dalam diri kita ada wilayah wilayah pikiran. paling bawah adalah wilayah pikiran dimana kita tidak berdaya dan selalu mengikuti nafsu nafsu pikiran tanpa dapat kita kendalikan. wilayah lebih tinggi lagi adalah pikiran keramaian yaitu kita sangat terganggu dengan keramaian pikiran kita. wilayah ini meski kita tidak mengikuti pikiran (relatif bisa mengendalikan) namun ini sangat mengganggu terutama pada saat sholat karena lintasan lintasan pikiran yang sangat banyak sehingga kadang kadang membuat kita tak berdaya. dan wilayah ini yang paling banyak dialami kita yang sedang sholat. kita sholat tapi pikiran kemana mana……
wilayah teratas adalah wilayah tenang , kita melewati keramaian… keramaian kita lihat seperti kita berada pada lantai teratas dari suatu gedung dan kita melihat keramaian di bawah….. meski kita tahu ada keramaian namun kita mampu mencapai ketenangan…. ketenangan dalam keramaian.
cara untuk mencapai ketenangan atau wilayah ketenangan ini kita harus hafal betul jalannya dan wilayahnya, ada baiknya belajar kepada yang sudah mencapai wilayah ini sehingga transfer “wilayah” bisa lebih cepat dan mudah untuk diulang ulang….
untuk wilayah ini saya membuka pelatihan nya, tentunya jika lokasi jauh saya sangat mengharapkan peserta minimal 10 maksimal 20 dan jika dalam kota dapat mengikuti nya di tiap malam jumat di padepokan patrap.