tips agar jidat tidak hitam karena sujud

seringkali jidat hitam menjadi tanda yang dapat menjadikan orang sombong, sombong karena memiliki tanda bahwa dirinya sering sujud. nah bagi kita yang tidak ingin jidatnya hitam karena sering sujud dibawah ini saya tuliskan beberapa cara untuk mengurangi hitamnya jidat.

  1. gunakan sajadah yang empuk atau tidak keras sehingga ketika sujud jidat teras lebih enak dan lembut hal ini tentunya akan membuat jidat tidak hitam
  2. ketika sujud carilah posisi yang paling seimbang sehingga tidak terlalu berat ke depan, jika berat badan terlalu kedepan maka jidat akan menahan berat badan kita hal ini akan menyebabkan jidat akan mudah hitam (bahasa jawa kapalen).
  3. pada saat sujud usahakan muka yang menempel pada lantai adalah hidung, jidat kalau memungkin kan mulut. hal ini tentunya akan mengurangi tekanan yang ada pada jidat.
  4. kalau sujud jangan terlalu panjang, semakin panjang (dlosor) sujud kita maka akan semakin cepat hitam jidat kita
  5. kalau perlu gunakan pelembut di dahiĀ  atau jidat kita sehingga bagian tersebut lebih lunak.
  6. gunakan tangan kita kanan dan kiri sebagai bantuan untuk menahan berat badan , hal ini akan mengurangi banyak beban berat yang ada di dahi..

selamat mencoba, dahi hitam, jika tidak kuat mentalnya, akan menyebabkan sombong “sombong spiritual” jika ini terjadi maka akan menjadikan sujud kita tak bernilai.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

20 thoughts on “tips agar jidat tidak hitam karena sujud

  1. setuju mas pur… kadang saya takut kalo jidat saya hitam, jadi kalo sholat kadang sajadah tak rangkap tiga… saya rasanya isin bila jidat hitam, seperti tukang sholat padahal kelakuane kurang ajar, jadi takut sholat jadi kambing hitam… kata orang tuh sholatnya tekin sampai jidatnya hitam tp kelakuannya kayak bajingan… kan isin mas…

  2. Imam Fakhruddin Al-Razi menyatakan terdapat dua pendapat dalam mentafsirkan tanda ini ( At-Tafsir Al-Kabir, 28/93 ) :-

    Pertama : Tanda itu akan ternampak di akhirat kelak sebagaimana firman Allah dalam surah Ali Imran ayat 106 ” Di hari yang Allah memutih dan menggelapkan wajah” dan juga dari surah At-Tahrim ayat 8.

    Kedua : Tanda ini akan terzahir di dunia lagi. Terdapat dua kemungkinan yang disebut,

    a) Bekas sujud ini adalah tanda hitam di dahi. Namun perlu diingat ada sebahagiannya memang hitam kerana banyaknya sujud, namun banyak sujud belum tentu diterima solatnya. Manakala ada yang hitam sebab-sebab lain.

    Justeru secara umumnya, tanda hitam di dahi, boleh membawa erti tanda sujud yang banyak dan lainnya. Jika tanda sujud itu diiringi dengan sifat-sifat mahmudah dirinya dan wajahnya yang menepati ciri kedua di bawah, lalu ia kemungkinan besar tanda yang benar.

    b) Satu tanda yang Allah zahirkan di wajah orang yang sujud dari raut yang bercahaya, kelihatan tenang dan menyenangkan. Tanda inilah yang disebut terdapat pada wajah Baginda Nabi Muhammad S.A.W, para sahabat dan lain-lain ulama.

  3. ya betul…begitu cara yang sudah saya lakukan pakain sajadah yang empuk atau sajadah dilipat dua untuk sujud

  4. Makasih infonya, semoga bermanfaat, tapi mas Pur, boleh gak pakai peci yang tebal atau sengaja dibikin tebal dan menutupi dahi saat sujud agar timbul bekas hitam?

  5. @Kang Piyanto dan Endipedia.com
    Haha.. Sama, jidat sy jg hitam padahal sholatnya biasa” aja. Akhlak juga masih belum baik. Tapi melihat penjelasan kedua mas” ini, sepertinya sosok yg begitu rendah hati. Menurut saya inilah yg paling baik, sebagaimana firman ALLAH SWT bahwa dia tidak melihat harta dan wajah seseorang, tapi hatinya.

  6. Cara menghilangkannya gmn ya.apa ada bahan alami .saya sama sekali tidak menginginkan hal ini terjadi pd diri sama saya.apalagi kepikiran buat menyombongkan diri..memang SANGAT SUSAH buat menghilangkan penyakit hati itu.

  7. Sip.
    bagus gan artikelnya.
    Kadang tanpa sengaja kita menginginkan jidat kita hitam, biar di anggap alim..
    Tapi kadang tanpa sengaja juga jidat kita menghitam tanpa di sengaja..
    Trus gimana kalo sudah terlanjur hitam?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *