orang enggan belajar sholat khusyu salah satunya adalah dirinya tidak sadar bahwa sholat yang dijalankan tidak khusyu. dianggapnya sholat adalah sesuatu yang tidak perlu “sungguh sungguh”… sholat ya sholat… takbir ya takbir…. rukuk ya rukuk…. tidak sadar bahwa sholat adalah sarana menyembah Allah SWT. maka perlu adanya gerakan penyadaran tentang sholat yang tidak khusyu ini. sebab ini adalah permasalahan umat islam sekian ratus tahun ….. khusyu bukanlah konsumsi para wali , para kyai atau para syekh saja tapi khusyu adalah konsumsi bagi kita semua umat islam

gerakan penyadaran yang akan saya lakukan antara lain dengan membuat alat ukur tentang khusyu yang sekarang sedang saya rancang dan lakukan oleh beberapa dosen dan beberapa mahasiswa fakultas psikologi UMS serta melibatkan mitra dosen dari UiTM syah alam selangor malaysia (www.fuadlatip.com).

tujuan alat ukur ini nantinya untuk mengetahui secara ilmiah seberapa khusyu sholat yang dilakukan. sehingga sadar jika sholatnya tidak khusyu dan memerlukan sebuah pembelajaran sholat yang dapat meningkatkan kekhusyuan.

dalam rangka ini saya mohon bila ada support dari rekan rekan pembaca silahkan untuk kontak saya dengan memberikan komentar di kolom atau tulisan ini.