tips tidak mengantuk saat shalat jumat

saya saksikan hampir 80% peserta jumatan mengantuk saat mendengar khutbah jumat saya kira ini proses yang wajar… di siang hari kita diminta duduk bersila tidak boleh ini dantidak boleh it, sambil dengan terpaksa mendengar khutbah yang monoton dibalik podium. tidak ada gaya bicara terlebih interaksi… keadaan demikian otomatis aken menyebabkan mengantuk persis dengan suasana terhipnotis… jadi pada saat itu kita terhipnotis alias tertidur.. pada hal sebenarnya kita tidak tidur.

tentunya kualitas jumat yang demikian akan mengurangi nilai dari jumatan itu sendiri, nah sekarang bagaimana caranya agar kita bisa terhindar dari terhipnotisnya kita saat shalat jumat yang pertama : berusaha jangan serius ketika jumat, santai saja namun tetap memperhatikan apa yang disampaikan pembicara, jangan menunduk berrusahalah untuk menatap pembicara jika menunduk akan semakin menstimulasi kitauntuk mengantuk. posisi duduk kalau bisa jangan sila karena sila kita pasti membungkuk, maka sebaiknya duduk bersimpuh dengan badn tegak itu lebih menjaga kita agar tidak tertidur. kemudian aktifkan otak kita untuk memikirkan apa yang disampaikan oleh pembicara, sehingga semakin aktif maka otak imajinasi kita tidak akan aktif. demikian kira beberapa tips yang dapat anda lakuan jika masih ada tips lain silahkan isi di kolom komentar makasih…

2 thoughts on “tips tidak mengantuk saat shalat jumat

  1. bener banget klo sholat jumat saat khutbah pasti ngantuk pol!! padahal kt kan udah wudhu tuh. logikanya kalo wajah kita tersentuh air (cuci muka) maka rasa mengantuk kita akan hilang. tapi ini tidak juga hilang. Kalau menurut saya, ada yang salah dengan cara penyampaian khatib saat khutbah. Mari ikut imajinasi saya: ” bagaimana seandainya jika yang menjadi khatib kita adalah KH ZAINUDDIN MZ??” masihkah kita mengantuk??? jelas tidak!! maka yang salah bukan materi khutbahnya yang monoton atau apalah namanya. TAPI KHATIBNYA YANG MEMBOSANKAN!!
    sayang sekali para ustadz itu tidak pernah mempelajari Ilmu Komunikasi!

  2. @agung… Khotbah Jumat itu lain dengan ceramah biasa karena diatur rukun-rukunnya jadi gak bisa sembarangan. kalo ceramahnya (Alm) Zainudiin MZ kan itu santai ya karena cuman ceramah rutin harian biasa… ibarat kata (Alm) Zainudiin MZ di salah satu ceramahnya, jamu itu pahit rasanya tapi manis manfaatnya gak kayak sirop yang rasanya manis. So, bisa saja khotbah yang membosankan ternyata manfaatnya lebih besar. Dicoba untuk menikmati aja bagaimanapun cara khotbahnya, hayati isinya jangan lihat siapa yang bawain atau caranya gimana,,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *