stop membaca al quran tanpa memahami

anda berlangganan koran berbahasa inggris misalnya koran the post, baik kalau anda membaca sedangkan anda tidak paham isinya tidak tahu artinya ketika saya tanya apa berita hari ini kira kira jawaban anda apa? apakah anda bisa menjawab, mungkin anda akan menjawab demikian “maaf pak setiyo, meski saya tidak mengerti tapi saya hafal dari headline sampai berita terakhirnya…” saya pun akan balik manjawab yang saya butuhkan adalah “ada berita apa hari ini” bukan hafalan anda.

sama halnya dengan ketika kita diperintahkan Allah dan Rasul untuk membaca al quran maka kita akan ditanya apa yang anda dapat setelah membaca al quran? apa kemudian anda akan menjawab saya sudah dapat 1 juz atau saya sudah hafal 3 juz pasti jawabannya bukan demikian. Karena Allah dan Rasulullah berharap isi al quran ini di amalkan bukan sekedar dibaca tanpa kita tahu artiya dan sekedar di hafal tanpa kita tahu maknanya.

bagaimana mungkin kita tidak tahu artinya kita bisa menjalankan, bagaimana kita bisa menjalankan al quran sedangkan kita tidak tahu artinya. hati hati dengan bisikan yang selalu menyesatkan manusia misalnya dengan berbangga telah hafal al quran, atau berbangga hari ini bisa menyelesaikan 1 juz… bangga bahwa ramadhan ini khatam 2 kali, tanpa paham isi untuk di jalankan maka sia-sia apa yang sudah diusahakan.

sekarang saat nya STOP baca al quran tanpa tahu artinya tanpa tahu terjemahannya dan STOP untuk beralasan karena anda tidak paham bahasa arab. Karena sekarang sudah tersedia banyak buku al quran yang sudah ada terjemahannya dan sudah ada tafsirnya. mintalah petunjuk Allah melalui al quran yang kita baca, dan dapatkan manfaat yang besar dari setiap huruf yang kita baca dengan kita memahami isi al quran.

Lebih baik memahami al quran dari pada memahami kitab kitab lainnya. Beralihlah ke Al quran dan fokus ke Al quran baru setelah itu baca kitab ulama yang lain al hikam, ihya… dlll…. jangan sampai terbalik, kita pahami isi al hikam tapi giliran al quran hanya anda baca sambil lalu sambil lewat tanpa mau memahami isinya.

STOP MEMBACA AL-QURAN TANPA MEMAHAMI ISINYA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *