Syarat Fana harus Dzikrullah

Dzikrullah adalah satu satu nya cara untuk memfanakan diri. Dzikrullah artinya adalah sadar Allah. Kalimat dzikir ini sudah mengharuskan kita untuk menggunakan kesadaran kita bukan pikiran kita. Dengan kesadaran yang terlatih dan terus menerus ini kita akan meningkat kesadaran kita. dari kesadaran fisik kepada kesadaran puncak yaitu kesadaran Ruh yang outputnya adalah fana.

kesadaran ini ketika kita arahkan kepada Allah SWT yang “tidak sama dengan apapun” akan menjadi sebuah kesadaran ruhani yang akan membawa kita kepada keadaan fana. jadi fana ini disebabkan oleh kesadaran terhadap yang “bukan apa apa”, terhadap Allah yang “tidak sama dengan apapun”.

maka untuk bisa fana dengan benar maka jalan satu satunya adalah dengan menggunakan kesadaran kita untuk kita arahkan kepada yang tidak sama dengan apa apa. tidak ada fana versi aliran kepercayaan, versi agama lain. kalau fana ya yang benar adalah islam. Kalau anda pernah mendengar orang budha bisa fana, orang yoga bisa fana atau aliran kepercayaan bisa fana juga maka jelas itu bukan fana seperti apa yang ada dalam islam.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *