Guru Spiritual

1. Bp. Haji Slamet Utomo: terimakasih Pak haji atas wejangan-wejangannya, sedikit demi sedikit saya baru membuktikan apa yang telah Pak Haji wejangkan, semoga Allah selalu memulyakan pak Haji dan keluarga

eyang guru

2. Habib Lutfi Pekalongan, jarang bertemu namun wejangannya LUAR BIASA..wejangan beliau melalui perbuatan beliau yang paling berkesan adalah keilmuan dan kasihsayangnya dengan orang lain, betul betul saya menyaksikan karomah njenengan Bib, Semoga datuk beliau Rasulullah dan sahabat dan Anak cucunya khususnya kepada Habib Luthfi sealu mendapatkan kemulyaan Allah ta’ala

3. Bp. Salim Bahreisy (Ust Abu Sangkan) terimakasih atas didikannya serta keakraban dalam menyampaikan ilmu ilmunya, terimakasih sekali lagi Ust telah mengantarkan saya pada pemahaman-pemahaman spiritual walau masih setetes ilmu yang dapat saya serap namun ini sungguh sangat berarti bagi saya. Semoga Ustad sekeluarga selalu mendapatkan keridloan Allah amin. Satu hal pak Abu… terimakasih sekali lagi karena Ust telah menghantarkan saya untuk berguru kepada Allah… bukan pada sosok seorang Abu Sangkan… selama saya berguru kepada njenengan, Ustad selalu menekankan bergurulah kepada Allah jangan pada saya… saya hanyalah sahabat, sahabat yang sama sama seperjalanan…. namun maafkan saya Ust kalau ilmu ini belum bisa saya terapkan… ustadlah guru dan pembimbing spiritual saya… dan mungkin ini yang juga belum bisa diterapkan oleh rekan rekan yang lain yaitu masih berhenti di sosok Abu Sangkan…dan  mungkin ini yang menjadikan keadaan seperti sekarang ini terjadi …Allah mencabut sosok Abu Sangkan… Ustad…. ternyata Allah tidak rela jika kami  ini berhenti di sosok Ustad Abu… baiklah Ustad kamipun sadar bahwa kami akan berguru kepada Allah… kami akan berkiblat ke Allah… bukan ke Ustad Abu… namun… Ustad …. terimakasih Ustadz telah menghantarkan kami kepada ALlah … dan ustad Abu tetaplah guru saya… pembimbing saya… ijinkan saya untuk tetap bisa meneruskan perjuangan Ustad menjadi kurirnya allah, menjadi pejuang pejuangnya allah…. mohon doa dan restunya ustad Abu….

abu sangkan

4. Ustad Muhammad Muin jayengan solo yang dengan kesabarannya mengajarkan ilmu tasawuf dan fiqh fiqh dasar. sejak SMA saya mengenal beliau,diajarkannya ilmu agama dari mulai tajwid makhroj yang benar, fiqh, tauhid, dan sampai sekarang beliulah tempat berdiskusi masalah masalah tasawuf. dari beliau lah ilmu kekebalan saya luntur, ilmu dok deng saya hilang diganti dengan ilmu tauhid yang lurus. teringat sekali wejangan beliau ketika saya minta ilmu kebal dari beliau, beliau pun menjawab “yang lebih utama kebal hati mu… bukan tubuhmu…” sejak saat itu dengan bimbingannya, saya selalu mengikuti apa yang beliau sampaikan. ya Allah… limpahkanlah karomahMu pada beliau, sungguh saya menyaksikan ketulusan beliau dalam membimbing saya.. limpahkan lah ya Allah ya Allah….

5. Mas Adlinsyah Yusri yang telah mengajarkan ilmu patrap gerak, ajaran yang kuat, disiplin, keukeuh ke Allah itu yang paling berkesan dari apa yang telah Mas Adlin sampaikan. semoga rahmat dan karunia Allah selalu terlimpahkan untuk mas Adlin sekeluarga.

dan kepada para sahabat semua terutama kepada Jamaah sholat khusyu di fatimah dan kawan kawan patrap malam jumatan… terimakasih saya ucapkan, saya banyak menerima ilmu dari menyampaikan di halaqoh dan diskusi dengad kawan kawan … sungguh ilmu sholat dan patrap ini tidak akan ada habisnya.  khusus kepada Bp. Fairu terimakasih atas diskusi bisnisnya semoga ilmu ini menyebar sehingga kita bisa meoncontoh rasulullah yang pedagang dan kaya raya…

terakhir tak lupa kepada simbah siswoyo lukito dan orang tua saya, yang mendidik spiritual sejak dini…. dasar dasar yang tak kan hilang dan menjadi amal jariyah beliau amin

112 thoughts on “Guru Spiritual

  1. kulo nuwun…

    maaf nembe bisa bersilaturahmi lewat web…

    salam sejahtera selalu dan karena masih syawal saya mohon keiklasan maaf dari panjenengan + do’a lebih baik mas Pur….(do’anya wong ‘sakti’
    kan manjur mas…)

  2. terimakasih atas kunjungan Pak Yudhi, sama sama kami juga minta maaf bila ada kesalahan dan selamat idul firtri, juga saya terimakasih doanya pada anak saya termasuk juga mas Ari bekonang….terimakasih.

  3. wilujeng ndalu Pak….dos pundi pawartosipun….saya minta maaf kalo lama tidak sowan karena sekarang posisi saya berada diSurabaya dan sebelumnya di Jakarta..yang pasti saya selalu inget pesen-pesen Pak Pur..semuanya saya coba laksanakan..sebetulnya saya kangen bgt sama Pak Pur dan keluarga..karena sudah menjadi bagian dari sadaura bagi saya…semoga segala rahmat dan karunia dari ALLAH senantiasa melingkupi Pak Pur dan keluarga..sebelumnya saya minta maaf ya Pak..oh iya salam untuk semua pendengar HOT LINE..juga untuk temen-temen di fakutas Psikologi tercinta…

  4. weh.. piye kabare nov… saya kira masih di solo… sempat ke jakarta juga tho… teruskan perjuanganmu…yang penting tetap berpegangan allah pasti allah akan memegang kita. salam novi insya allah akan saya sampaikan… iqbal bulan depan sudah milai pindah ke solopos fm. jadi ya ganti pemandu acara lagi…

  5. Ass..masya allah banyak sekali mursyidnya,pak pur..kalau boleh diceritakan dan tidak keberatan pak purnya,saya minta cerita pengalamannya/hal hal yg dirasakan pak pur selama menjalani patrap.dan bagaimana cara membuat email gogle soalnya saya sdh 3x mencoba membuat dan sdh jadi tapi pas mau membukanya selalu keluar tulisan password dan nama emailnya tidak cocok.terima kasih sebelumnya.wass..

  6. ooh yach terima kasih pak pur,gimana mengenai pengalamannya / hal2x yg dirasakan bapak selama patrap,kalau boleh diceritakan saya tunggu yach,mudah2xan bisa menambah semangat saya dlm belajar patrap.terima kasih sebelumnya…

  7. ass..lam kenal kang saya dari purwokerto, saya ingin tau sekali tentang apa patrap itu, adapun bila hal tersebut menjadi salah satu tarbiyah yang bisa membawa kita khidmat pada Allah Aza wajala, dengan segala hasrat saya berharap bisa untuk nggangsu kawruh kang, nuwun..wass

  8. salam alaykum….

    Salam kenal. Mohon maaf ustadz, ada beberapa hal yang ingin saya tanyakan.. a.l adalah mengenai shalat. Dari segi mekanis, shalat kita sangat sarat dengan gerakan, dan pada beberapa posisi malahan ada yang menggunakan mudra, hanya saja banyak orang yang tidak memperhatikannya….. Yang ingin saya tanyakan apakah ada rahasia gerakan shalat (dalam perjalanan spiritual manusia) ? Dan apakah ada pengaruh dari resonansi yang benar dari pengucapan kita, karena saya sangat yakin ada penjelasan yang sangat ilmiah dan semua hal ini bisa diurai adanya… Terima kasih..

    Salam alaykum

  9. benar sekali mas, resonansi bacaan dan gerakan sholat dapat berdampak sangat positif ada diri manusia. kalau ditulis sangat banyak mas, salah satunya mis, iftirasy maka doa nya akan berdampak pada kehidupan kita

  10. benar pak sufi muda… memualiakan ulama adalah sunah.. kalau saya malah wajib….
    Pak rury..

  11. Assalamualaikum wr wb
    salam kenal pak pagi ini tanpa sengaja saya browsing ke mas Pur.. Sy pernah baca buku ustad Abu Sangkan tentang pelatihan shalat khusyu.Tapi mau prakteknya susah banget.Mas Pur saya ingin belajar bagaimana caranya ?? Wassalam

  12. semoga Allah selalu melimpahkan rahmat dan hidayah bagi mereka2 yg berada dijalan Allah……………..terutama untuk Rasulullah dan sahabat2 beliau Juga guru2 kita penyambung risalah ……….Amin

  13. wah maaf kalau silsilah ust abu saya kurang tahu persis, cuma setahu saya beliau masih satu keturunan dengan guru beliau yaitu pak haji Slamet Utomo, dimana beliau berdua masih keturuunan mbah Mas Mohammad Sholaeh.. seorang Kyai besar Banyuwangi pada jamnnya.. kalau di sini ya mungkin seperti wali songo…nah berikutnya saya kurang tahu pak
    Amiin semoga doa mas reza dankita semua tersampikankepad a rasulullah dan kepada para sholihin

  14. Assalammu Alaikum …

    Kulo clingak clinguk rumiyin mas …
    Mengke ne’ enten wektune …ta’ wocone …

    Sekilas kok kulo nyambung kalih mba Linda …

    Sampaikan …ada keberkahan dari Alloh untuk Mba Linda lan Mas Setiyo …

    Pareng …

    Wassalam
    Echost

  15. Assalammu Alaikum …

    Mas, saya baru tahu ada situs tentang sholat(ga sengaja).
    Bagaimana supaya saya bisa “benar” sholatnya…sayang ingin sangat bisa “benar” dalam sholat.
    Bisa minta tolong setetes nasihatnya, atau bagaimana bisa belajarnya?

    Terima kasih

  16. kulo nggih pengin sholat sing bener ….. tapi mboten ajeng belajar saking abu sangkan lan setyo purwanto.

  17. Monggo kita kembali pada ajaran Allah, sesuai dengan tuntunan qur’an dan sunah rasul ……
    Tidak membuat cara sendiri. Lak ngaten tho KRT Setyo purwanto ???? Monggo pun kandakke LUIS

  18. Assalamualaikum,

    Mengesankan ulasannya Kang,
    salam silatuhrohim dari saya, ditunggu kunjungannya di http://pencari99.blogspot.com

    Mohon tambahan ilmunya di sana ya.

    Untuk yang lain, tetap mohon istiqomah kepada Allah agar selamat sampai ke hadiratNYA dan mendapat limpahan diriNYA berupa CAHAYA KESADARAN SEJATI yang melimpahi cermin hati kita sehingga jiwa dan ruh menjadi tenang dan ridho bersamaNYA yaitu ridho menjalani qodha dan qodarNYA sampai kita berjumpa denganNYA.

    Amin.

  19. pak pur smg anda benar2 menjadi arifbillah, sementara ini saya masih tahap awal belajar hakekat dan smg syareat saya betul2 yang benar, pak Kyai / Ustad saya minta doakan semoga saya benar dengan benar dan lurus yang lurus dalam mencari ilmu agama dan semoga Allah me Ridhoi

  20. Bagaimana Anda menterjemahkan shalat khusu’? Pernahkah Anda membayangkan shalat (khusu’nya) Rasulullah yg notabene pernah shalat dg menggendong cucu beliau, membalas salam dr sahabat, menyikirkan kaki Aisyah dll dll?

    Jangan membuat syari’at sendiri laaahhh mas….., apalagi sampe dg dipelatihkan pada jamaah segala.
    Bayar pulak……..mau shalat koq mbayar, hahahaha…..aya aya wae….

