3T wilayah, sikap dan tindakan

3 T adalah tasbih tahmid dan takbir. Tapi dalam hal ini yang saya dahulukan adalah takbir terlebih dahulu kemudian tahmid dan terakhir adalah tasbih. takbir adalah wilayah, tahmid adalah sikap dan tasbih adalah tindakan. Baik secara singkat kenapa saya merumuskan ketiganya dengan hal yang demikian.

  1. Takbir : ini adalah wilayah di mana kesadaran kita berada. takbir adalah Allahu akbar yang artinya Allah lebih besar (bukan Allah maha besar). Ketika kita menyadari bahwa Allah lebih besar maka wilayah kesadaran akan selalu berada di kesadaran yang lebih besar dari pada apapun. Ya … ini bisa terjadi karena kita menyadari Allah yang lebih besar dari pada apapun. Benar sekali, bahwa Allah memang lebih besar dari pada apapun . Jadi ketika kita takbir dalam mengawali shalat dan dalam perubahan gerakan dalam shalat maka kesadaran kita loncat kepada keadaan kesadaran yang lebih besar dari pada apapun. untuk bisa tahmid maka kita pertahankan kesadaran kita yang berada di kesadaran ini.
  2. Tahmid : adalah alhamdulillah yaitu sikap syukur kita kepada Allah SWT. Sikap ini kita sampaikan kepada Allah di wilayah Allahu akbar. Jadi sikap syukurnya kita berada pada wilayah spiritual tertinggi yaitu kesadaran kebesaran Allah, yang lebih besar dari pada apapun. Keadaan kesadaran yang lebih besar dari apapun yang diisi dengan sikap syukur ini yang seringkali kita bertahmid dengan tambahan seru sekalian alam, alhamdulillahi rabbal alamin. Sikap syukur ini harus kita gunakan setiap saat (proses latihan) jadi otomatis kita selalu dalam keadaan kesadaran di wilayah Allahu akbar dengan sikap berterimakasih kepada Allah. Perpaduan ini akan menimbulkan efek bahagia pada diri kita. Takbir dan tahmid ini juga menjadi modal perbuatan kita yaitu tasbih.
  3. Tasbih : Subhanallah yaitu sikap menerima yang disertai dengan perbuatan. Menerima bukan berhenti dari Allah tapi juga menerima, Karena yang diterima adalah amanah dan dibalik amanah ada tanda dan perintah sehingga tasbih adalah menerima dan menjalankan. Kedua hal ini adalah paket yang tidak boleh di pisahkan, yaitu menerima dan berbuat atau menjalankan. Karena menerima perlu bukti nyata yaitu dengan perbuatan. Dimana letak kesadaran kita ketika kita bertasbih (menerima dan berbuat) di wilayah kesadaran Allahu akbar. Dengan sikap apa kita saat bertasbih (menerima dan menjalankan) dengan sikap syukur sikap berterimakasih kepada Allah. Dari sini kita berarti sudah menyatukan 3T yaitu tasbih tahmid dan takbir. Satu bentuk kesatuan yang tidak bisa dipisahkan.

perpaduan dari 3T menjadi satu kesatuan digunakan untuk menjalakan amanah amanah Allah. jadi dalam menjalankan amanah Allah maka : ada perbuatan di tasbih, ada sikap yaitu sikap syukur dan ada takbir yaitu wilayah kesadaran kita di wilayah Allah yang lebih besar dari pada apapun.

Untuk aktivasi dan membiasakan dari 3T ini bisa kita lakukan dengan memutar tasbih 33. setiap tasbih, tahmid dan takbir yang kita baca adalah penginstalan pada diri kita dari kesadaran, sikap dan perbuatan kita.

Output yang anda rasakan adalah semangat menjalankan amanah kita akan meningkat, lebih berani menerima tantangan dari amanah amanah yang sedang kita jalani. selamat mencoba dan mempraktekan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.