Antara pencari Dunia dan Pencari Akhirat

Ada dua petani, kedua duanya sama sama mencangkul di sawah, sama menanam padi dan sama sama panen. tapi ada perbedaan antara keduanya yaitu yang satu mencari duniawi yang satunya mencari akhirat. Terus apa pebedaan keduanya sehingga bisa dikategorikan pencari dunia dan satunya pencari akhirat. Meski keduia duanya sama sama bekerja keras tapi ada perbedaannya dan jika seandainya keduanya meninggal di sambar petir di sawah maka yang satu masuk surga dan yang satu masuk neraka. nah mari kita bedakan keduanya sehingga kita bisa mengambil pelajaran dari contoh ini.

Petani yang pencari duniawi, karena dia bekerja karena mengejar panen, karena mengejar hasil panen, karena mengejar uang, mengejar rejeki , mengejar uang untuk nafkah keluarganya dan dirinya. Fokus si petani duniawi ini hanya materi. Dia pergi pagi dan pulang sore hanya untuk mengejar materi.

sedangkan petani yang mencari akhirat karena dia mendasarkan pada amanah Allah, dimana petani ini bekerja keras berangkat pagi pulang sore untuk menjalankan amanah Allah. Karena dia di amanahi Allah dengan tanah, dengan tanaman padi sehingga ia benar benar merawat tanaman itu dengan amanah yang tinggi, bahwa tanaman ini harus hidup, tanaman ini harus subur, dan dia menjaga betul tidak boleh ada yang mengganggu tanamannya dari hewan pengganggu seperti hama dan lainnya.

nah kita tahu bedanya bahwa petani duniawi bekerja keras karena duit, sedangkan petani akhirat bekerja karena mendapat amanah dari Allah.

belajar makrifat paling tinggi jika sudah menjalankan amanah, belajar tasawuf kelas tinggi jika bekerjanya karena tanggung jawab terhadap amanah yang Allah berikan kepadanya.

3 Replies to “Antara pencari Dunia dan Pencari Akhirat”

  1. Assalamu ‘alaikum ustad

    bolehkah saya ikut ngaji di padepokan
    SOLO SPIRIT ISLAM ??

    Mohon jawabannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.