  21. orang orang seperti anda inilah yang wajib saya tinggalkan..ibaratnya anjing menggonggong kafilah berlalu… maaf mas….
    kalau anda dak mau belajar, ya sudah lah mas… kenapa sih harus komentar yang negatif… toh kita kita yang belajar sholat ini tidak merugikan sampeyan…. belajar dewasa dalam beragama mas jangan sempit pandangan, ibarat katak dalam tempurung…. seharunya anda ikut senang jika ada orang yang lebih maju dari pada anda, jangan sembarang menuduh ini itu….. syukur syukur anda memberi masukan kepada kita … misalnya khusyu itu begini atau begitu… jadi ayem gitu lho… coba bayangkan kalau pengunjung blok ini membaca tulisan jenengan apa anda dak malu karena keterbatasan jenengan terus menyelahkan kita….
    kita masih harus banyak belajar mas ….

    • KSeandainya sholat 5 waktuku slm ini mampu membuatq menghadapNya..bertemu dnganNYA..smw hanya aktifitas badaniahq..tiada ruh..hnya pamrih akan pahala,tkut akan neraka..tak ada ikhlas..Cinta bkan ucapan..cinta bkan pasangan..rosul adalah kekasihNYA..kta adalah pengagumNYA..tanpa cinta ya gmana to mas..maklum aja..lha nafsu bukan cinta kok..

  22. ya nesu itu penting… biar orang sadar .. kalau salah…. masalah dalil cari sendiri sekarang software sudah banyak yang bisa membantu…. tapi kalau nggak mau ya udah……
    baca dulu konsep saya kemudian dengan pikiran jernih cari dalil dalilnya lewat sofware tersebut… kalau ngggak ketemu diskusi…. jangan suka perintah sama orang… coba usaha sendiri dulu….

  23. Lho suruh nerangin shalat khusu’nya Rasulullah koq malah nesu….hehehhehehe, piye jal???

    Emang situ yakin kalo situ yg bener???? hahahahaha….. mo nyari duit aja koq berkedok ustad mbul….mbul….

  24. Mas Setio Yth.

    Saya tergelitik dg pernyataan Mas, bahwa memuliakan ulama dalah wajib, apa memang benar hukumnya begitu mas?

  25. hehehehe…njawabnya koq saenake dewe, kalo masalah hukum khan banyak tho mbul…ada wajib, sunnah, haram, dll dll….eeeeee koq jawabannya tidak cerdas… ustadz opooooooo iikiiiiii….

    • kalau memuliakan orang lain itu hukumnya apa pak ali? kalau memuliakan tamu hukumnya juga apa pak ali ? kalau memuliakan saudara ada hukumnya gak pak ali?
      kalau anda diajari sama guru anda sejak sd sampai mari sekolahe kabeh,apa anda ndak memuliakan orang yang sudah ngasih anda pengetahuan pak ali? anda tahu dalil-dalil darimana pak ali? apakah anda tidak memuliakan ustad atau guru atau ulama yang sudah ngasih pelajaran ke anda masalah fiqih dan dalil-dalinya pak ali? bukankah Rosul saw pernah bersabda bahwa Ulama itu adalah pewaris nabi ? dalam artian adalah ulama yang benar, yang mewarisi pengetahuan (ilmu) dari baginda Rosul saw, bukan ulama su’ (busuk) yang suka menebarkan fitnah dan membuat kekisruhan dalam umat. Ulama su’ tempatnya adalh di neraka. hormatilah orang lain, debatlah mereka dengan kasih sayang apabila anda menjumpai kesalahan dari diri mereka bukan dengan cemo’oh, berikan argumen terbaik dengan dalil nya sampaikan ilmu anda bila itu adalah kebenaran. Mungkin ada bagian ilmu yang Allah berikan pada diri anda yang saya tidak ketahui, mungkin pula ada bagian ilmu yang Allah berikan pada diri saya yang anda tidak ketahui, sesama saudara islam itu hendaknya saling melengkapi. kasih sayang lah jangan berpecah belah.

