Lintas Historical DNSA

pertama adalah terkesima dengan keberadaan Allah, dalam pelatihan ESQ hal ini sangat kuat di munculkan. banyak takjub, terkesima dan tersadarkan bahwa Allah benar ada. Kebenaran Allah bahwa Allah itu ada begitu nyata dengan sajian video, sajian slide dengan suara bergema mengguncang relung hati menggunggah membangunkan kesadaran yang tidur. ada yang menangis ada yang terdiam tapi juga ada yang masih belum faham.

Kedua, mengaplikasikan di dalam shalat khusyu, pasca ESQ muncullah pelatihan shalat khusyu. Dengan pelatihan 2 hari mengajak peserta untuk menyadari Allah melalui ibadah shalat. tak sedikit yang menangis ketika sujud, ketika rukuk ketika membaca al fatihah. Pelatihan ini pun memberikan nuansa ibadah yang baru meski sudah diajarkan sejak lama. Khusyu tidak lagi ┬ámilik sebagian orang “sholeh” tapi bisa dimiliki siapapun.

Generasi ketiga, nampaknya agak sedikit kembali ke awal, karena kenyataannya sholat khusyu sangat sulit untuk di lakukan jika diluar shalat tidak silatun ke Allah. maka muncullah periode ketiga yaitu dzikir nafas, dzikir nafas ini memberikan latihan simpel dan mudah agar mendapatkan shalat yang khusyu. Dengan berpegang al baqoroh 45 dan 46 dzikir nafas menjadi solusi praktis bagi siapapun yang ingin mendapatkan shalat khusyu. maka berkembanglah dzikir nafas sebagai alternatif yang mudah, simpel, ringan tidak ribet seperti ketemu dengan trainernya. Cukup dengan memhami tutorialnya di youtube maka langsung bisa dipraktekan. Dengan latihan Dzikir nafas ini akan mendapatkan kesadaran nah kesadaran inilah yang digunakan untuk menjalankan shalat.

Perkembangan setelah itu yaitu periode ke 4 adalah amanah, karena hanya mengenal Allah dalam shalat, dan sadar Allah dalam keseharian melalui dzikir nafas, tidak menjawab dan menyelesaikan hutang di BRI, Mendapatkan keluarga yang sakinah dan kehidupan riil lainnya. Jawaban terhadap masalah itu adalah di amanah. Periode amanah ini merupakan periode khalifah, dimana tugas mewakili Allah teraplikasikan dalam kehidupan sehari hari. jadi pengenal terhadap Allah, sadar Allah melalu dzikir nafas, dan shalat khusyu, akan dibawa dalam proses menunaikan amanah allah.

sementara baru pada periode amanah, tidak tahu lagi periode berikutnya pengenalan Allah ini akan ada pelajaran apalagi dari Allah. yang pasti kita harus menjalankan amanah Allah sesuai dengan periode saat ini. Semakin mengenal Allah maka akan semakin kuat dalam menjalankan amanah Allah.