Syukur sebagai model psikoterapi islam

tak dapat dipungkiri syukur merupakan obat mujarab untuk penyakit stress atau depresi (untuk penyakit yang lebih parah, saya belum tahu sebab untuk bisa bersyukur diperlukan pikiran yang masih normal). baiklah sebelummelangkah lebih jauh kita bahas dulu tentang makna dan arti syukur. Dalam bahasa Arab syukur berarti berterimakasih kepada atau bentuk pujian atau pernyataan terimakasih sedangkan dalam kamus bahasa indonesia syukur berarti berterimakasih, senang atau merasa lega.

ayat 7 surat Ibrahim sbb : [14:7] Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”. 

bisa juga syukur ini sebagai lawan kata dari pada kufur (menutup), sehingga syukur berarti membuka.

apapun masalahnya syukur solusinya,  demikian sebuah slogan yang saya publish sekitar2 tahun lalu. saya pada saat itu sangat berkeyakinan setelah mempelajari teori “the law of attraction” dan menonton film the secret, bahwa syukur merupakan sikap paling hebat yang menempati rangking teratas. Sikap ini lah yang akan membawa manusia terbebas dari rasa sedih dan duka, dan sikap ini lah yang dapat membawa manusia mencapai puncak kejayaan seperti apa yang ia dambakan.

cara syukur ini sangat sederhana caranya namun berdampak sangat besar terhadap aspek kejiwaan seseorang, sehingga saya memberanikan diri untuk menyebutnya sebagai salah satu model psikoterapi islam. ada beberapa alasannya kenapa saya menjadikan syukur ini sebagai model psikoterapi islam :

  1. Penyebab utama dari kesedihan adalah tidak menerima kenyataan, dengan syukur seseorang di ajak untuk memby pass kekecewaannya dengan menerima dan senang dengan apa yang dialaminya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *