Transpersonal Psychology pas untuk mbahas khusyu…

psikologi transpersonal psikologi merupakan aliran keempat setelah psikologi humanistik, dimana kajian dan bahasan psikologi transpersonal ini adalah sisi sisi kedalaman mental experience terutama pengalaman pengalaman spiritual yang dialami seseorang ketika dia mendalami kejiwaannya. objek dari ilmu tersebut adalah sebangsa medtasi relaksasi, perubahan perubahan kesadaran (the altered states of consciousness). kajian yang dialami oleh sebagian kecil orang kadang membuat aliran tidak banyak diminati oleh kalangan psikolog, disamping kajian yang terlalu eksklusif.

khusyu merupakan keadaan jiwa yang jika di dalam tidak akan ada habisnya, semakin dalam semakin dalam dan semakin dalam. setiap kedalaman memiliki dimensi spiritual tersendiri. kondisi kejiwaan yang seperti ini tidak bisa dikupas dengan humanistik terlebh behaviour atau bahkan psikoanalisa. memang psikologi transpersonal tidak mengkhususkan membahas agama tertentu namun keadaan kejiwaan yang dialami oleh seseorang yang mendalami spiritual akan terjadi sama dengan apa yang terjadi dalam kekhusyuan, ini adalah wialayh universal siapapun bisa melampaouinya.

saya  sendiri termasuk pendukung berat psikologi transpersonal karena untuk menjelaskan keadaan kejiwaan khusyu paling seseuai teori teorinya dengan psikologi transpersonal. misalnya ketika sholat ada keadaan seperti ditempat yang luas.. ini sesuai denagn teori peaks experience… terus misalnya suatu keadaan yang kosong tidak ada sesuatu pun .. zero mind…dan masih banyak lagi fenomena fenomena aneh yang bisa dijelaskan melalui psikologi transpersonal.