Kasus kasus kesurupan ini seperti budaya, gangguan paling banyak ada di nusantara baik di indonesia, malaysia, brunei. Bagi orang awam yang tidak mengenal teknik ruqyah atau perdukunan lainnya, mungkin akan ketakutan atau merasa tidak mampu menyembuhkan.

saya akan menggunakan teknik komunikasi sebagai cara yang mudah dan praktis yang bisa dilakukan oleh siapapun.

ketika kita menghadapi orang yang kesurupan langkah pertama adalah menenmpatkan si sakit berada di tempat yang tenang, dan tidak banyak orang, kalau perlu ruangan ber AC …. ha ha…

langkah ke dua adalah dengan sikap tenang , penuh percaya Allah, kita hadapi orang yang kesurupan. kemudian ajaklah komunikasi secara wajar sesuai dengan alam kesadarannya. Jika alam kesadarannya adalah alam kesadaran jin maka ajaklah komunikasi sesuai dengan alam nya. Ingat yang paling penting adalah dia mau menjawab.Jangan lakukan hal hal yang membuat dia menolak, misalnya dengan membentak, dengan menyuruh keluar dan sebagainya. Komunikasi yang dapat anda lakukan adalah menanyakan dengan baik baik , Kamu Siapa? jangan menyebut misalnya Mbah Siapa, atau kamu “penunggu” mana, langsung saja sebut dia dengan kamu, dengan “kamu siapa”. Pertanyaan ini jika nyambung ke pasien maka dia akan menjawab meski dengan suara keras, tenang, tetap tenang kemudian tanya lagi aku mau meminta waktu kamu untuk bicara dengan si … sebut nama si sakit …. (jangan pakai kata kata Boleh, kata kata meminta ), lakukan seperti orang yang memberikan sugesti tegas tapi lembut.

kemudian sebut nama si sakit, dan ajaklah si sakit untuk menjawab atau merespon pertanyaan misalnya dengan mengangguk kepala atau menggerakkan tanganya. kemudian ajaklah komunikasi terus dengan cara yang paling sederhana karena si sakit masih dalam keadaan bawah sadar dan kesadaranya masih sangat tipis. kemudian ajaklah dia untuk mewujudkan keinginannya (sesuaikan dengan problem hidup yang dia alami) msialnya dengan kamu ingin bahagia kan, kamu ingin tenang kan, jika iya mengangguk segera ajak dia untuk terus naik, dan naik menuju kepada Allah. Misalnya dengan mengajak sekarang saya akan ajak  kamu untuk naik ke atas meninggalkan tubuh terus naik ke atas kemudian keluar bumi dan keluar planet dan bintang kemudian minta dia menyebut nama Allah .. Allah .. Allah dan lalu minta dia untuk terus berjalan ke ALlah menyebut nama Allah.  sampai disini dia akan tersadar dan terbebas dari gangguan alam bawah sadar.

kemudian agar tidak terganggu jn yang bercokol di alam bawah sadarnya, berikan dia cara berdzikir nafas agar kesadarannya terjaga.

semoga cara ini bermanfaat

note: cara ini masih dalam teori, belum di uji cobakan, sejak teori ini saya dapatkan belum ada yang kesurupan datang ke saya .. he he … so bila ada yang sudah coba silahkan hub saya .