Ruh adalah milik Allah dan kalau kita meninggal Ruh akan diminta kembali kepada Allah. Ruh ini semacam fasilitas yang diberikan kepada kita ketika kita hidup. jalanhidup adalah kembali kepada Allah nah Ruh lah alatnya. jiwa kita harus berpulang kepada Allah untuk bisa pulang harus menggunakankendaraan yang dinamakan dengan ruh. maka sejak sekarang ketika masih hdup kita harus selalu pulang ke Allah atau berserah diri kepada Allah. inilah tujuan hidup yang hakiki yaitu pulang kepada allah. Ruh tidak dapat kita kenali namun Ruh dapat kita sadari sebagai kesadaran tertinggi karena kesadaran inilah kita dapat mengembalikan jiwa kita kepada ALlah sehingga jiwa kita mendapatkan ketenangan dan jiwa yang demikianlah yang akan dipanggil Allah untuk masuk syurga. hai jiwa yang tenang kemarilah kembalilah kepada jalan ibadah dan masuklah dalam surga ku… demikianlah Allah memanggil jiwa atau diri kita karena memiliki ketenangan, dan tidak lain ketenangan jiwa dapat kita peroleh dengan berserah diri kepda ALlah.
Ruh tidak perlu dicari dia akan aktif dan akan bergerak jika jiwa kembali atau mengingat allah. maka ketika kita ingat Allah, Ruh akan aktif dan aktifnya ruh ini akan menggetarkan hati dan tubuh kita.. dalam quran disebutkan orang yang berimana jika disebut asma Allah maka akan bergetar hatinya. dan ini benar benar bergetar tidak di getar getarkan.
nah jika kita ingin lebih paham lagi tentang RUh maka kembalikan jiwa kita lurus kepada Allah insya Allah kita akan mendapatkan ketenangan. aminn