Transpersonal Psychology pas untuk mbahas khusyu…

psikologi transpersonal psikologi merupakan aliran keempat setelah psikologi humanistik, dimana kajian dan bahasan psikologi transpersonal ini adalah sisi sisi kedalaman mental experience terutama pengalaman pengalaman spiritual yang dialami seseorang ketika dia mendalami kejiwaannya. objek dari ilmu tersebut adalah sebangsa medtasi relaksasi, perubahan perubahan kesadaran (the altered states of consciousness). kajian yang dialami oleh sebagian kecil orang kadang membuat aliran tidak banyak diminati oleh kalangan psikolog, disamping kajian yang terlalu eksklusif.

khusyu merupakan keadaan jiwa yang jika di dalam tidak akan ada habisnya, semakin dalam semakin dalam dan semakin dalam. setiap kedalaman memiliki dimensi spiritual tersendiri. kondisi kejiwaan yang seperti ini tidak bisa dikupas dengan humanistik terlebh behaviour atau bahkan psikoanalisa. memang psikologi transpersonal tidak mengkhususkan membahas agama tertentu namun keadaan kejiwaan yang dialami oleh seseorang yang mendalami spiritual akan terjadi sama dengan apa yang terjadi dalam kekhusyuan, ini adalah wialayh universal siapapun bisa melampaouinya.

saya  sendiri termasuk pendukung berat psikologi transpersonal karena untuk menjelaskan keadaan kejiwaan khusyu paling seseuai teori teorinya dengan psikologi transpersonal. misalnya ketika sholat ada keadaan seperti ditempat yang luas.. ini sesuai denagn teori peaks experience… terus misalnya suatu keadaan yang kosong tidak ada sesuatu pun .. zero mind…dan masih banyak lagi fenomena fenomena aneh yang bisa dijelaskan melalui psikologi transpersonal.

0 thoughts on “Transpersonal Psychology pas untuk mbahas khusyu…

  1. assalamulaikumwr wb
    untuk menambah kegiatan serta menaikkan “gengsi” khususnya keberadaan shalat center solo saya usulkan kita punya program untuk masuk kewilayah “elite”solo lewat seminar atau kajian yang isinya kira-kira hubungan “transpersonal psychology “dengan shalat khusyu khususnya pada acara di bulan ramadhan.
    bisa di fatimah selesai taraweh atau di grand setia kawan
    sebelum buka puasa. atau di programkan khusus akhir tahun dengan peserta para akademisi .
    wassalam
    fairu

  2. setuju pak fairu nanti kita siapkan untuk materi dan format acara yang tentunya lebih bergengsi..bagaiaman kalau sambil lalu kita bahas di malam jumatan sekalian mbahas persiapan ramadhan

  3. Assalamu’alaikum Wr. Wb.

    Terima kasih mas Setiyo Purwanto – senang dapat berjumpa anda melalui “Aktivitas Shalat Center Solo”
    Dan Insyaallah saya akan rajin mengikuti tulisan dan artikel2 di Jurnal ini.

    Wassalam
    Sahabat seperjalana
    “Abi Ahmad”

  4. Alhamdulillah…insyaallah tgl 3 @ 4 nov 2009 ada pelatihan sholat khusyu di SD al-azhar 9 kemang pratama 5 bekasi dan saya tertarik utk mengikuti pelatihan ini. Bukan hanya ingin mendapatkan shalat yang benar namun juga ingin merasakan kesadaran diatas sadar (the altered states of consciousness).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *