valentine day dengan silatun

ya pencanangan hari kasih sayang sebenarnya isalmi banget, fatihah saja diawali dengan kasih sayang. valentine day merupakan bentuk silatun kepada manusia yaitu silaturahmi… jadi kalau menganggap hari valentin sebagai hari yang haram.. wah salah besar. silatun atau rasa sambung kepada sesama manusia harus selalu kita jaga, sambungan ini tidak sekedar nyambung namun ada daya kesambungan yaitu kasih dan sayang. contoh misalnya kita punya motor maka pasti hati kita akan sambung ke motor tersebut … tidak hanya itu motor itu kita sayangi kita bersihkan, lap, dst …. dengan benda saja kita bisa apalagi dengan manusia. dalam berinteraksi dengan manusia pasti daya yang menyertainya bermacam macam kadang positif dan kadang negatif… dengan hari valentin inilah kita diingatkan untuk menyalurkan energi positif…

selamat berkasih sayang…..(tapi inget jangan kebablasan ……), hindari hal hal yang mendekati zina ya

24 thoughts on “valentine day dengan silatun

  1. Terus terang sy geli baca artikel ttg valentine day dg silatun…tp apa yg bapak sampaikan bs bikin orang panas kuping (itu bagi orang ug beraliran lain)…kalo sy sich yg penting ga perlu peringatan2 segala ‘coz silatun itu kan gak harus di bulan februari aja…betul tidak? silatun dg manusia kan bisa kapan saja,valentine day kan budaya non-islam alias budaya romawi..mungkin itu saja dari sy.nuwun

  2. setuju.. seperti lebaran minta maaf kan bisa tiap saat… jangan menunggu lebaran…kalau masalah budaya asal tidak melanggar syariat agama kan sah sah saja untuk kita duplikat… misalnya budaya barat tentang disiplin kerjanya, kesungguhannya dalam inovasi teknologi… ini budaya positif yang perlu kita contoh… jujur saja budaya seprti ini jarang kita temukan di budaya yang nota bene penduduknya mayoritas muslim…pada hal islam sendiri mengajarkan displin dan riset riset…. jadi intinya kalau budaya entah itu barat, romawi atau manapun yang bukan arab namun kalau itu merupakan ajaran islam seperti disiplin tadi ya patut kita contoh….ya tho mas

  3. yg jadi masalah sih bukan halal-haramnya. tapi bagaimana cara anak2 muda menyambut tgl 14 ini dengan pesta2 yg bisa menggoyahkan akidah

  4. yaitulah pak… kalau valentine nya sih bagus cuma dilapangan itulho banyak yang kebablasan… maka sebaiknya ndak usah valentinan saja cukup dengan sedekah… dan sedekahnya tidak harus kepada orang dicintai saja tapi coba sedekah kepada mereka yang minta minta…

  5. Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.

  6. SEJARAH VALENTINE:

    Sungguh merupakan hal yang ironis(menyedihkan/tidak sepatutnya terjadi) apabila telinga kita mendengar bahkan kita sendiri ‘terjun’ dalam perayaan Valentine tersebut tanpa mengetahui sejarah Valentine itu sendiri. Valentine sebenarnya adalah seorang martyr (dalam Islam disebut ‘Syuhada’) yang kerana kesalahan dan bersifat ‘dermawan’ maka dia diberi gelaran Saint atau Santo.

    Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya (pertelingkahan) dengan penguasa Romawi pada waktu itu iaitu Raja Claudius II (268 – 270 M). Untuk mengagungkan dia (St. Valentine), yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cubaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai ‘upacara keagamaan’.

    Tetapi sejak abad 16 M, ‘upacara keagamaan’ tersebut mulai beransur-ansur hilang dan berubah menjadi ‘perayaan bukan keagamaan’. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut “Supercalis” yang jatuh pada tanggal 15 Februari.

    Setelah orang-orang Romawi itu masuk agama Nasrani(Kristian), pesta ‘supercalis’ kemudian dikaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagai ‘hari kasih sayang’ juga dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropah bahwa waktu ‘kasih sayang’ itu mulai bersemi ‘bagai burung jantan dan betina’ pada tanggal 14 Februari.

    Dalam bahasa Perancis Normandia, pada abad pertengahan terdapat kata “Galentine” yang bererti ‘galant atau cinta’. Persamaan bunyi antara galentine dan valentine menyebabkan orang berfikir bahwa sebaiknya para pemuda dalam mencari pasangan hidupnya pada tanggal 14 Februari. Dengan berkembangnya zaman, seorang ‘martyr’ bernama St. Valentino mungkin akan terus bergeser jauh pengertiannya(jauh dari erti yang sebenarnya). Manusia pada zaman sekarang tidak lagi mengetahui dengan jelas asal usul hari Valentine. Di mana pada zaman sekarang ini orang mengenal Valentine lewat (melalui) greeting card, pesta persaudaraan, tukar kado(bertukar-tukar memberi hadiah) dan sebagainya tanpa ingin mengetahui latar belakang sejarahnya lebih dari 1700 tahun yang lalu.

    Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa moment(hal/saat/waktu) ini hanyalah tidak lebih bercorak kepercayaan atau animisme belaka yang berusaha merosak ‘akidah’ muslim dan muslimah sekaligus memperkenalkan gaya hidup barat dengan kedok percintaan(bertopengkan percintaan), perjodohan dan kasih sayang.

  7. Sebagai seorang muslim tanyakanlah pada diri kita sendiri, apakah kita akan mencontohi begitu saja sesuatu yang jelas bukan bersumber dari Islam ?

    Mari kita renungkan firman Allah s.w.t.:

    “ Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)

    Dalam Islam kata “tahu” berarti mampu mengindera(mengetahui) dengan seluruh panca indera yang dikuasai oleh hati. Pengetahuan yang sampai pada taraf mengangkat isi dan hakikat sebenarnya. Bukan hanya sekedar dapat melihat atau mendengar. Bukan pula sekadar tahu sejarah, tujuannya, apa, siapa, kapan(bila), bagaimana, dan di mana, akan tetapi lebih dari itu.

    Oleh kerana itu Islam amat melarang kepercayaan yang membonceng(mendorong/mengikut) kepada suatu kepercayaan lain atau dalam Islam disebut Taqlid.

    Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.
    Firman Allah s.w.t. dalam Surah AL Imran (keluarga Imran) ayat 85 :“Barangsiapa yang mencari agama selain agama Islam, maka sekali-sekali tidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi”.

  8. JANGAN ANDA MENGAKU ISLAM APABILA ANDA MENGIKUTI AJARA KAUM NASRANI ITU!!

    SEBENARNYA ANDA INI BUTA, TULI BODAH, BEBAL ATAU TIDAK PUNYA OTAK???

    PERCUMA PUNYA GELAR SARJANA S2

    SEMOGA ALLAH S.W.T. MEMBERIKAN KEIMANAN YANG KUAT KEPADA SEMUA ORANG YANG MEMBACA ARTIKEL ANDA YANG TIDAK JELAS INI. AMIN.

  9. wah wah… mbak dewa akbar eh mbak apa mas ya… semangat banget…he he…. santai saja mbak… masuk blog ini harus tumakninah…. ndak boleh marah marah .. apalagi nyinggung nyinggung S2 UGM saya… he he…..
    ya sudahlah mbak/mas dewa kalau kurang setuju dengan tulisan saya nggak dosa kok…. terimakasih petuah petuahnya…..

  10. Apa kabar nih pak Setiyo? maju terus ya pak. Sedikit nimbrung nih pak. Saya jadi ingat waktu saya belum pindah rumah dulu…. dulu di daerah saya ada beberapa anak muda yang suka latah kalau ada perayaan, entah itu perayaan idul fitri, tahun baru, hari kemerdekaan, bahkan cuma sekedar malam minggu, mereka acap kali merayakannya dengan pesta miras plus kalau ada duit lebih mereka zinah, nggak nyambung banget kayaknya dengan tema perayaan itu sendiri, dan yang lebih extreme lagi beberapa waktu yang lalu saya pernah ngobrol dengan seorang pemilik warung di suatu area yang di situ berjejer hotel-hotel kelas melati puluhan jumlahnya, katanya kalau hari minggu hotel-hotel itu ramai sekali kalau nggak mau di bilang penuh, semoga saya tidak su’udzon,mungkin saja mereka yang booking cuma ngobrol2, duduk2, atau malah lagi mengadakan pengajian, tapi seandainya kita sedikit berandai andai, andai mereka yang booking melakukan zinah, terus seandainya, sekali lagi ini cuma seandainya ada yang mengharamkan hari minggu, trus hari liburnya di ganti hari jum’ at, trus kira kira apakah hari di minggu hotel hotel itu akan kosong??? lalu hari jum’at??? kalau masalah dalil2 dan hukum2 islam terus terang saya hanya orang awam, kalau masalah ini silakan anda-anda yang lebih faham saja,
    “ Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)
    mohon pencerahannya mngenai ayat ini dong….. jangan- jangan saya nanti ga boleh pakai internet lagi ( eh… internet itu yang buat orang islam apa nasrani ya???) saat ini saya lagi di warnet, orang yg di sebelah saya lagi browsing apa ya? Kalau saya lagi mbaca tulisannya pak setiyo, trus kalau ada yang lagi mbuka situs ” xxx” ??? trus ada kemungkinan nggak kalau warnet atau internet di fatwa haram atau bid’ah???? sekali lagi mohon pencerahannya, wong pak setiyo yang S2 ugm aja masih mengaku tolol apalagi saya yang lulus sma aja karena untung untungan, semoga keberkahan Allah selalu menyertai kita semua terutama pak Setiyo sekeluarga

  11. lha ya tho mas cipto orang islam itu ada yang lucu katanya mau menghidar dari produk orang kafir… weleh weleh apa ya bisa… meski orang kafir itu bukan islam tapi mereka menjalankan islam.. apa meneliti, inovasi dan mau berpikir ke depan.. coba orang islam yang dilihat cuma masa lalu, kitabnya saja masa lalu semua kalau quran sih update terus tapi kalau terjemahan atau tafsir masih banyak berkiblat pada tulisan jadul (jaman dulu) ya terang saja ketinggalan. sekarang ini orang islam sebaiknya menjalankan islam jangan sedikit dalil sedikit dalil tapi menyampaikan dengan marah marah nah dia hapal dalil tapi tidak bisa menjalankan qurannya. mengenai internet ya sama dengan quran juga ini kalau kita mau buka bukaan… quran itu benda kadang kita dibuat syirik dengannya ndak percaya.. coba kita lihat di berbagai tempat quran di pandang sebagai tulisan yang bisa bikin sakti, sembuh atau di pakai ruqyah ruqyahan artinya dipakai jimat jimatan malah melupakan allahnya.. nah syirikan… ya sama dengan internet tergantung kita yang pakai kalau di pakai negatif ya negatif.. tapi kalau di pakai positif.. ya psti positif gitu. jadi kalau kita tahu yang positif ya dipakai aja yang positif. kan jelas apa apa yang negatif dan positif bagi kita. nah ayat diatas kan kalau kita tidak tahu.. padahal mas cipto sendiri kan tahu internet itu ada yang bisa dipakai + dan – jadi sangat jelas… so jangan takut untuk ke warnet… lha saya saja tak rewangi ragat.. agar bisa ngenet… agar bisa berdakwah…

  12. GIMANA REKAN DEWA AKBAR??? ADA PENCERAHAN TO?? KALAU KURANG JELAS NANYA LAGI AJA SAMA PAK SETIYO, TAPI TARIK NAFAS DULU PELAN2 , MARAH2 KAN BIKIN STRESS, HE.. HE.. LAM KENAL AJA

  13. eh..eh.. jangan bertengkar donk, Klo Valentine perayaanya pake cium2an, end yang lainnya yang menjurus ke zina itu mah haram. Tapi memang klo valentine setahu saya itu budaya non islam, saya setuju dgn yang diatas saya pun memvonisnya haram pak, walaupun saya bukan anggota MUI yang memberi fatwa Salah kaprah Memnonis GOLPUT Haram, lha wonk perayaannnya aja jauh dari nilai-nilai islam kok. Tapi kalo dihubunhgkan dgn kasih dan sayang, memang kita harus saling mengasihi dan menyayangi sesama tapi bukan kayak anak2 muda jaman sekarang itu lho.

  14. Subhanallah..Alhamdulillah..Allahu Akbar…sudah jangan diperpanjang lagi…hari yang namanya tidak disebut dalam al Qur’an maupun Hadist itu tidak penting kok, bukan masalah penting, sangat tidak layak dianggap penting..jadi yang bicarapun jangan merasa sudah bicara hal yang paling penting…nanti kita seperti malah ikut mempromosikan masalah tidak penting itu too..lebih baik kita diskusikan hari-hari penting dalam agama kita sendiri yang belum tentu semua sudah kita ketahui…setujuuu???!!!
    Yang jelas kerjanya setan itu canggih, mengadu-adu dan menghasut-hasut…bahkan memang tidak dilarang Allah SWT sampai akhir jaman nanti..jadi mereka akan pakai ilmu macam-macam…intinya ya mung kilah-kilah gitu lho mas…mbak…eling lan waspodo…yang jelas makin kemropok, makin terpancing dan kita makin bernafsu…dan akhirnya lupa waktu, lupa kalau setiap waktu yang kita habiskan sudah dicatat oleh malaikat….jadi yuk kita bahas yang penting dan maton saja yuk…biar tambah pinter, ora keblinger lan ora nglanggar pager….
    Nah ini ada hal yang mungkin lebih penting dibahas (maaf ya Mas Setiyo Purwanto), semoga njenengan, kulo, kito sedoyo langkung (tambah) iman, ikhlas lan istiqomah…mekaten tho…monggo sami donga dinonga nggih…
    Ada soal yang tampaknya sepele tapi perlu diingat, semoga teman-teman, saudara=-saudaraku seiman semua bisa menjawabnya:
    Hari apa yang paling penting bagi orang yang mengaku beriman hayooo…siapa berani jawab….???

