spiritual tanpa agama = spiritual tanpa aturan

banyak orang yang mengikuti aliran aliran spiritual, tapi mereka menghindari aturan aturan seperti yang berlaku dalam agama… maka mereka mengambil langkah belajar yoga tidak masuk agama budha, belajar tasawuf tidak masuk agama islam, ….. mereka mempelajari seluruh kearifan agama tapi menghindari masuk dalam isntitusi agama tersebut… artinya menghindari aturan aturan yang ada…. moral dianggapnya sebagai hati nurani bukan aturan yang WAJIB dilakukan.

ketika terjadi kasus asusila dalam pelaksanaan spiritual maka itu dianggapnya sebagai jalan cara meningkatkan level spiritual. atau merasa bahwa itu bukan asusila. mandi bersama laki perempuan dianggapnya sebagai ritual, bahkan berhubungan sex dianggapnya sebagai jalan bertuhan…. itu wajar saja karena mereka menganggap bahwa itu bukan asusila itu adalah ritual…

orang banyak mencari kedamaian melalui agama tapi menghindari agama itu sendiri yang melarangnya ini dan itu. menjalankan hidup dengan penuh kebebasan namun tetap bahagia… sebuah prinsipĀ  yang banyak dianut orang sekarang ini , terutama orang orang barat yang haus akan nilai spiritual.

bagaimana jadinya dunia ini jika semua orang berspiritual namun menghindari aturan sedangkan bumi saja berputar ada aturannnya, menanam padi di sawah ada aturannya, orang bekerja ada aturannya dan semua ada aturannya. kedamaian sejati akhirnya tidak akan tercapai jika tidak aturan.

agama diturunkan untuk mengatur hidup manusia. ada spiritual dan ada aturan yang jelas yaitu syariat.. sehingga hidup sejati dapat terpenuhi

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “spiritual tanpa agama = spiritual tanpa aturan

  1. Yg begitu2 memang dari dulu sampai sekarang akan tetap ada sbg penyeimbang alam semesta. Kita tinggal melihat dan mengamini sbg titah Gusti Alloh. Dia tdk akan mengganggu asal kita tdk memaksakan kebenaran & keyakinan kita kpdnya..

  2. Hari gini percaya sama paranormal internetan ya jelas dikibuli lha,
    Untuk saudara saudariku,hati-hati dalam memilih guru dan hati-hati dalam memilih ilmu,apalagi ilmu itu sudah diperjual belikan,aampunnn pasti semelekete,pengalaman pribadi,saya sudah melalang pulau jawa untuk mencari ilmu,dengar ada orang pinter saya datang ada orang hebat saya datang,dari timur sampai barat tanah jawa,hasilnya tidak memuaskan,malah uang habis tanpa sebab,akhir nya saya bersandar pada sang halik,dan akhirnya saya di kasih pentunjuk untuk datang kedua orang untuk menimba ilmu,yang satu di jatim yang seorang lagi di jabar,dan hasil nya luar biasa,nggak usah pakai mas kawan mas kawin,nggak usah pakai mahar mahir,ketika ketemu dengan beliau hati langsung adem,bukan iklan cuma saya nggak mau anda anda salah memilih seperti saya dulu,untuk yang di jatim,(KIJANUR). untuk yang di jabar,(KISABRANG). kalau anda ada masalah atau anda ingin punya ilmu apapun,beliau beliau pasti membantu dengan senang,gratis tis tis tis.ya cuma toleran untuk beli rokok aja,tapi anda harus tlp dulu untuk bikin janji,karena beliau selalu rame sibuk dengan pasien pasien nya.

  3. ‘komentar yg tdk ada hubungannya dgn materi yg di sampaikan mas pur’
    kalau ada memang ilmu yg hebat’ ada nggak ya ilmu yg bisa melawan ketuan dan melawan sakaratul maut’ nauzubillah min zalik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *