Antara Pahala dan Allah

Alam pikiran bawah sadar umat islam, banyak yang menyamakan bahwa kalau beramal mengharap pahala itu sudah pasti karena Allah. Atau kalau shalatnya karena pahala itu sudah pasti karena Allah, setujukah anda dengan hal yang demikian ? ternyata pikiran bawah sadar ini sangat salah , menurut saya. Di dalam beramal kita harus benar benar sadar bahwa amal kita ini karena Allah bukan karena yang lain.

Makna ihlas dalam setiap perbuatan adalah karena Allah bukan karena Pahala, bapak ibu pun setuju kan. Namun untuk mencapai perbuatan yang hanya karena Allah dan bukan karena pahala bukanlah hal yang mudah . meski setuju sekali dengan pernyataan saya di atas, belum tentu mau menjalankan. sebab konsep karena pahala sama dengan karena Allah itu sudah menancap ke alam pikiran sehingga susah untuk di hilangkan.

2 Replies to “Antara Pahala dan Allah”

  1. Tapi banyak sekali hadist2 yang isinya mengamalkan ini pahalanya begini, membaca dzikir sekian kali pahalanya sekian dst, dst..

    Saya kadang berfikir apakah umat jaman Rasulullah dulu sangat materialistik sekali. Sehingga muncul hadist2 yg bernuansa pahala…, pahala & pahala yg konotasinya materi.

    Kalau begitu yang dimaksud pahala itu apa sebenarnya …???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.