Bertakbir membawa kita kepada keluasan allah dan ke Maha an allah. Kalau luas nya allah harus terus kita arahkan pada ketidakterbatasan dan jika kita ikuti maka yang ada adalah ketiadaan yang kita persepsi, maksudnya semakin kita mendalami kemahaluasan allah maka kita akan terbawa pada kekosongan yang benar benar kosong artinya persepsi kita tidak bisa mempersepsi lagi. Jadi daya kemampuan persepsi kita sangat terbatas dan tidak bisa menjangkau sejauhmana persepsi terhadap kebesaran allah

jika kesadaran kita sudah terbawa kepada kebesaran allah yang tidak bisa kita  persepi lagi maka sholat kita akan berada terus pada wilayah ini dan kita akan mudah dalam merasakan kekhusyuan dan yangpasti sholat kita akan lebih tumakninah.

takbir juga bisa menjadi cantholan atau pegangan bagi kita ketika kita sholat jadi tahu tempat dimana kita duduk ketika sholat. duduknya sholat ini penting sehingga kita benar benar merasakan wilayah wilayah dalam sholat. “duduk” kita adalam sholat secara ruhani atau kesadaran dapat ¬†artikan suatu keadaan kesadaran yang berada pada keadaan terentu. nah kadaan kesadaran inilah yang dapat membawa kita kepada suatu tahapan tahapan spiritual, atau pengalaman pengalaman spiritual.