tips mencari guru mursyid : ukurannya adalah ketaqwaan

tidak ada yang namanya maqom dalam dunia sufi, karena seorang sufi yang lurus pasti berpedoman kepada al quran dan sunah, bukan kepada kitab kitab tasawuf yang bersebarangan al quran dan sunah. maqom dalam islam hanya ditentukan oleh seberapa takwa dia kepada Allah SWT. jadi ukuran keturunan ukuran ilmu dan ukuran banyak nya pengikut tidak bisa dijadikan pedoman.

maka berhati hatilah dalam mencari guru sufi, carilah yang lurus ke Allah carilah yang takwanya kepada Allah teruji. jangan tertipu oleh faktor keturunan, ilmu, amalan amalan dia yang berat berat, bahkan jangan tertipu dengan kesaktian baik yang disaksikan secara langsung atau sekedar katanya katanya. jangan terhipnotis oleh serban, oleh jubah, oleh suara dia yang berat, dan asesoris lainnya. Tetapkan bahwa ukuran adalah ketakwaan kepada Allah SWT.

Guru yang benar benar bertakwa dia tidak akan menghalangi murid untuk langsung ke Allah, dirinya tidak menjadi hijab dengan memposisikan diri sebagai “jalur birokrasi” untuk ke Allah. Guru yang benar bertakwa adalah guru yang menunjukkan jalannya dan selalu memotivasi muridnya untuk jalan sendiri menuju kepada Allah. Si Guru akan selalu mengingatkan jangan sampai salah niat, dan jangan sampai salah tujuan.

baik selamat hunting, biasanya guru yang seperti ini tersembunyi jadi carilah dengan jeli …..

2 thoughts on “tips mencari guru mursyid : ukurannya adalah ketaqwaan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *