sujud hingga kita berada maqom sujud

berada pada maqom sujud dimana keadaan pasrah rela dan tiada daya dan upaya… kita bersujud hingga pada level ini, kemudian kita baca bacaan sujud… sebaiknya demikian, jadi jangan membaca doa sujud jika kita belum berada pada maqom (bukan level) sujud.

maqom yang kita capai harus kita duduki sesering mungkin. semakin sering kita duduk di maqom tertinggi maka maqom kita akan terus naik dan naik. sujud adalah keadaan dimana keadaan ini akan semakin dalam kita sujud maka keadaan akan semakin jauh berada pada “rasa sujud” dan tentunya rasa dekat dengan Allah akan semakin kita rasakan, hingga kita menjadi makhluk yang tiada.

setiap gerakan dan bacaan sholat memiliki maqom sendiri sendiri dan semuanya harus kita lalui. harus kita selami dan jangan tinggalkan maqomnya. ini menjadi alasan mengapa Allah mewajibkan kita untuk sholat menjadi amalan harian, karena kita harus selalu meningkatkan maqom sujud kita, maqom rukuk kita, maqom doa kita… dan seterusnya.

setiap maqom akan membawa makna tersendiri bagi kita maqom sujud kita hari ini akan berbeda denganĀ  maqom kita besuk. dan seterusnya dan seterusnya.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “sujud hingga kita berada maqom sujud

  1. As.wrb. Ktk seseorang sujudnya lama, terkadang mnyebabkan bekas di kening. Bgmn itu, ustad ?. Krn ttg bekas sujud ini mnjd perbedaan pndapat?.klo yg sy fhmi dari atsar sujud/bekas sujud adalah akhlak sseorng dalam khidupan. Mohn pncerahn. Matur nuwun.

  2. setelah membaca bacaan sujud…baik untuk berdoa maksudnya gmn ustad?…apa setelah membaca bacaan sujud selesai…, trus d lnjut berdoa…???

  3. sedekat-dekat hamba kepada Allah adalah di saat sujud (tentu dalam sholat) maka perbanyaklah berdoa…
    Setiap saya telah menempati maqom sujud, “rasa sujud” itu sangat kuat hingga tak ingin putus. Ini saya gunakan untuk memohon, berdoa, untuk diri sendiri dan orang-orang terdekat kita sampai orang-orang yang kita kehendaki untuk kita doakan. Setelah salam, ada rasa bahagia yang luar biasa, tetapi jagalah jangan sampai kita siarkan doa tersebut kepada orang yang kita doakan, karena bisa tercemar….riya’ naudzubillah.

  4. mas setiyo saya cuma nanya apakah ada yg namanya maqom sujud. duduk. dan seterusnya itu…dalam keterangan ayat2 quran atau hadist mas atau cuma izma ulama terdahulu mas mohon jwb anya makasih

    • maqom itu kan suasana , pak iwan jadi kalau maqom sujud berarti kita berada di wilayah sujud…. nah penjelasan di hadis mestinya kan tidak bermakna fisik tapi juga jiwa nah itu namanya maqom…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *