Titik kesadaran dalam dzikir nafas

ada satu titik dimana ketika kita melatih dzikir nafas kita berada dalam keadaan tenang sehingga kita lebih sadar dari sebelumnya. kesadaran dalam ketenangan ini akan membawa satu perubahan dalam hidup ita baik cara pandang dan cara berperilaku kita. Syarat untuk mencapai kesadaran itu adalah kita tidak boleh melakukan dzikir nafas dengan expectasi apapun jadi harus Nol. Ketika kita  melakukan dzikir nafas sudah dicampuri dengan keinginan yang bermacam macam termasuk “ingin mencapai titik kesadaran” maka akan dapat merusak proses menuju titik kesadaran itu sendiri. jadi sekali lagi dalam berdzikir nafas kita tidak boleh berekspektasi apapun atau berharap apapun.

ekspektasi ini kita lakukan sejak kita melakukan dzikir nafas pada level pertama pada level berikutnya apalagi. keadaan tanpa ekspktasi ini akan mempercepat proses masuk ke alam “titik kesadaran”. alam titik kesadaran ini ditandai dengan keadaan tenang yang teramat sangat tenang. Nah dengan keadaan tenang kita akan lebih sadar.

kalau masih susah mencapai keadaan ini lakukan cara dzikir nafas lebih relaks diam, coba diam selama latihan biarkan tubuh ini bereaksi setiap ada aksi dari tubuh kita biarkan saja kita hanya mengamati dan diam. jadilah jiwa yang berserah dan tidak memberikan respon apapun yang terjadi. kemudian sambungkan hati kita kepada Allah yang maha rahman dan rahiim. terus lakukan cara ini. saya tidak bisa memastikan juga kapan keadaan tenang itu bisa dicapai yang jelas piintu untuk masuknya adalah seperti yang saya utarakan di atas. semoga Allah memudahkan kita mencapai kesadaran ilahiah yang membuat kita tenang…….

amin

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

5 thoughts on “Titik kesadaran dalam dzikir nafas

  1. untuk memasuki keadaan relaks, diam & berserah itu, samar2 masih terganggu
    oleh fikiran dan hati/perasaan. Semestinya fikiran & perasaan kita nggak ada object gitu ya mas…?

    Tapi bagaimana caranya …?

  2. dalam melakukan dzikir nafas yang paling utama harus dilakukan kesadaran bahwa kita sedang diperhatikan Allah Swt sehingga kesadaran akan dzikir nafas mesti kita arahkan pada dzat Allah yang tidak sama dengan apapun .lama lama kesadaran meningkat menuju kepada yang tak terbatas yang sangat dekat…..lalu menikmati rasa tenang….tak tau….lalu…pokoknya asyik…..dan teruslah berdzikir sampai…..

    • suwun Pak Saiful/Mas Setiyo …
      Mohon maaf, boleh diperjelas sedikit lagi nggak Pak, KESADARAN itu seperti apa …?
      Saya yaqin ini sulit untuk dijelasan. .. Begini maksud saya, orang yg terbuka kesadarannya itu pastinya beda dengan yg masih tertutup. Sesungguhnya apa yang menutupi kesadaran itu & bagaimana menyingkapkannya/supaya tersingkap dengan sendirinya …?

      salam

  3. saudaraku ihda .cobalah duduk setelah shalat minimal 5 menit dengan melakukan dzikir dan sadari betul jika kita sedang sedang diawasi oleh Allah SWT .dzikirlah dengan pelan dsn arahksn jiwa kita pada dzat ysng maha luas dan diamlah….untuk jelasnya silakan dibuka solospiritislam. terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *