tidak ada paksaan dalam beragama

kalau biasanya kita mengartikan dan menterjemahkan ayat
لا إكره فى الدين untuk tidak memaksakan agama kepada orang lain, ternyata kitapun yang sudah islam dalam menjalankan ibadah juga tidak boleh merasa dipaksa atau merasa terpaksa. Sebab orang yang terpaksa dalam beribadah amalnya tidak akan diterima karena otomatis pasti tidak ihlas. ketika kita sholat misalnya maka sujudnya tubuh harus ihlas dan sujudnya hati harus ihlas. meski sholat itu wajib tapi jangan merasa terpaksa dalam sholat.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 thoughts on “tidak ada paksaan dalam beragama

  1. assalamu’alaikum.
    saya sangat setuju dgn penjelasan Bapak tentang “tidak ada paksaan dalam beragama”

    namun ada ganjalan dihati saya ketika dalam sebuah diskusi di TV swasta “Indonesia lawyer club” kalimat diatas digunakan oleh sekelompok orang untuk memaksakan kehendak, mensponsori dan mendukung habis2an tokoh2 kontroversi untuk masuk ke Indonesia, semisal bedahbuku “irshad manji” . mereka bedalih “tidak ada paksaan dalam beragama”
    apakah penafsiran tentang “tidak ada paksaan dalam beragama” seperti ini dapat diterima. argumen itu digunakan hanya untuk menyudutkan kelompok2 yg menentang kedatangan tokoh2 kontroversi itu.
    … agaknya sangat jelas sumber suatu tindak kekerasan…dimana ada pihak yg ngeyel mensponsori alias mendukung habis2an tokoh2 kontroversi masuk ke indonesia, yg mana bagi mayoritas umat Islam di Indonesia tidak berkenan akan keberadaannya di tanah air ini..
    …..
    jika pak setiyo berkenan menanggapinya…
    mohon maaf bila tanggapan saya ini sebenarnya bukan substansi dari artikel Bapak.

    • saya rasa anda benar
      memang saya setuju dg pak pur bahwa Allah pun berfirman,,,,
      jngnlah mnyembah kpadaku kalu km tidak ikhlas,,,
      tp,,,,,,sy rasa klo d fikir-2 smua orang malas untuk solat,,,,,,trus klo udh malas apakah boleh mninggalkan nya..???
      tidak….!!!!! justru kemalasan itulah yg menjadi ujian bagi kita bahwa sberapa cinta kita pada Allah yg tlah memberikan nafas stiap harinya pada kita,,,,,PAK PUR TOLONG D TANGGAPI KLO ADA DIALOG YG SEPERTI INI DARI DULU ANDA TAK PERNAH ADA TANGGAPAN,,,yg sy tunggu jawaban anda d artikel KLO ALQUR’AN NYA UDAH JELAS KNPA HARUS D BAHAS..??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *