untuk apa pikiran itu ….hasil diskusi di salatiga

kemarin malam, kita berempat : saya, masruri, aziz dan irfan bersilaturahmi ke tempat pak Indro Salatiga, semarang. dalam diskusi yang berjalan mulai isya dan kita pulang sekitar 21.30,  banyak membicarakan tentang konsep little madinah. salah satunya adalah konsep UMI yang mengandung makna tidak berfikir. little madinah di jalankan dengan tidak berfikir karena konsepnya adalah umi, terus mas irfan bertanya sekarang apa gunanya pikiran, kok kita tidak boleh berfikir. kemudian saya sedikit menjelaskan tentang konsep Umi dimana memasuki alam kosong akan terlihat jelas bagaimana Allah memberikan ilham ide, ilham sesuatu yang dimasukkan dalam pikiran. jadi pikiran kita gunakan untuk menerima ilham Allah yang berupa ide ide, atau yang berupa kognitif. pikiran adalah wadah yang bisa menerima sinyal dari Allah tentang maksud dan kehendak Allah. kalau kita berpikir malah ini membuat pikiran kita dipenuhi keinginan kita dan “olah pikiran kita” tapi jika di “lerem” kan, di istirahatkan maka ilham Allah akan datang maka kehendak Allah yang ditangkap oleh pikiran akan sangat jelas.

masjid besar kauman suruh salatiga

masjid besar suruh salatiga

gambar diatas di ambil setelah menjalankan sholat isya karena masjid besar suruh ternyata di depan rumahnya Pak Indro. masjid tersebut berarti sudah 2 abad, terlihat masih kuno dan suasananya sangat mendukung unutk patrap dan sholat. ketika sholat pun sempat mendapatkan ketegasan tentang beberapa hal. berarti memang tempatnya memang baik.

pada waktu pulang pak indro menawarkan untuk mengadakan kegiatan di sini , saya pun menyambut dengan antusias bagaimana kalau kita adakan kegiatan spiritual outbond …. sangat asyik sekali karena fasilitas sudah sangat mendukung seperti ruangan menginap, alam yang mendukung dengan view yang bagus, sudah ada masjid yang pas untuk patrapan dan sholat khusyu, ada mata air (sendang) dimana kita bisa mempraktekan patrap di air……..okelah .. kalau begitu.. insya Allah akan kita adakan mohon doa dan dukungannya. sekian

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

10 thoughts on “untuk apa pikiran itu ….hasil diskusi di salatiga

  1. Alhamdulillah…ternyata jawaban dari uneg2 saya terjawab dengan gamblang. Waktu kami mengadakan halaqoh kecil2an dirumah, Mas Guntar selaku penyampai selalu bilang ‘masalahnya masih pada menggunakan pikiran’ dlm hati berkecamuk pertanyaan, kalau kita sekali2 ndak menggunakan pikiran, lalu pikiran kita buat apa? Makasih banyak Mas Pak Ustad Pur…atas penjelasannya…

  2. Kemarin ke Suruh nggih mas…wah deket dgn gubug mas sy mas di salatiga..bsk lg katuran pinarak mas pur..bsk kl ad kegiatan insyaallah ikut mas..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *