dapat terpenuhi