  26. Salam,
    saya pingin bangat punya jiwa yang mantap,
    makrifat dgn Allah, saya malu kok bicara sama ustaz2, krn saya wanita, gimana jika us. setiyo berikan saya email mbaak linda, moga saya bisa
    ikutin jejaknya mbak linda, insya allah….
    makasih atas prihatinan sama saya.

  27. ya mas abu benar, semua benar ga da yang salah selama mengacu pada ajaran Rasulullah saw, ya mungkin baru sampai disitu kurnia Allah bagi seseorang untuk memahami ajaran agama ini, ada yang hanya ngerti baru masalah syariat aja kalau di omongin masalah hakikat makrifat pasti dibilang salah sesat, ya ga pa pa karna baru samapi ssitu kurnia Allah buat dia ga bisa dipaksain jg harus menerima kaji yg lebih tinggi …monngo mas…

  28. hmm.. andai suatu hari di beri kesempatan ingin rasanya bertemu dengan mereka semua walau hanya sekedar memohon doa beliau untuk memuluskan perjalanan kepadaNYA…
    Salam Sayang

  29. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Menurut saya web ini bukan tempatnya berdebat, apalagi disertai nafsu marah. Saran saya buat Pak Pur dan teman2 jangan dilayani orang2 yg berkomentar jelek2 / menuduh orang lain kafir, sesat, dll. Jawab saja “Kebenaran mutlak itu milik Allah, jangan mengkafirkan / menuduh sesat orang lain”. Kalo masih komentar jelek lagi,gak usah dijawab. Berserah diri penuh kpd Allah itu lebih utama. Jadikan web ini sbg sarana belajar ilmu Allah untuk mendekatkan diri kpdNya.

    Wassalamulaikum wr. wb.
    SUHAJI
    ( Jamaah Halaqoh Shalat Khusyu’ Surabaya, Sidoarjo )

  30. Assalamu’alaikum WrWb.,
    Mas Pur,
    Saya pengin meningkatkan kwalitas sholat saya dan ingin belajar dari mas Pur / Ustad Abu. Sayang tempat saya jauh (Houston, USA). Apa saya bisa mulai lewat email. Kalau bisa mohon email mas Pur, agar saya bisa mulai tanya2.

    Wassalam,

  31. ass wr wb…..mas setyo….salam perkenalan
    sy ingin bisa gimana cara menyambungkan ruh kepada Alloh SWA

    • wa alaikum salam wr wb, dengan pasrah kepada Allah mas insya Allah akan nyambung kita dan sampai kepada Allah. salam

  32. aslm wr wb slm kenal saya ingin tahu bagai mana mengetahui maqom kita untuk usaha yang pas untuk diri sendiri

  33. aslamualaikum ustad saya maunanya nih ustad setiap saya melakasanakan shlat pada saat takbiratuihram allah huakbar itu tubuh saya selalu merinding mohon maaf tolong di jelaskan

    • iya kadang memang begitu, biarkan saja yang penting ke Allah yang kuat, pertama memang sensasi fisik seperti yang pak Adjie alami, nanti lama lama akan sensasi kejiwaan.

  34. Assmlkm wr wb, salam kenal pak pur, sy di cikarang bekasi mau belajar.. Gimana caranya? Makasih.. Wsslm wr wb.

  35. salam idul fitri ustaz saya fauzi dari Malaysia
    saya telah membaca buku solat sebagai meditasi tertinggi dan kini sedang cuba menghabiskan buku berguru kepada Allah, untuk pengetahuan buku spiritual salah kaprah sold out di Malaysia . ustaz saya ingin sekali memiliki buku spirutual salah kaprah dan mp3 nya sekali bagaimana caranya . ustaz Abu Sangkan kalau sudi kira dibimbingkan saya untuk mendapat solat yang khusuk terima kasih salam dari warga serumpun

    • salam idul fitri juga
      alhamdulillah jika Pak Fauzi sudah membaca buku sholat khusyu dan berguru kepada Allah, untuk buku buku Abu sangkan spiritual salah kaprah ada di jual di tempat pak Sham no kontak : +6102191426

  36. Salam Pak Purwanto, maaf ya pak sham tu di malaysia ya .. no kontak nya agak berlainan… pak Pur saya ingin mengundang bapak ke Malaysia untuk trainning solat khusyuk bagi pelajar pelajar universitas , bagaimana caranya , terima kasih atas kesudian untuk berbicara

    • baik pak, jika antar universitas Bapak bisa Undang saya lewat pihak universiti, tapi jika ini menyulitkan Bapak Bisa langsung ke saya untuk masalah training ini.

  37. aku mengapa lebih mantap berguru pada Allah anehnya aku tak suka hal-hal mistik namun aku sadar dilingkupi dengan kemistikan jadilah guruku Rasulullah karna beliau manusia serba tahu.Padanyalah aku menganggap guru sejati. terus menurut Mas aku ini apa benar . . . .?

  38. Prosesnya gini. Dari kecil aku menganggap guruku Cuma Allah. Begitu udah usia 43 th ada perubahan saat itu kusadari lah aku tahu adanya Allah dari Rasullulah jadi menurun bak kalimat duaklimah Syahadat menurut Mas spiritualku gimana

    • ada tapi lupa saya komunitasnya, coba cuka shalatcenter.com nanti ada alamat surabaya coba tanyakan yang surabaya

  39. asslammualaikum wr wb.
    salam kenal mas pur saya tnggal d solo saya ingin belajar shalat khusuk dan ingin ketemu sama njenengan langsung,saget mboten,menawi saget denten menopo jam pinten matur nuwun.
    wasssalammualaikum wr wb

  40. Assalamu Alaikum Wr.Wb. salam kenal. aku pingin nanya sesuatu tapi sulit aku katakan. bagaimana yah

  41. Alhamdulillah luar biasa….
    dari dik suko untuk seluruh patrapis…
    salam dari situbondo untuk smua pencinta Allah dan rosulnya.

  42. Alhamdulillah..
    Semoga rahmat Allah atas setiap pencari Kebenaran, Ketiadaan dan istiqomah atasnya semoga menjadikan kita tetap di ShirotNya yang Lurus..
    Hanya Allah yang maha Tahu atas apa yang kita perbincangkan, apa yang kita cari dan apa yang kita dapat karena semua itu KehendakNya, Kesempurnaan hanya milikNya, dan tiadalah hamba yang maksum melebihi Baginda yang Mulia, oleh karena itu kalau belum ada ilmu atas satu perkara, maka bersabarlah.. carilah ilmu itu dan janganlah saling mencaci karena pintu bagi ilmu adalah keikhlasan padaNya

  43. Sholat Khusyu’ah merupakan Klasifikasi Sholat Nabi yang tidak banyak yang tahu (termasuk Sholat Rahasia ) karena tanpa ilmu yang mantap, orang akan dengan gampang membuat pengertian yang lain. disinilah pentingnya menemukan Tawassul yang sesungguhnya untuk sampai kepadaNya.
    Sesungguhnya Banyak tingkatan Shalat Nabi yang belum banyak diketahui Umum kecuali bagi orang yang bisa dititipi Rahasia (Sesungguhnya Allah lah yang akan menjaga Rahasia itu)

    • waalaikum salam , salam kenal juga, saya sudah berkunjung ke blog jenengan, bagus… tambah artikelnya … gambar2nya juga ok, bisa diambil… tq salam

  44. sejahtra selalu buat kta semua bagus artikel2 saya suka bila peeeeeeeeeeeeeerlu di tambah dgan gambar2 nya pa

  45. Assalamu’alaikum.

    Salam kenal pak pur..

    Saya ingin belajar patrap, dimana sy bs belajar. sy berada di surabaya. oh iya pak, yang keiatan setiap 6 bulan di cibubur? kapan ada lagi?

