tips agar jidat tidak hitam karena sujud

seringkali jidat hitam menjadi tanda yang dapat menjadikan orang sombong, sombong karena memiliki tanda bahwa dirinya sering sujud. nah bagi kita yang tidak ingin jidatnya hitam karena sering sujud dibawah ini saya tuliskan beberapa cara untuk mengurangi hitamnya jidat.

  1. gunakan sajadah yang empuk atau tidak keras sehingga ketika sujud jidat teras lebih enak dan lembut hal ini tentunya akan membuat jidat tidak hitam
  2. ketika sujud carilah posisi yang paling seimbang sehingga tidak terlalu berat ke depan, jika berat badan terlalu kedepan maka jidat akan menahan berat badan kita hal ini akan menyebabkan jidat akan mudah hitam (bahasa jawa kapalen).
  3. pada saat sujud usahakan muka yang menempel pada lantai adalah hidung, jidat kalau memungkin kan mulut. hal ini tentunya akan mengurangi tekanan yang ada pada jidat.
  4. kalau sujud jangan terlalu panjang, semakin panjang (dlosor) sujud kita maka akan semakin cepat hitam jidat kita
  5. kalau perlu gunakan pelembut di dahiĀ  atau jidat kita sehingga bagian tersebut lebih lunak.
  6. gunakan tangan kita kanan dan kiri sebagai bantuan untuk menahan berat badan , hal ini akan mengurangi banyak beban berat yang ada di dahi..

selamat mencoba, dahi hitam, jika tidak kuat mentalnya, akan menyebabkan sombong “sombong spiritual” jika ini terjadi maka akan menjadikan sujud kita tak bernilai.