  15. Semoga kebrkahan ALLAH selalu mnyrtai kita, dan smoga kita hanya mencari kebenaran, bukan kesalahan, perbedaan hal biasa….

  16. mbak nani kalau saya memang tidak mengaku beriman tapi saya beriman…. jadi ya ndak berani jawab, karena semua hari adalah baik….
    mas cipto ….amiin..
    wong ndeso… perbedaan itu bagi saya biasa mas… malah tambah asyik.. tapi yang bikin ndak asik kalau pakaai kata kata kasar… wah jadi panas

  17. yang sabar pak…. ingat.. wasta’iiinu bishabri wasshalaahh wainnhaa lakabiratan illa ‘a’alal khaasiingiinn…KEMBALI KE ALLAH AJA PAK…

  18. Pendapat yang menarik, mas Setiyo. Ahya, salam kenal, saya baru ikut pelatihannya abu sangkan, dan penasaran search patrap, dzikrullah, dll, kebeneran ketemu blog ini. Menarik soal valentine, dan baru sekali ini saya baca comment soal itu. Soalnya selama ini orang bilang haram melulu. Saya sendiri ndak terlalu concern dengan soal yang dikit bicara haram, bid’ah, dll. Lha wong hidup sekali kok mikirin hal2 begituan, nanti malah pusing sendiri dan tidak menikmati hidup. Saya menempatkan Islam itu sebagai guidance hidup agar hidup menjadi lebih mudah, bukan untuk menjadi hidup lebih sulit. Dan Islam sebagai rahmatan lil alamin. Soal halal haram, biarlah Allah yang menilainya kelak, bukan pada level kita. Kecuali hal2 yang emang jelas diharamkan tentu saja..

    • ya mas, orang islam harus dewasa dalam berfikir, bertindak dan berperilaku. kalau sudah budaya barat haram… wah bagaimana kalau kita pake komputer yang diproduksi bill gate apa haram juga….. yang nggak bener dalam valentine itu kan terlalu berlebihan misalnya dengan bersentuhan dengan orang yang bukan muhrimnya nah itu haram… kalau kasih sayangnya kan nggak haram bahkan halal dan wajib

  19. assalamualaikum wr.wb
    sebenarnya yg dikatakan mas pur itu ada benarnya ,,masalah kasih sayang,, soalnya di islam sendiri sangat menekankan tentang ajaran kasih sayang,kita lihat sendiri yg beliau katakan tadi di surah alfatihah sendiri di ulangin sampai 2 x kata2 Maha pengasih lagi Maha penyayang ,sayangnya kita sendiri sebagai masyarakat islam tidak sepenuhnya melaksanakan hal tsb sebagai contoh banyak sekali saudara2 kita yg islam hidup dlm kemiskinan sedikit sekali yg perduli karena tdk adanya rasa kasih sayang di antara kita, yg padahal banyak sekali org islam yg kaya raya.
    jadi yg kita ikuti itu cara berbagi kasih sayangnya kita sesama manusia khususnya sesama muslim seperti yg telah diajarkan baginda ROSULULLAH SAW yg sangat sayang sekali terhadap umatnya….dan harapan kita salah satunya kalau memberikan komentar jgn sampai mengeluarkan kata2 yg kurang enak yg mungkin disampaikan ke kita sendiri kata2 tsb akan memancing permusuhan yg sangat bertentangan dgn yg di bahas yaitu kasih sayang itu sendiri.
    terima kasih mudah2an kita semua selalu di berikan rasa kasih sayang tidak hanya di setiap tgl 14 feb saja ,tetapi di setiap saat ,setiap waktu,dan di setiap detik sehingga terjalin rasa ukwah islamiah di antara kita. Amiin

  20. asslamualaikum wr.wb
    buat mbak nani kalau boleh saya jwb ..hari yg paling penting adalah hari kematian ,,

    sebab org yg banyak mengingat mati itu lah org yg paling pintar..hehehe
    iya enggak mas pur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *