Amanah Allah di alam sekitar

Amanah dengan alam sekitar akan memberikan dampak positif tersendiri bagi kita. Misalnya di tempat kita ada sungai atau selokan yang selalu ada airnya maka dengan memelihara ikan di selokan itu akan terjaga kebersihan selokan dan akan memberi dampak positif bagi yang merawatnya. Saya beru tersadar ketika melihat beberapa daerah di indonesia sudah menjadikan selokan mereka kolam ikan. Mereka sangat amanah dengan alam sekitarnya, dan dampaknya sangat menyenangkan bagi dirinya dan orang lain. Bahkan di daerah sleman ada yang memelihara ikan terapi, di pinggir jalan dan gratis, banyak orang yang lewat kemudian sambil duduk di selokan untuk di terapi oleh ikan ikan yang dipelihara disitu. Saya membayangkan inikah islam yang rahmatan lil alamin. Benar benar alam disekitarnya di pelihara di rawat karena amanah karena titipan Allah.

Merawat alam sekitar dengan memberi makan dengan memberikan ruang ekosistem bagi tumbuhan dan hewan ternyata memberikan kebahagiaan kepada kita. Langkah langkah riil ini perlu kita kampanyekan sebagai suatu bentuk amanah yang harus kita jaga rawat dan kembangkan. Coba kalau di setiap tempat semua orang nya amanah dengan alam sekitarnya pasti semua tempat akan menjadi tempat wisata, semua tempat akan menjadi tempat yang sangat membahagiakan, dan itulah surga indonesia, yang pernah di nyanyikan oleh koes plus. Gerakan menanam gerakan merawat mahluk hidup di sekitar kita menjadi wujud dari islam yang rahmatan lil alamin.

di Bali kenapa banyak dikunjungi oleh orang di luar orang, sebab awalnya adalah memelihara alam sekitarnya, menghormati alam sebagai amanah tuhannya, sekarang kita lihat hasilnya tempatnya banyak menjadi tujuan wisata. Sekarang banyak orang yang stress ingin dirinya terhibur dengan alam sekitarnya maka saatnya kita memelihara alam sekitar kita sesuai dengan potensi lingkungan masing masing. LIngkungan yang tidak kekurangan air dengan air mengalir terus menerus maka wisata air akan sangat menarik. Daerah yang banyak di tumbuhi pepohonan khusus seperti di daerah saya di gumpang, dimana pohon rambutan, pohon mangga dan pohon matoa berkembang dengan baik, maka bisa menjadi wisata desa dengan pepohoanan yang rindang jika musimnya dipenuhi dengan buah rambutan. Dan tiap daerah bisa dikembangkan dengan potensi masing masing, tujuannya adalah untuk menjaga amanah Allah yang berupa alam sekitar. Salah satu yang saya tonton adalah pemanfaatan selokan yang menjadi kolam ikan adalah di link youtube berikut https://www.youtube.com/watch?v=m5PwfI1U86s

Kepada jamaah dzikir nafas , saatnya kita lebih sadar lagi dengan lingkungan sekitar kita mari kita sama sama jadikan lingkungan sekitar kita mindset menjadi amanah Allah dan kita jadikan lebih terawat, bermanfaat dan membahagiakan baik untuk mahluk yang hidup seperti tumbuhan dan hewan dan juga bagi warga disekitar yang ada atau siapapun yang lewat ditempat kita atau memang sengaja berkunjung di tempat kita.

Author: Setiyo Purwanto

Trainer dan Peneliti psikologi islam Dosen Fakultas Psikologi UMS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.