sukses duniawi ada di surat Al Insyirah ayat 7 dan 8

pada surat al insyirah ayat 7 disebutkan bahwa setelah melakukan pekerjaan segera kerjakan pekerjaan berikutnya dengan sungguh sungguh. ayat ini menunjukkan betapa Islam tidak menyianyiakan waktu. Sifat orang yang sukses baik dunia terlebih akhirat adalah tidak menyianyiakan waktunya.

saya teringat sekali ketika dulu waktu saya di taman kanak kanak saya diajari menyanyi

bangun tidur ku terus mandi

tidak lupa menggosok gigi

habis mandi ku tolong ibu

membersihkan tempat tidur ku

nampaknya lagu ini sangat sesuai sekali dengan ayat ke 7 dari sura al insyirah ini.

jadi bangun tidur tidak di tunda dengan melamun atau bermalas malasan tapi langsung mandi, tidak ada melamun tidak ada duduk duduk, tapi langsung ambil handuk ganti baju dan mandi.

hidup memang tidak pernah lepas dari pekerjaan, kalau kita ingin menjadi orang yang berguna pastinya setiap detik waktu kita harus kita gunakan yang berguna. Kalau kita memang orang yang tidak berguna pasti waktu yang kita gunakan untuk sesuatu yang tidak berguna. hidup  manusia sangatlah pendek. just in sixty years average , jadi sangat kita sayangkan jika waktu yang singkat ini tidak kita lakukan sesuatu yang berguna.

Saya saat ini bersama kawan kawan di solo membuat sebuah yayasan yaitu yayasan solo spirit islam, sengaja ini saya buat agar hidup  saya dan kawan kawan disini bisa bermanfaat bagi orang lain. Saya beranikan diri untuk berbuat, saya niatkan suatu cita cita tinggi yaitu bagaimana umat islam dapat tercerahkan … seperti cita cita mbah Hasyim Asyhari pendiri NU dan mbah Ahmad Dahlan pendiri Muhammadiyah… cita cita beliau sampai saat ini masih bisa kita rasakan meski beliau sendiri sudah tiada. saya dan kawan kawan disini pun menginginkan sama seperti belaiu beliau.

Pekerjaan akan selalu ada ketika kita bercita cita, ketika kita memiliki impian, ketika kita memiliki keinginan. Pekerjaan adalah jalan yang dibuatkan Allah agar kita dapat mencapainya. Maka jika kita sudah bercita cita jalankan cita citanya atau lakukan apa-apa yang bisa mengarah pada cita cita tersebut dan yang terakhir seperti yang tercantum dalam ayat kedelapan hanya kepada Mu lah kami berharap, jadi setelah semua kita lakukan maka kita harus tetap berharap dengan penuh keyakinan bahwa cita cita itu akan diwujudkan Allah SWT..

jika surat Al Insyirah ini dapat kita lakukan terutama pada ayat ke 7 dan ke 8 maka duniawi kita akan sangat menyenangkan dan akhirat nantinya lebih menyenangkan lagi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One thought on “sukses duniawi ada di surat Al Insyirah ayat 7 dan 8

  1. suwun Mas Setiyo, tulisan njenengan yg singkat & sederhana ini terasa nendang untuk menjalani hidup ini lebih semangat dan sungguh2 menuju Allah.

    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *