Who Am I?

Salah satu materi sholat yang wajib di sampaikan dalam setiap paket pelatihan. karena meteri ini untuk mengantarkan praktek silatun, sulit rasanya silatun tanpa mengenal dulu siapa yang akan silatun. Aku lah yang silatun, diri sejati ini lah yang akan silatun. jika materi ini belum tersampaikan biasanya peserta akan terjebak pada fisiknya, misalnya aku adalah tubuh, aku adalah pkiran aku adalah hati. jika ini aterjadi maka peserta tersebut akan berusaha menggunakan pikiran nya menggunakan perasaannya untuk menuju silatun. ya sebenarnya ini tidak salah juga… namun kalau keterusan juga tidak benar. karena menggunakan pikiran dan perasaaan untuk starter saja setelah itu ful menggunakan kesadaran untuk kembali kepada allah.

kembali masalah siapa aku,  pada intinya aku adalah yang sadar ini, tidak berujud, namun bereksistensi bahwa aku ada. coba kita lihat dalam diri kita siapa yang sadar.. coba lagi bedakan dengan ciptaan allah yang lain misalnya (maaf) dengan binatang.. perbedaan paling mencolok adalah bahwa kita sadar bahwa kita ada namun binatang tidak sadar bahwa dirinya ada, binatang hanya mengikuti naluri kalau kita masih bisa untuk menyadari apakah perbuatannya dibenarkan atau tidak.

Aku, diri sejati, tidak perlu dicari cukup disadari saja, karena wilayah aku adalah wilayah kesadaran bukan wilayah wujud.  dan kesadaran itu sudah ada dalam diri kita, maka alat yang paling tepat untuk menyadari aku ya kesadaran itu sendiri. sadari bahwa aku bukanlah tubuh, bukan pikiran danbukan apa apa, aku adalah aku.