Bergantung hanya kepada Allah

Kalimat hanya , di judul di atas bikin adem panas.Adem karena ada bergantung yaitu Allah, panas, karena Allah tidak mau di duakan. Misalnya anda mau buat pondok pesantren atau anda yang sudah punya pondok pesantren, mengharapkan bantuan luar negeri, apa turki, apa saudi apa kuwait… ini namanya sudah menduakan, yaitu menduakan Allah dengan yang lain. Jalan tauhid yang menduakan ini tentunya akan menurun ke para santri, meski pelajarannya tauhid tapi dalam perilakunya menduakan Allah karena pondok pesantrennya saja sudah mengharap bantuan yang bukan Allah apalagi santrinya.

Hijrah dari tidak hanya bergantung kepada Allah ke hanya bergantung kepada Allah, bisa membuat goncangan goncangan kejiwaan , kalau kuat ya lanjut kalau nggak kuat ya balik ke selain Allah lagi.

Berdakwah apapun itu dakwahnya tidak boleh tergantung dengan donatur. Prinsipnya adalah ada dana ya digunakan untuk berdakwah kalau tidak ada ya sudah, bukan dengan mengada adakan. Kalau seorang pendakwah mengada ada kan dana kemudian mengumpulkan dana kemudian berdakwah itu namanya makelar alias broker. Dakwah bukanlah broker, tapi kalau kelasnya baru broker ya silahkan. Dakwah itu seperti beberapa kawan di DNSA menyisihkan sebagian penghasilannya untuk diberikan ke anak yatim, bukan mengajukan proposal mengajukan dana ke sana ke mari. Kawan kawan di DNSA yang lihat dia berdakwah dengan uangnya sendiri meski ada beberapa yang kemudian gabung itu bukan karena diminta tapi atas keinginan sendiri untuk bergabung dengan dakwah yang dilakukan kawan tersebut.

Bergantung hanya kepada Allah, akan meluruskan niat kita dalam berdakwah. Kadang kala ketika sudah punya kegiatan rutin fokus selanjutnya adalah bagaiaman kegiatan rutin itu bisa terus berjalan padahal uang menipis, kemudian pikirannya mengharap bantuan dari donatur…. nah seperti ini dai tersebut sudah tergelincir¬† menduakan Allah dalam hal rejeki. sekrang untuk apa berdakwah kalau hasil dari menduakan Allah.

mengajak kepada hal yang demikian tidak lah mudah dan ringan, sayapun merasakan hal yang berat karena seringkali secara tidak sadar dan tidak sengaja minta bantuan kawan kawan….. dan alhamdulllah pelajaran demi pelajaran yg Allah berikan kepada saya dalam hal sadar Allah ini mengingatkan saya untuk tetap lurus ke Allah dan jangan mengharapkan bantuan dari selain Allah, baik secara batiniah atau secara zahir.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.