Diet ala DNSA

makan adalah sumber tenaga untuk bisa beraktivitas, tapi juga bisa menjadi sumber penyakit. Kebanyakan kita tidak lagi kekuarang makan tapi sudah berlebihan dalam makan. Kalau dulu kekurangan maka iya, tapi sekarang kelebihan makan. Makanya ada pepatah sekarang ini banyak kematian bukan karena kekurangan makan tapi kelebihan makan. Berbagai upaya diet pun sudah dilakukan, bahkan dengan diet yang sangat ketat, no karbo…. baik, saya ingin sedikit berbagi cara diet ala DNSA atau dzikir nafas sadar Allah.

Pertama yang perlu di fahami adalah bahwa makan adalah bagian perintah Allah agar kita bisa amanah dalam menjaga kesehatan dan kekuatan. Makan adalah amanah singkatnya demikian. Jadi ketika kita sudah makan, dan kenyang berarti kita sudah tidak ada amanah untuk makan lagi. Beda, ketika kita lapar maka amanahnya adalah makan, tapi ketika sudah kenyang maka amanah nya sudah tidak ada lagi. Nah kalau makan lagi … ini namanya sudah tidak amanah lagi atau melakukan perbuatan yang tidak ada amanahnya, bahkan bisa jadi khianat karena tubuh sudah penuh perutnya masih makan juga. Kefahaman tentang konsep amanah ini tentunya akan sangat membatasi kita makan. Dan tubuh akan mencapai keseimbangan. Sebenarnya dalam hadis Rasulullah sangat jelas ; makanlah ketika lapar dna berhentilah sebelum kenyang artinya amanah makan ketika perut lapar, dan amanah berhenti makan ketika perut kenyang.

yang kedua makanlah dengan makanan yang halal dan thoyib, kalau halal itu jelas, kalau thoyib untuk masing individu akan berbeda beda, untuk hal ini silahkan di konsulkan kepada ahli gizi agar kita mengetahui mana makanan yang thoyib dan mana makanan yang tidak.

yang ketiga jangan melanggar pantangan makan, misalnya mengurangi gula ya harus mengurangi. kalau melanggar ini namanya tidak amanah.

Baik yang paling utama adalah diet berkonsepkan amanah, ini harus di jaga. Makan adalah amanah bukan untuk mencari gengsi, bukan untuk mencari kenikmatan, bukan untuk mencari kenyang. Hilangkan hal hal lain selain amanah. Ingat hilangkan mencari kenikmatan makanan, hilangkan mencari kenyang hilang kuliner dan lainnya. satu yang dipegang yaitu amanah untuk makan, jika tidak ada amanah tidak makan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.