Berbagai amanah bagaimana menjalankan

Kalau kita sadar, ternyata amanah kita ini sangat banyak. Mungkin kita menganggap bahwa amanah itu yang besar besar, tidak amanah yang kecil seperti menyingkirkan batu atau duri di jalan itu juga amanah. Ada satu kisah Kyai Dimyati Banten, menata sandal para santri yang berserakan, perbuatan beliau ini adalah ATP yang secara dzahir adalah kecil tapi ini adalah perbuatan yang mengandung amanah yang tinggi disisi Allah.

Amanah dalam keseharian kita juga banyak , dalam tulisan ini saya akan mencoba mengajukan 1 tips saja tentang bagaimana cara menjalankan amanah dengan berbagai macam amanah yang kita hadapi.  Satu cara itu adalah kita siap dengan amanah tersebut, kita bersedia untuk menjalankan dan just do it.  Menjalankan hal ini yang penting adalah fokus kepada amanah dan tidak keluar dari jalur amanah, artinya apa yang kita lakukan tidak keluar dari  jalur amanah, Setiap langkah kita mengandung amanah.

Setiap amanah harus kita sadari, karena setiap perbuatan harus mengadung niat. Setiap perbuatan harus mengandung amanah dari Allah. Kesadaran dalam menjalankan ini akan membuat kerja atau perbuatan menjadi fokus. Jadi akan sangat terasa jika perbuatan kita keluar dari amanah. biasanya jika kita keluar dari amanah maka kita sudah tidak sadar lagi dengan Allah, ketika keluar kesadaran dari ALlah maka apa yang kita lakukan akan keluar dari jalur amanah.

bagiamana jika kita bekerja menyelesaikan tugas, tapi tidak karena Allah, ya itu bukan amanah. Misalnya kita bekerja karena keluarga, atau karena uang maka itu tidak amanah, yang dikatakan amanah adalah karena Allah bukan karena yang lain.  Maka diperlukan kesadaran yang terus menerus dan cara untuk menjaga kesadaran adalah dengan dzikir huu allah dalam hati.

baik secara ringkas seperti ini

  1. dzikir Huu Allah dalam hati
  2. menyadari setiap perbuatan untuk menjalankan amanah
  3. siap untuk melakukan apa saja yang terkait dengan amanah
  4. jalankan.

baik ke empat empatnya harus selalu dijalankan agar apa yang dilakukan bernilai ibadah dan segala amanah yang banyak dapat diselesaikan.

anda akan merasakan perasaan lega bahagia ketika pada hari ini kita dapat menjalankan amanah amanah yang banyak. Segala capek dan lelah akan tergantikan dengan rasa bahagia ini. Baik mari kita sama sama jalani kehidupan ini dengan amanah.  Mari kita sama sama belajar untuk saling memotivasi.

 

One Reply to “Berbagai amanah bagaimana menjalankan”

  1. Sangat super, karena Allah kita /kami hidup, karena Allah kami bergerak, maka dari itu sadari laa khala wala kuwwata illa billah….., bismillaahirrahmsnirrahimi…. Iyyakana budu ea iyyaksnas tain… Terima ,syukuri, yakini. Kasihi, selamatkan, pasrahkan (Tawakal illallah) Akhlakul karimah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.