    Terima kasih

    • di surabaya? untuk sholat khusyu ada beberapa teman tapi untuk patrap saya kurang tahu, untuk yang di cibubur sudah di pindah di shalat center jati bening. salam kenal …

  46. Assalamualaikum ustadz…

    Ustadz..saya boleh tau dmana dalemny panjenengan?
    Saya sedang belajar utk memahami Islam lebih jauh…Saya sangat senang apabila dapat ber halaqo dan mendapat taushiyah dr ustadz skaligus belajar mengenai sholat agar dapat lebih khusyu’…
    Terima kasih…

    Wassalamualaikum wr.wb

    • waalaikum salam saya di gumpang kartasura solo, kalau halaqoh tiap senin di masjid fatimah solo. salam

  47. koq masih pada nanya silsilah, ?!!!
    keturunan segala.
    berarti mash rancu terhadap guru.
    maha guru hanya pada 4jl1 saja.
    ad yg mo pendapat laen yo silakan saja…!!!

  48. apakah dalam kehidupan setiap yang terjadi pada diri seseorang dalam mencari jodoh tapi belum dikaruniai

  49. Terima Kasih banyak Pak Setiyo, Pelatihanya sangat bermanfaat, Alhamdulillah, bisa bertemu Pak Setiyo
    di Jepara, 22 August 2010

  50. aslmkm,,bpk styo,,mohon bimbingan nya,,,ap yang d maksud dgn aku dalam diriku yang sebenar nya,,,dan gmn,,,cara mencari rasa yang sejati,,,trmksh,,,wslmkm.

    • waalaikum salam, untuk tahu mana saya dengan praktek, kalau diteorikan susah pak, tapi kalau mau coba silahkan baca buku berguru kepada allah karya ust abu sangkan

  51. sy pernah ikut pelatihan sholat khusyuk di surabaya, dan cukup berkesan
    sy ingin belajar juga pendalaman, adakah pelatihan lanjutan yg mungkin lsg dibawah Bpk Slamet Utomo? bila ada mohon infonya ya mas, semoga sukses.

    • untuk pelatihan saya juga kurang paham pak. mungkin bapak bisa kontak bapak haji slamet utomo di banyuwangi

  52. Ass wr..wr….Mas pur….lebi asik disapa dari pada menyebut kn ustaz pur heeheeehee
    salam kenal….
    saya suka baca-baca artikel mas pur…..
    kalo ada yg lain lg yg sedikit membuka wawasan keislaman tentang iman…
    boleh boleh mas di kirim ke imel saya…Jamharigusti@yahoo.co.id….mksh

    • salam kenal pak Gusti, semoga ini menjadi silaturahmi kita …… pingin juga pergike tengah hutan pak…..

  53. assalamu’alaikum pak Ustadz…. alamat tepatnya dimana ya pak..saya juga di solo… mo tau lebih tentang patrap…

  54. assalamu’alaikum pak pur.. saya sangat tertarik dan ingin memmperdalam tentang shalat khusyu’ selama ini saya hanya sebatas baca bukunya.sebetulnya saya ingin ikut pelatihannya tapi terbentur biaya.Adakah pelatihan shalat khusyu’ yang gratis..??? Apakah orang miskin tidak bisa shalat khusyu’ karna tak punya biaya..???

    • islam harus kaya pak, atau miskin boleh tapi berani bayar mahal terhadap ilmu yang akan diterima. insya Allah tidak akan sia sia pengorbanan harta dan jiwa yang bapak keluarkan untuk ilmu

  55. Kalau sudah mendapat Batang jangan kamu mencari Ranting, Kalau sudah mendapat Ranting jangan kamu mencari Daun… Salam Sayang beta tuk ustad Abu Sangkan dan Bp.Haji Selamet Utomo, sudah lama beta tak jumpa.

  56. sallam.kita wajib mencari ilmu dari allah menerusi ustaz dan semua umat mukminnin mukminah kenalah mencari kebahagiaan dalam ibadat dan keuntunganya bersama dalam islam oleh itu kita pasti punya limu sejagat moga boleh kita melawan musuh.jangan mencari perkara kecil dijadikan besar.yang amatpenting peratuan kita hendaklah erat dan dikasihi illahi.pak pur teruskan perjuangan kita amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>