teguh tanpo meguru

salah satu kebelebihan dari spiritualitas islam dibanding yang lain adalah penekanannya bahwa orang yang belajar spiritual tidak boleh tergantung dengan siapapun termasuk kepada guru spiritual. bahkan dalam kajian sufisme islam jawa terdapat slogan TEGUH TANPO MEGURU ARTINYA kuat, keukeuh, teguh tanpa berguru kepada siapapun kecuali Allah.

dalam berspiritual yang paling berat adalah “dididik guru untuk meninggalkan ketergantung kepada guru”, seperti anak bayi yang disapih (berhenti disusui) oleh ibunya. maksud dari guru spiritual meninggalkan muridnya adalah agar berdikari, mandiri untuk dilepas belajar kepada Sang Maha Guru yaitu Allah SWT.

perjuangan yang tidak ringan bagi spiritualis untuk melewati masa masa seperti ini “disapih”. keteguhan, kemandirian kepada Allah menjadi modal utama bagi sang murid untuk terus berjalan, untuk terus belajar spiritual mencapai kesempurnaan diri yaitu dengan Sang Maha Guru tadi.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

0 thoughts on “teguh tanpo meguru

  1. guru spiritual ibarat sang ibu yang bijak yang hanya membimbing sang anak untuk secara perlahan lepas ketergantungan pada sang ibu…dan lepas untuk belajar langsung kepada sang MAHA GURU (ALLAH Yang Maha Sempurna)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *